Latest News

KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS



Pernahkah kalian melihat orang yang sedang menyetrika ? Setrika menghasilkan panas yang berguna untuk menghaluskan pakaian kita. Namun kenapa saat kita memegang gagang setrika tidak panas, sedangkan jika kita memegang ujing setrika panas ? Ini karena adanya konduktor dan isolator. Lalau apakah konduktor dan isolator itu ? Berikut ini penjelasannya 

A. KONDUKTOR
Konduktor adalah suatu benda yang dapat/ mudah menghantarkan panas. Benda ini biasanya memiliki sifat yang keras, dan biasanya adalah golongan logam.
Contoh konduktor adalah jenis logam , misalnya : almunium, besi, tembaga, seng, nikel.

B. ISOLATOR
Isolator adalah suatu benda yang tidak dapat/ sulit menghantarkan panas.
Contoh isolator adalah : kayu, plastik, kertas, kain

PENGGUNAAN KODUKTOR DAN ISOLATOR
1.       Setrika
Setrika adalah alat untuk menghaluskan pakaian. Pada setrika ini terdapat konduktor dan isolator. Dimanakah letah benda itu ? Konduktor pada setrika adalah terletah di dasar setrika, yang terasa panas jika kita colokkan ke listrik. Sedangkan gagang setrika merupakan isolator panas, sehingga kita tidak merasa panas ketika menyetrika.


2.       Solder
Prinsip kerja solder adalah sama dengan setrika, yaitu mengubah energi listrik menjasi energi kalor/panas. Ujung solder merupakan konduktor panas (terbuat dari besi,kuningan atau logam lainnya) sedangkan gagang solder merupakan isolator panas yang biasanya terbuat dari plastik atau kayu.

3.       Kompor Listrik
Kompor listrik merupakan alat untuk memasak. Di dalam kompor listrik terdapat konduktor panas dan isolator panas. Panas dari kompor listrik dihasilkan dari lilitan kawat yang melingkar di kompor. Bagian luar dari lilitan kawat ini yang merupakan isolator panas hingga sampai tombol pemutar.
4.       Peralatan Memasak
Kegiatan memasak memerlukan panas. Alat untuk memasak dirancang dari bahan konduktor dan isolator. Misal pada panci, terdapat konduktor di alasnya yang biasanya terbuat dari almunium karena almunium mudah menghantarkan panas dan terdapat isolator, yakni di pegangan tutup panci yang terbuat dari plastik. Sendok sayur, sendok nasi terbuat dari isolator, biasanya pada gagang sendok nasi terdapat plastik untuk menghambat panas, sedangkan sendok nasi biasanya terbuat dari plastik. Coba kita bayangkan, jika sendok nasi terbuat dari logam, pastinya kita akan kepanasan saat akan  mengambil nasi.

Baca Juga : Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi dan Radiasi

Demikianlah pengertian konduktor dan isolator panas beserta contohnya. semoga bermanfaat



0 Response to "KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS"