Latest News

Tips,Trik dan Cara Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

Ujian Nasional kian dekat,  kita tidak perlu takut menghadapinya. Pastinya kita ingin mendapat nilai yang sangat memuaskan untuk kita dan bisa masuk di sekolah yang kita inginkan. Dalam menghadapi ujian nasional, kita harus punya taktik atau cara jitu dalam menghadapinya. Ada tips,trik dan cara sukses dalam mengerjakan ujian nasional, antara lain :

1.      Banyak Mengerjakan Latihan Soal
Mengerjakan latihan soal memang perlu dilakukan. Hal ini sangat berguna untuk mengukur sejauh mana anak atau siswa kita memahami pelajaran yang diterima di sekolah. Soal-soal yang dikerjakan haruslah bermacam-macam. Kita bisa memperoleh soal dari buku-buku yang kita beli, dari internet atau kumpulan soal ujian dari tahun kemarin yang bisa pinjam di sekolah atau perpustakaan sekolah. Mengerjakan soal latihan ini tidaklah harus di sekolah, di rumahpun bisa. Tidak perlu banyak soal yang dikerjakan untuk setiap kali mengerjakan soal, cukup sekitar 1 jam sehari, tetapi rutin dilakukan.Dengan melakukan secara rutin, lama kelamaan kita akan terbiasa mengerjakan model soal ujian. Dari internet kita juga dapat mendownload kumpulan soal, dan kita dapat mengerjakannya. Bahkan ada situs yang bisa mengerjakan secara on line.



2.      Belajar Secara Terjadwal
Kita belajar jangan hanya mendekati Ujian Nasinal saja, jangan sampai 1 minggu menjelang Ujian kita baru mulai belajar. Jika hal itu kita lakukan, maka materi ujian  yang kita serap tidaklah maksimal. Sebaiknya orang tua juga ikut berperan dalam mengatur jadwal anak belajar di rumah. Misalnya siswa membuat daftar yang ingin dipelajari, diberi tanda ceklist (√) mana materi pelajaran yang sudah paham dan mana materi pelajaran yang belum paham, sehingga jika mendekati saat ujian materi yang belum paham bisa kita pelajari lebih sering lagi hingga kita menjadi paham.

3.      Mengikuti Try Out Ujian yang Diselenggarakan
Dengan adanya try out (TO) ujian bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam mengerjakan soal ujian. Semakin kita sering mengikuti try out ujian semakin paham pula kita dalam mengerjakan soal ujian. Biasanya penyelenggara try out ujian adalah dari lembaga-lembaga bimbingan belajar (bimbel), dan di dalam try out akan dibahas juga cara mengerjakannya. Bahkan cara mengerjakan dengan cepat, agar lebih mudah mengerjakan  soal ujian.  Dengan mengikuti try out kita juga bisa mengukur nilai kita dari try out pertama ke try out berikutnya apak ada peningkatan nilai atau tidak.

4.      Berdo’a
Ini yang sangat penting, berdoalal agar kita diperi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan ujian, sehingga kita dapat lulus dengan nilai yang baik.

Demikianlah Tips, Trik dan Cara Mengerjakan Ujian Nasional, semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips,Trik dan Cara Sukses Mengerjakan Ujian Nasional"