Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Apakah Pengertian Dan Definisi Teori Belajar itu?

Teori-teori belajar dan pengertian belajar menjadi hal penting yang harus kalian pahami guna meningkatkan kulaitas belajar yang kalian lakukan. Okay, Buat kalian yang beluam mengerti hal tersebut akan coba belajar kreatif jelaskan semuanya.

Setidaknya ada empat bagian penting yang akan kalian dapat dialam postingan ini, kalian akan diajak memahami tentang beberapa poin penting berikut;
  • Definisi belajar,
  • Mengenal teori belajar,
  • Tahapan dalam proses belajar, dan
  • Hasil yang didapatkan setelah belajar.

Dalam hidup ini manusia harus selalu belajar untuk memahami serta menguasai tentang suatu hal. Jadi, Proses belajar dibutuhkan. Seorang arsitek tidak langsung bisa membuat rangka bangunan dan menghitung skala tapa di dahului dengan belajar. seorang  ilmuwan dia tidak akan bisa menjadi ilmuwan tanpa adanya proses belajar. Menjadi juara kelas tidak akan terwujud jika kalian malas dan tak mau belajar. Jadi orang yang hebat adalah orang yang selalu mau belajar.

Pengertian teori belajar
 
Pengertian dan teori  belajar


Pengertian Belajar adalah perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur. jadi, intinya kita membutuhkan perilaku dan latihan lanjutan untuk memahami serta menguasai apa yang kita dapat dari guru dan pengalaman. Tanpa adanya perilaku dan latihan yang rajin, kalian akan mengalami kesulitan dalam belajar dan memahami pelajaran di sekolah.

Pengertian lain dikatakan dalam teori Patricia Tumilisar. Beliau mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses yang menghasilkan suatu perubahan pada orang yang belajar. perubahan yang terjadi ketika belajar memberikan suatu aspek yang terarah. Kadang menimbulkan perubahan cita-cita atau justru memperkuat cita-cita.

Tahapan dalam proses belajar


Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus kalian tahu mengenai  perubahan dalam proses belajar. ternyata, dalam proses belajar tidak hanya pengetahuan kalian saja yang bertambah tapi juga perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kognitif adalah tingkat kecerdasan, kalau afektif adalah proses proses tingkah laku setelah mendapatkan pemahaman dari belajar, sedangkan psikomotor adalah respon yang terjadi karena tambahan ilmu di dapatkan dari proses belajar. Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.

Empat tahapan belajar


Secara umum Ada empat tahapan belajar manusia, yaitu:

  • Inkompetensi bawah sadar, yaitu tidak tahu bahwa ia tidak tahu.
  • Inkompetensi sadar, yaitu tahu bahwa ia tidak tahu.
  • Kompetensi sadar, yaitu tahu bahwa ia tidak tahu.
  • Kompetensi bawah Sadar, yaitu tahu bahwa ia tahu.
Inkompetensi bawah sadar adalah Kondisi di saat kita tidak mengetahui kalau ternyata kita tidak tahu.
Inkompetensi sadar yaitu Pengakuan sadar pada diri sendiri bahwa kita tidak tahu apa yang dapat kita lakukan, dan penerimaan penuh atas kebodohan kita.

Kompetensi sadar merupakan saat ketika kita mulai memiliki keahlian atas sebuah subjek, tetapi tindakan kita belum berjalan otomatis. Pada belajar yang ini, kita harus melaksanakan semua tindakan dalam level sadar. Saat belajar mengemudi, misalnya, kita harus secara sadar tahu di mana tangan dan kaki kita, berpikir dalam setiap pengambilan keputusan apakah akan menginjak rem, berbelok, atau ganti gigi. Saat kita melakukannya, kita berpikir dengan sadar tentang bagaimana melakukannya. Pada tahap ini, reaksi kita jauh lebih lamban ketimbang reaksi para pakar.

Kompetensi bawah Sadar adalah Tahapan seorang ahli yang sekadar melakukannya, dan bahkan mungkin tidak tahu bagaimana ia melakukannya secara terperinci. Ia tahu apa yang ia lakukan, dengan kata lain, ada sesuatu yang ia lakukan di hidup ini yang bagi orang lain tampak penuh risiko tetapi bagi dia bebas risiko. Ini terjadi karena ia telah membangun pengalaman dan mencapai kompetensi bahwa sadar pada aktivitas itu selama beberapa tahun. Ia tahu apa yang ia lakukan, dan ia juga tahu apa yang tidak dapat ia lakukan. Bagi seseorang yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalamannya, apa yang ia lakukan tampak penuh risiko.

Hasil dan perubahan yang didapat dari belajar

Ada beberapa yang didapat dari belajar antara lain:
  1. Penambahan informasi. Kalian baru dapat dikatakan belajar apabila informasi yang kalian dapatkan terus bertambah seiring proses belajar.
  2. Penambahan/peningkatan pengertian. Ketika serius dan berhasil dalam belajar kalian akan menjadi lebih mengerti akan materi yang disampaikan.
  3. Penerimaan sikap-sikap yang baru. Dengan belajar ini berarti kalian juga mulai menerima sikap-sikap yang baru bagi kalian. Sebagai contoh, kalian mungkin akan jadi lebih disiplin setelah mengetahui betapa pentingnya berdisiplin itu.
  4. Memperoleh penghargaan baru. Dari proses belajar tentu kalian akan lebih menghargai segala sesuatu, mendapatkan sesuatu yang berharga, bahkan mendapatkan penghargaan atas usaha yang kalian lakukan.
  5. Memperoleh keterampilan baru. Kalian baru dapat dikatakan telah banyak belajar, apabila kalian memperoleh keterampilan baru.

Pesan dari belajar kreatif untuk kalian adalah; Teruslah belajar dan jangan bosan. Tetap semangat dan jangan mudah putus asa jika menuai kegagalan, Ingat “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.”

Itulah penjelasan tentang pengertian belajar dan definisi teori belajar yang benar. Semoga apa yang kami sampaikan dalam halaman ini bermanfaat.
Apakah Pengertian Dan Definisi Teori Belajar itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif