Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Inilah Manfaat Dan Bahaya Minum Air Putih Untuk Tubuh

Manfaat air putih untuk tubuh tentu semua orang tahu dan sadar akan hal ini, namun apakah kalian sudah minum air putih dalam takaran yang pas dan sesuai kebutuhan setiap harinya?

Minum air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Hal inilah yang melatar belakangi besarnya peran air putih untuk kesehatan tubuh manusia.

Air merupakan kebutuhan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karena lebih dari 80% tubuh manusia adalah air. Karena itu untuk pemenuhannya manusia harus cukup dalam mengkonsumi air putih ini. Seperti yang dianjurkan oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan air harian 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari agar metabolisme tubuh lancar dan berjalan dengan baik. Kekurangan air atau dikenal juga dengan istilah dehidrasi akan berdampak buruk bagi tubuh, mulai dari gejala yang paling ringan yaitu lemas, hingga kondisi serius seperti stroke dan bahkan kematian.

Takaran air putih untuk tubuh

Kebutuhan Air Dalam Tubuh


Semua orang harus tahu kebutuhan air dalam tubunya, ini penting karena jika kebutuhan air putih dalam tubuh tidak terpenuhi setiap harinya, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 2 / 3 atau sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Tetapi, kandungan air dalam lemak hanya sekitar10%, sehingga untuk orang yang mengalami masalah kegemukan atau obesitas, persentase kandungan air dalam tubuhnya bisa kurang dari angka 60% tersebut.

Fakta membuktikan bahwa orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas itu memiliki presentasi kandungan air kurang dari 60%, sementara dalam tubuh kita mengandung 2/3 atau sekitar 70% dari berat badan adalah kandungan air. Karena dari itu tubuh kita membutuh kan air yang cukup untuk kita konsumsi. Air sangat berperan penting dalam tubuh kita, kekurangan konsumsi air bisa membuat kita dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, sementara kelebihan mengkonsumsi air juga tidak baik loh. Jadi yang tepat berapa gelaskah atau berapa liter air yang tubuh butuh kan setiap hari nya ya?

Bahaya kelebihan Minum Air Putih

Disamping manfaat air putih yang begitu besar untuk kesehatan, ternyata menurut Times of India ada 5 Bahaya minum air putih jika diminum secara berlebihan :
  • Jika tubuh kita menerima asupan cairan yang berlebihan akan menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh anda.
  • Jika kadar keketalah darah kita terganggu maka akan berdampak pula pada terganggunya sistem peredaran dalam tubuh kita.
  • Ternyata kekentalan darah didalam tubuh akan menurunkan sodium. Sehingga menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh anda.
  • Resiko terburuk dari pembengkakan sel tersebut yaitu anda akan mengalami pingsan, kejang-kejang dan bahkan bisa menyebabkan anda mengalami yang namanya koma.
  • Akibat paling buruk dari pembengkakan sel terutama di sel otak yaitu dapat menyebabkan kematian bagi manusia.

Minum Air putih yang berlebihan di dalam tubuh kita juga dapat meningkatkan volume darah. Sehingga kondisi tersebut akan memaksa organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sistem sirkulasi tubuh anda. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) memperkirakan ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan. Sumber : aqua, health.liputan6, informasitips.

Perhitungan Kebutuhan air tubuh manusia

Secara umum orang dewasa membutuhkan 8 - 12 gelas air mineral perhari untuk di konsumsi, untuk perkiraan berat badan, manusia membutuh kan air 1/2 once untuk setiap pound berat badan kita.
Rumus Menghitung Kebutuhan air dalam tubuh
-    1 kg = 2,20462262 pound
-    1 pound = 16 once "

Contoh hasil perhitungan kebutuhan air

> berat badan 50kg, 16 x 50% = 8 atau setara dengan 8 gelas perharinya
> berat badan 60 kg, 16 x 60% = 9,6 atau setara dengan 10 gelas perharinya
> berat badan 70 kg, 16 x 70% = 11,2 atau kira-kira 11 gelas perharinya

Efek Negatif Jika Kita Kurang Minum Air Putih


Setelah mengetahui bahaya jika kebayakan minum air seperti yang dijelaskan diatas, maka ada bahaya juga jika kekurangan minum air putih. Jadi air harus diminum sesuai takaran yang benar.

Air merupakan komponen terbesar yang dibutuhkan dalam tubuh manusia, namun banyak yang mengabaikannya dengan malas minum air putih. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal di ruangan atau tempat yang dingin, dengan alasan mereka tidak haus. Sebagai saran, jangan turuti keinginan untuk malas minum air putih.

Kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah :

1. Menurunkan konsentrasi


Otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, dan apabila otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang menjadi mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

2. Mengganggu fungsi ginjal


Kurang minum air putih dapat menggangu fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup setiap harinya, karena air dapat membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya keluar bersama urin saat buang air kecil.

3. Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif


Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

4. Membuat kulit menjadi kusam

Kurang minum air putih juga dapat membuat kulit menjadi kusam. Ini karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal.

5. Menyebabkan infeksi kandung kemih

Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, nyeri saat buang air kecil, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan di atas tulang kemaluan, dan bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

6. Menyebabkan halusinasi bahkan kematian

Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperti haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing pekat, ataupun gejala berat seperti halusinasi bahkan kematian.

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga tidak heran jika kemudian air putih juga dikenal sebagai obat ampuh yang sangat ekonomis. Selai untuk menghidrasi tubuh, apa sajakah manfaat lain dari air putih untuk tubuh? Berikut diantaranya:

Sedikitnya ada 8 manfaat air putih untuk tubuh kita dan berikut ini penjelasanya.

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Dalam tubuh terdapat racun-racun yang dihasilkan dari proses kerja organ tubuh, makanan atau minuman yang dikonsumsi maupun akibat kondisi tubuh yang tidak sehat. Salah satu cara mudah dan efektif untuk mengusir racun dari dalam tubuh adalah dengan cukup minum air. Jika kebutuhan air tercukupi, maka Anda pun cenderung akan berkeringat dan banyak buang air kecil, dimana pada proses pembuangan itulah racun juga akan dibersihkan dari dalam tubuh.

2. Menjaga berat tubuh tetap proporsional
Manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan lainnya adalah untuk menjagaberat tubuh tetap ideal. Anda tentu sudah sering menjumpai tips dan trik diet sukses dengan memanfaatkan air putih. Saat minum air putih, bahkan meski sangat banyak Anda tidak perlu khawatir menjadi gemuk, justru air putih ini akan membantu mengoptimalkan pembakaran kalori dan membuat tubuh menjadi lebih segar dengan bentuk proporsional.

3. Membuat kulit lebih lembab dan kenyal
Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit juga bisa mengalami dehidrasi yang ditunjukkan dengan gejala kulit kering, bersisik, kusam dan yang palinf ekstrim adalah memicu terjadinya penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit keriput. Karena itu bagi Anda yang menginginkan kulit segar dan kenyal, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air harian.

4. Melancarkan sistem pencernaan
Apabila kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi maka proses pencernaan pun akan berjalan dengan lancar, pembakaran kalori berjalan dengan mudah, serta terhindar dari masalah pencernaan lainnya seperti maag dan sembelit.

5. Membuat jantung sehat
Kesehatan jantung seseorang juga dipengaruhi oleh kecukupan asupan air dalam tubuh. Jika kekurangan air, akan mengakibatkan darah cenderung mengental yang berarti membuat kerja jantung menjadi lebih berat. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan setidaknya terdapat 41 masalah jantung yang dapat dipicu dehidrasi.

6. Mengoptimalkan kerja organ vital
Organ vital dalam tubuh seperti ginjal dan hati juga sangat bergantung pada cairan, karena itu minum cukup air putih setiap hari akan membuat tubuh dan organ penting menjadi lebih sehat, dapat bekerja lebih optimal.

7. Lebih mudah berkonsentrasi
Sebagian besar materi penyusun otak manusia adalah air. Sehingga menjaga kecukupan air dalam tubuh sangat penting, terutama untuk kelangsungan kerja otak. Jika seseorang kekurangan air atau dehidrasi, mereka akan cenderung ling-lung dan sulit untuk berkonsentrasi.

8. Bebas mulut kering dan mau
Mulut yang kering akan memicu timbulnya aroma tidak sedap dan beragam masalah lainnya. Untuk menghindari ini terjadi, maka sangat penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Bagaimana apakah anda sudah paham berapa kebutuhan air dalam tubuh anda. Silahkan dihitung sendiri sesuai dengan rumus yang telah kami jelaskan diatas. Dan setelah mengetahui manfaat air putih serta bahaya air jika diminum secara berlebihan semoga anda lebih bijak dalam mengkonsumsi air setiap harinya.
Inilah Manfaat Dan Bahaya Minum Air Putih Untuk Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif