Latest News

Alat dan Bahan untuk Melukis


Media berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang akan kita gunakan dalam melukis. Media berkarya seni rupa atau melukis meliputi alat dan bahan  untuk melukis. Alat dan bahan dan melukis antara lain :
1.    Kuas


Kuas merupakan alat yang sangat penting dalam proses melukis. Pemilihan kuas ditentukan bentuk goresan yang akan kita inginkan. Jenis kuas bermacam-macam, ada kuas untuk cat minyak, ada pula kuas untuk cat air. Kuas untuk cat minyak berbentuk pipih dan ujungnya datar sedangkan kuas untuk cat air ujungnya berbentuk runcing dengan bulu kuas yang berbentuk bulat.

2.    Palet
Palet adalah tempat untuk mencampur cat sebelum di oles ke media yang ingin kita lukis

3.    Pisau Palet
Pisau Palet terbuat dari aluminium tipis, fungsinya adalah mencampur cat di atas palet agar tercampur rata, tidak hanya itu bagi pelukis pisau palet bisa digunakan untuk  melukis layaknya kuas  dan untuk meratakan cat pada kanvas.

4.    Cat
Berbagai macam jenis cat :
a.    Cat minyak
Cat ini tidak mudah kering dan mempunyai daya tahan warna yang lama
b.    Cat air
Untuk melarutkan car air ini menggunakan air, cat ini mudah luntur dan pudar jika dibandingkan dengan cat minyak. Berdasarkan jenisnya cat air dibedakan menjadi 2, yaitu  water colour yang bersifat transparan dan yang bersifat plakat.

5.    Pensil
Pensil berdasarkan tingkat kekerasannya atau kehitaman karbonnya diberikan kode B dan H. Kode B digunakan untuk pensil yang lunak dan hitam, mulai dari B, 2B, 3B sampai 6B, jenis pensil berkode B ini direkomendasikan untuk media menggambar.  Untuk pensil dengan kode H menandakan pesil tersebut keras yang terdiri dari kode H, 2H, 3H sampai 6H, sering digunakan untuk menggambar proyeksi.

6.    Pensil Arang (Contee)
Pensil Arang (Contee) terbuat dari sejenis arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar potret. Sifatnya hitam pekat dan agk sulit dihapus

7.    Pastel dan Krayon
Pastel berbentuk seperti lilin dengan warna yang cemerlang, pastel ini rapuh dan mudah menempel pada media kertas dan sukar untuk dihapus, apabila kita menghapusnya dengan penghapus  malah akan memberikan noda pada lukisan kita. Krayon terbuat dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras. Krayon menjadi salah satu pilihan kita untuk menggambar karena sifatnya yang pada dan tidak mudah menyerpih,sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika sedang menggambar.

8.    Pena/ Pulpen
Pena/pulpen bentuk dan ukurannya bermacam-macam, biasanya terbuat dari logam.

9.    Tinta Bak/ Tinta Cina
Tinta Bak/ Tinta Cina berwarna hitam pekat dan tidak mudah luntur. Tinta ini berdasarnkan jenisnya dibedakan menjadi 2, yaitu tinta padat dan tinta cair. Tinta bak cair biasanya dikemas di botol-botol sedangkan tinta bak padat berbentuk kotak-kotak seperti balok balok kecil (untuk menggunakan tinta bak padat harus dicairkan dahulu).

10. Easel
Easel merupakan papan yang digunakan untuk menjepit kanvas agar tidak goyang. Penggunaan easel tidak terlalu penting apabila kita meletakkan kavas bisa berdiri tegak dan tidak bergoyang.

11. Kanvas
Kavas merupakan kain yang digunakan untuk melukis yang  berwarna dasar putih.



Demikianlah alat dan bahan untuk melukis, semoga bermanfaat dan selamat melukis.


0 Response to "Alat dan Bahan untuk Melukis"