Latest News

5 Penyebab Demensia yang Rentan Dialami di Masa Tua/ Lansia

Apakah penyakit demensia ?

Di zaman era modern ini demensia/ pikun merupakan ancaman yang bisa diderita oleh siapa saja. Demensia bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Demensia adalah penurunan progresif fungsi kognitif (kemampuan untuk memproses pikiran). Demensia ditandai dengan terganggunya mental seseorang yang menyebabkan gangguan berfikir dan hilang ingatan. Demensia juga dapat menyebabkan perubahan perilaku dan sifat dari seseorang. Gejala demensia akan menjadi semakin buruk dan dapat mengganggu kegiatan seseorang jika tidak segera ditangani.
Demensia dapat disembuhkan apabila penyebabnya dapat disembuhkan pula. Misalnya, demensia disebabkan karena terlalu sering begadang, demensia bisa disembuhkan bila penderita demensia tersebut tidak begadang lagi.
Demensia dibedakan menjadi 2, yaitu demenensia yang bisa disembuhkan dan demensia yang tidak bisa disembuhkan. Untuk demensi ayang bisa disembuhkan, dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan dan dengan penanganan yang baik, sedangkan demensia yang tidak bisa disembuhkan apabila terjadi demensia yang terus memburuk dan tidak bisa cegah ataupun disembuhkan.

Berikut ini 5 penyebab demensia yang rentan dialami di masa tua/ lansia :

1.         Begadang
Seperti halnya tubuh kita, otak juga membutuhkan istirahat. Otak kita seharusnya memerlukan istirahat yang cukup seterlah bekerja seharian. Otak juga memerlukan prodoksi protein yang dapat mencegah alzheimer. Oleh karena itu, tidur yang cukup pada malam hari sangat diperlukan untuk menjaga otak agar tetap sehat.
2.         Polusi
Orang yang tinggal di daerah yang termar biasanya lebih rentan terkena demensia dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah yang bebas polusi. Partikel yang terdapat dalam cemaran udara lebih mudah menyebabkan peradangan yang dapat memicu demensia.
3.         Faktor Genetik
Demensia dapat pula diturunkan jika mempunyai faktor genetik dari orang tua kita yang terserang demensia, apalagi bagi yang tidak menjaga pola hidup sehat.
4.         Pola Makan yang Salah
Jika kita amenerapkan pol amakan yang salah dalam jangka waktu yang lama, dan tidak pernah diubah, sebaiknya perlu waspada. Misalnya selalu didak sarapan pagi ataupun terlambat makan. Otak juga memerlukan nutrisi yang cukup agar terhindar dari sakit.
5.         Tekanan Darah Tinggi
Tekenan darah tinggi mempunyai pengaruh tidak hanya pada organ jantung, tetapi jug aberpengaruh pada kesehatan otak kita. Bila kita mengalaminya, kita harus mengontrol kolesterol kita.

 Penyebab demensia yang tidak bisa disembuhkan :
1.         Penyakit alzheimer
Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang berumur 60 tahun ke atas, namun tidak menutup kemungkinan penderita di usia muda. Penderita penyakit ini menunjukkan gejala kesulitan dalam mengolah kata-kata yang tepat ketika ingin berbicara dan  sering/ mudah lupa.
2.         Demensia Lewy Body
Gejala yang timbul dari demensia lewy body adalah adanya halusinasi. Deminsia lewi body bukanlan parkinson. Pada penderita terjadi gangguan tidur dan bahkan penderita dapat melakukan kegiatan saat bermimpi.
3.         Demensia Vaskular
Dimensia vaskular ini terjadi karena kurangnya aliran darah menuju ke otak, yang bida menyebabkan sel-sel otak mati dan stroke.
4.         Demensia Frontotemporal
Demensia frontotemporal terjadi karena sel otak pada bagian lobus lemporal dan depan mengalami penurunan fungsi yang berakibat kelainan perilaku penderita, berbahasa, kesulitan bergerak, dan kesulitan berpikir.

Gejala Penderita Demensia :
1.         Kesulitan berbicara mencari kata-kata yang tepat
2.         Hilangnya ingatan
3.         Kesulitan dalam membuat perencanaan dan mengatur suatu hal
4.         Kebingungan
5.         Adanya perubahan psikis

Demikianlah 5 Penyebab Demensia, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Penyebab Demensia yang Rentan Dialami di Masa Tua/ Lansia"