Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Pengertian Seni Teater Dan Drama Menurut Para Ahli

Pengertian seni teater dilihat dari segi sumber dan bahasa, serta para ahli teater bermacam - macam. Menurut kamus besar bahasa Indonesia sendiri definisi teater adalah adalah gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dsb. (1), ruangan besar dng deretan kursi-kursi ke samping dan ke belakang untuk mengikuti kuliah atau untuk peragaan ilmiah (2), pementasan drama sbg suatu seni atau profesi; seni drama; sandiwara; drama (3).

Pengertian Teater dari segi bahasa yaitu berasal dari bahasa Yunani “theatron”  Inggris “Seeing Place” yang artinya yaitu “Gedung Pertunjukan”. Namun seiring perkembangannya seni teater didefinisikan secara luas sebagai sebuah pertunjukan drama yang dipentaskan dihadapan banyak orang secara langsung.

Pengertian dari seni teater lainya yaitu seni drama yang berupa penampilan perilaku manusia berupa gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan dengan dialog serta akting pemainnya.

Teater/drama juga diartikan dalam dua bentuk yaitu “sempit dan luas”.

Pengertian teater dalam arti sempit adalah drama (kisah kehidupan manusia dan disampaikan di atas panggung, disaksikan oleh banyak orang dan didasarkan pada naskah yang ditulis).

Pengertian teater dalam arti luas adalah semua tontonan/pertunjukan langsung yang tampil di depan kerumunan orang seperti wayang, Ketoprak, ludruk dan lainya.

Pengertian seni teater Indonesia

Pengertian teater/Drama Menurut Para Ahli


Beberapa ahli mendifinisikan teater/drama sebagai berikut:

Baca juga tentang Jenis-Jenis Teater Atau Drama 
  1. Balthazar Vallhagen : Drama merupakan sebuah kesenian yang melukiskan sifat dan watak manusia dengan gerakan. 
  2. Moulton : Drama merupakan kisah hidup yang dilukiskan dalam bentuk gerakan (life presented in action). 
  3. Ferdinand Brunetierre : Menurutnya drama harus melahirkan sebuah kehendak dengan action atau gerak. 
  4. Anne Civardi : Drama adalah sebuah kisah yang diceritakan lewat kata-kata dan gerakan. 
  5. Budianta, dkk (2002) : Drama merupakan genre sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya percakapan atau dialog diantara para tokoh yang ada. 
  6. Seni Handayani & Wildan : Drama adalah bentuk karangan yang berpijak pada dua cabang kesenian, yakni seni sastra dan seni pentas sehingga drama dibagi dua, yaitu drama dalam bentuk naskah tertulis dan drama yang dipentaskan. 
  7. Tim Matrix Media Literata : Drama merupakan bentuk kisahan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.
Itulah penjelasan tentang definisi atau pengertian seni teater menurut pendapat para ahli. Semoga apa yang belajar kreatif share dapat berguna.
Pengertian Seni Teater Dan Drama Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif