Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Teknik Menulis Artikel Di Media Secara Cepat

Dalam artikel teknik menulis artikel di media secara cepat ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara menulis di media dan seperti apa tulisan yang baik dan berkualitas itu. Menulis adalah kegiatan yang baik dan bermanfaat, selain melatih kemampuan berfikir kita, menulis juga dapat membantu orang lain memahami suatu hal atau permasalahan yang sedang terjadi. Melalui membaca tulisan orang akan mengerti suatu yang mungkin sebelumnya belum ia tahu.

Selain itu kegiatan menulis artikel di media baik online atau cetak juga dapat kita jadikan kegiatan yang menghasilkan uang loh. Tidak percaya?, Silahkan kirimkan tulisan kalian tentang apa saja ke redaksi majalah, koran atau media online. Kalau tulisan kalian bagus dan memenuhi syarat pasti akan dimuat dan kalian mendapat bonus berupa uang.

Cara menulis artikel secara cepat

Selain itu yang suka ngeblog kalian juga bisa menulis di blog dan mendapatkan penghasilan dari blog kamu dari para advertiser yang menitipkan iklannya di blog kalian. seperti misalnya dengan mendaftar dan menjadi publisher google adsense dengan blog kamu, dll.  Hemmm ... enak kan, nunggu apa lagi ayo silahkan menulis sebanyak-banyaknya.

Sebenarnya banyak sekali yang ingin menjadi penulis di Indonesia ini, namun tidak banyak yang tahu tentang cara menulis. Kegiatan menulis memang tidak mudah, namun juga tidak sesulit apa yang kita bayangkan. Intinya siapapun bisa menulis, namun tidak semua tulisan yang dibuat itu merupakan tulisan yang baik untuk konsumsi publik atau bermanfaat bagi pembacanya.

Menulis di media akan berbeda dengan menulis di blog atau website. Namun kami tidak akan membahasnya disini satu persatu, mungkin dilain waktu, dan mengenai menulis artikel di blog sedikit sudah pernah kami share di blog ini. Silahkan yang belum baca langsung open cara menulis artikel blog seo dan banyak yang suka. Dan untuk kali ini akan kami bagikan secara umum tentang cara cepat dan mudah menulis artikel di media.

Langkah-langkah menulis ada dua cara yaitu:
  1. Mempelajari teori menulis baru praktik;
  2. Learn the hard way atau menulis dulu teori belakangan.

Dari dua cara tersebut mana yang lebih mudah untuk kalian lakukan sebagai langkah awal. Mau mempelajari teori menulis baru praktik, atau memilih cara yang kedua yaitu Learn the hard way (menulis dulu teori belakangan). Saya sendiri lebih cenderung memilih cara yang kedua karena lebih mudah dan kita bebas menulis apa saja tanpa berfikir tentang teori menulis yang kadang membuat ribet. Baru ketika kemampuan menulis sudah lancar, langkah selanjutnya yaitu belajar teori menulis yang baik dan benar.

Secara umum tulisan/artikel yang baik dan benar terdiri dari tiga bagian penting yaitu: Pembuka, isi, dan penutup/kesimpulan. Ketiga bagian ini tidak dikatakan dalam tulisan namun ketiga bagian inilah yang menjadikan tulisan bisa dipahami, menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Lalu bagaimana cara menulis dengan mudah dan cepat?. Untuk pertanyaan itu maka belajar kreatif bagikan uraian yang akan menjawab beberapa hal yang ditanyakan di depan.

  • Buatlah kegiatan menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan. Ingat!, kerjaan apapun jika dikerjakan bukan dengan rasa senang dan ikhlas maka hasilnya tidaklah bagus. maka menulsi juga sama saja. jadikan menulis sebagai  hobi dan kegiatan yang menyenangkan.
  • Seorang penulis harus PD (percaya diri). Jangan minder atau terbebani dengan rasa malu karena tulisannya jelek atau apa. Yang penting menulsi saja dengan cara dan gaya bahasa kalian sendiri.
  • Pilih tema atau topik yang kalian suka dan kuasai. Misalnya tentang masalah sosial, politik, teknologi, pendidikan , budaya dan lainya.
  • Mulai langkah menulis seperti kalian sedang menulis diary. Rileks dan Biarkanlah kata hati kalian mengalir dengan sendirinya.
  • Banyak membaca tulisan orang lain yang sudah dimuat di media, hal ini akan membuat kalian lebih ngerti bagaimana menulis yang sebenarnya,  dengan banyak mebaca tulisan orang lain, selain menambah pengetahuan, kalian juga akan tahu karakter dan gaya penulisnya dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam sebuah tulisan.
  • Buatlah tulisan minimal terdiri dari 500 - 1000 kata. Dengan begitu tulisan kalian akan memenuhi standard tulisan yang bisa dipahami dan dimengerti pembaca.
  • Jangan mengambil atau copy paste karya orang lain. Jika terpaksa mengutip beberapa dari tulisan orang lain maka berilah sumber yang jelas.
  • Terus menulis, tetap semangat  dan jangan bosan-bosan mencari ide dan topik yang baik untuk bahan tulisan.

Itulah sedikit uraian tentang cara menulis artikel di media. Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.
Teknik Menulis Artikel Di Media Secara Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif