Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Macam-Macam Jenis Alat Peraga Pembelajaran Matematika

Ada banyak sekali macam-macam alat peraga matematika yang dapat anda gunakan sebagai alat pendukung penyampaian materi pembelajaran matematika di sekolah atau lembaga pendidikan lainya.

Pengertian alat peraga pembelajaran
sendiri adalah suatu perangkat benda yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam pembelajaran .

Alat peraga pembelajaran berbeda dengan media pembelajaran, perbedaan ini terletak pada fungsinya. Suatu sumber belajar disebut alat peraga bila hanya berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran saja; dan sumber belajar disebut media bila merupakan bagian integral dari seluruh proses atau kegiatan.

Fungsi dan Peranan Alat Peraga Pembelajaran

  1. Motivasi bagi peserta didik  dalam proses belajar mengajar.
  2. Konsep abstrak matematika tersajikan dalam bentuk konkrit.
  3. Hubungan antara konsep abstrak matematika dengan benda-benda di alam sekitar akan lebih dapat dipahami dengan jelas
  4. Konsep-konsep abstrak yang disajikan dalam bentuk konkrit dapat dipakai sebagai objek penelitian.

Macam-Macam Jenis Alat Peraga Pembelajaran

Jenis-jenis bentuk alat peraga matematika

Neraca Bilangan

Neraca bilangan terdiri dari sebuah timbangan dan beberapa kayu (batu) timbangan. Tangan-tangan neraca diberi tanda-tanda atau batas-batas, tanda-tanda mana diberi paku untuk menggantungkan batu timbangan; panjang tangan-tanganya dapat dibuat sesuai dengan keperluan. Batu timbangannya dibuat dar kayu setiap batu timbangan sama berat. Kegunaan alat peraga ini yaitu mengolah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Maka alata peraga ini cocok untuk siswa pada jenjang Sekolah Dasar.

Dekak- dekak

Dekak- dekak merupakan alat peraga matematika yang terdiri dari beberapa batang yang jumlahnya tertentu dan dalam batang kawat tersebut diisi dengan biji yang jumlahnya berkisar 10 – 20 buah. Kegunaan Dekak- dekak ini untuk Untuk membantu siswa memahami konsep nilai tempat desimal, khususnya: satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan. Secara terbatas dapat pula digunakan untuk operasi hitung dasar bilangan asli.

Papan Berpaku ( Geoboard)
Geoboard merupakan alat peraga yang terbuat dari papan berbentuk persegipanjang atau bujur sangkar, yang diatasnya ditancapkan paku-paku yang tersusun sesuai ukuran tertentu. Keunggulan dari papan berpaku dengan karetnya ini adalah alat ini menyajikan bentuk geometri yang lebih dekat kepada kenyataan daripada kayu, kettas dan semacamnya. Alat peraga ini cocok untuk membantu siswa SD dalam mengenali berbagai macam bentuk bangun datar, sehingga siswa akan lebih memahami bentuk bangun datar tersebut karena bisa melihat secara realnya atau konkretnya.  Kegunaan alat peraga ini antara lain : pengenalan bentuk bangun datar , dan menentukan luas permukaan bangun datar.

Domino
Untuk memahami bilangan, urutannya dan lambangnya kartu domino dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran matematika. Domino dalam permainan matematika tidaklah sam seperti domino pada umumnya yang sering dimainkan. Domino dalam permainan matematika berisi angka-angka atau soal-soal yang berkaitan dengan matematika. Isi soal disesuaikan untuk tingkat berapa permainan tersebut akan diajukan pada siswa. Kegunaan permainan ini untuk menambah ketrampilan siswa setelah mendalami / memahami suatu materi tertentu.

Saringan Erastostenes
Saringan Erastostenes merupakan alat peraga matematika yang terdiri dari kumpulan bilangan bulat positif. Alat peraga ini digunakan dipergunakan oleh sekolah siswa dasar untuk mencari bilangan prima suatu bilangan.

Peraga Kumpulan
Alat peraga jenis ini digunakan untuk siswa menengah pertama dan menengah atas. Kegunaan alat ini yaitu Memahami konsep relasi antara dua bilangan.

Peraga Satuan
Alat peraga ini bentuknya  hampir sama dengan peraga kumpulan, dan dapat digunakan pada siswa beerbagai jenjang. Kegunaan alat peraga ini yaitu Untuk memperagakan bilangan dan operasi sederhana pada bilangan asli,seperti penjumlahan dan pengurangan.

Tangram
Tangram merupakan suatu alat peraga matematika yang berupa bangun datar yang dibagi-bagi menjadi beberapa bangun datar lain. Kegunaan alat ini yaitu pengenalan bentuk bangun datar,  dan menumbuhkan daya kreativitas siswa dalm membentuk bangun-bangun tertentu. Sehingga alat ini cocok digunakan untuk siswa dibangku sekolah dasar.

Batang Cuisenaire
Batang Cuisenaire diciptakan oleh George Cuisenaire, seorang guru dari Belgia, dalam membantu anak-anaknya belajar matematika. Batang Cuisenaire sering disebut juga materi Cuisenaire Gattegno, sebab Caleb Gattegno ialah orang yang mengepalai penyebaran metode itu ke negara-negara lain termasuk ke Canada dan ke Amerika Serikat. Coleb Gattegno adalah seorang guru besar matematika dari “ University of London” dan ahli ilmu jiwa yang terkenal.

Batang Cuisenaire terdiri dari 10 macam batang yang berbeda-beda menuut panjang dan warnanya. Batang- batang tersebut berukuran 1 x 1 x 1 cm, 1 x 1 x 2 cm, 1 x 1 x 3 cm. s/d 1 x 1 x10 cm tiap- tiap ukuran ditandai dengan warna yang bervariasi. Kegunaan alat peraga ini untuk mengolah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Sehingga alat ini cocok digunakan pada siswa sekolah dasar.

Muka Jam
Muka jam adalh alat peraga yang bentuknya menyerupai bentuk jam seperti aslinya. Terdiri angka dari 1 s/d 12 dan juga jarum penunjuk jam. Alat ini biasa digunakan untuk siswa sekolah dsar (SD)  dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berfungsi untuk membaca jam. Pengenalan jenis sudut, dan  menentukan besar sudut.

Papan Simetri Putar
Papan simetri putar merupakan bentuk alat peraga berupa papan berbentuk bangun data yang dapat diputar. Sehingga memudahkan siswa dalm mempelajari simetri putar bangun datar. Alat ini cocok digunakan untuk siswa SD dan SMP . Kegunaanya yaitu menentukan jumlah simetri putar yang dimiliki suatu bangun datar.

Kerangka Bangun Ruang
Kerangka bangun ruang adalah alat peraga yang membanu anak dalam memahami bentuk geometri, yaitu geometri ruang. Alat ini cocok digunakan pada sekolah menengah pertama . kegunaanya yaitu mengenal bagian banguin ruang, dan  mengenal sifat- sifat bangun ruang.

Penemuan Luas Segitiga
Luas segitiga dapat ditemukan dengan mengembangkan dari luas persegi panjang. Hal ini dapat membuat pengalaman belajar lebih bermakna karena memanfaatkan apa yang telah dipelajari anak untuk menemukan hal baru yang akan mereka pelajari. Alat ini cocok digunakan pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Kegunaanya unuk menemukan luas segitiga.

Penemuan Luas Jajargenjang
Luas jajargenjang dapat ditemukan dengn mengembangkan dari luas segitiga. Alat ini juga cocok untuk siswa sekolah Menengah Pertama . kegunaanya untuk menemukan luas permukaan  jajargenjang.

Blok Dienes

Alat peraga ini dikembangkan oleh Zoltan P.Dienes yang bertujuan untuk memahami konsep dasar bilangan dan nilai tempat untuk berbagai bilangan dasar. Bentuk model dienes ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan kayu kegunaan alat peraga ini berfungsi untuk mengajarkan  konsep atau pengertian tentang banyak benda, membandingkan dan mengurutkan banyak benda, nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan dan ribuan ) sertaoperasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sesuai jenjang kelas.  Bisa dipakai oleh siswa sekolah dasar dan menengah Pertama.

Blok Pecahan

Alat peraga ini dipergunakan untuk mempelajari atau mengenal bilangan pecahan, yaitu untuk menanamkan konsep :
  •  Pecahan adalah hal yang tidak utuh
  •  Menyatakan pecahan ke bentuk lain yang ekuivalen
  •  Menyederhanakan pecahan
  •  Membandingkan dua pecahan
Sehingga alat ini bagus digunakan untuk SD dan bisa juga diterapkan di ekolah Menengah Pertama (SMP).

Dakon KPK dan FPB
Dakon KPK dan FPB merupakan alat peraga yang dibuat untuk mempelajari materi mengenai KPK dan FPB. Bentuknya serupa dengan “congklak” penggunaanya pun hampir sama. Melalui alat ini anak dapat mempelajari dan menemukan nilai KPK dan FPB dari suatu 2 pasangan bilangan atau lebih. Alat ini biasa digunakan pada sekolah dasar.

Klinometer

Klinometer merupakan alat peraga yang digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekolah Menengah Atas (SMA). Kegunaan alat ini yaitu Untuk mengukur sudut elevasi yang dapat digunakan untuk menentukan tinggi suatu benda secara tak langsung.

Peluang Putaran

Peluang putaran merupakan alat peraga yang dapat digunakan untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah keatas (SMA). Kegunaannya yaitu Untuk melakukan eksperimen peluang/probabilitas empiris.

Tangga Garis Bilangan

Tangga garis bilangan dapat dibuat dari triplek atau kertas karton tebal. Bentuk alat ini memanjang dan pada tangga tangga tersebut dibuat skala-skala dengan jarak setiap dua skala tersebut berurutan sama panjang. Alat peraga ini merupakan salah satu alat untuk pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan khususnya bilangan bulat negatif.

Penggaris Bilangan
Penggaris bilangan atau mistar hitung merupakan alat yang termasuk kelompok alat kekekalan panjang. Sebab untuk memperoleh hasil operasi dilakukan dengan cara menjumlahkan panjang angkayang dioperasikan. Kegunaan alat ini yaitu untuk menunjukkan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan. Alat ini cocok unytuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

AEM (Algebraic Experience Material )
Algebraic Experience Material merupakan alat peraga yang dapat digunakan oleh siswa SMP dan SMA, kegunaanya untuk Memahami konsep operasi dasar aljabar.

Limit Deret Geometri

Alat ini digunakan pada siswa sekolah menengah pertama dan menengah atas. Kegunakan alat ini yaitu untuk menurunkan rumus deret geometri dengan rasio r, untuk 0 < r < 1.

Limit Deret Setengah
Alat peraga ini dapat dibuat dari kertas karton yang dibentuk menjadi beberapa bangun segiempat yang luasnya ½. ¼ ,1/8 satuan luas. Kegunaan alat ini yaitu Untuk menunjukkan limit deret geometri dengan rasio 1/2.

Pembuktian Rumus Pyhtagoras
Alat peraga ini merupakan alat yang dapat digunakan unjuk sekolah menengah pertama (SMP) dan juga sekolah menengah atas (SMA). Alat ini digunakan untuk membantu siswa memahami bukti rumus pythagoras.

Luas Layang-layang

Luas layang-layang merupakan alat peraga yang cocok untuk siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Kegunaanya  Untuk menunjukkan rumus luas layang layang dengan cara mengubah bentuk layang-layang menjadi persegi panjang.

Bangun Ruang Masif
Bangun Ruang Masif merupakan alat peraga yang digunakan untuk siswa sekolah menengah pertama dan menengah atas, yang dibuat dengan bahan yang sederhana membentuik sebuah bangung ruang. Kegunaaan alat ini yaitu Memahami siswa bentuk-bentuk bangun Ruang dan sifat-sifatnya.

Similaritas Electric

Similaritas Electric merupakan alat peraga yang di desain untuk memudahkan pemahaman pengguna tentang materi kesebangunan dan kekeongruenan. Pada alat peraga terdapat segitiga ABCDE yang dapat bagi menjadi dua bangun segitiga ABC dan segitiga CDE yang merupakan contoh kesebangunan dan kekongruenan. Alat ini cocok untuk siswa sekolah menengah Pertama (SMP) dan sekolah Menengah Atas (SMA).

Jumlah Sudut Segitiga
Alat peraga ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk siswa sekolah menengah apertama dan menengah atas . kegunaan alat ini yaitu Untuk membantu siswa memahami bukti bahwa jumlah sudut segitiga sama dengan sudut lurus atau 180.

Loncat Katak
Loncat katak adalah salah satu permainan matematika yang menggunakan papan berpetak yang memanjang, dengan jumlah ganjil dan miniatur katak yang berjumlah genap.

Menara Hanoi

Menara Hanoi ditemukan oleh seorang ahli matematika perancis bernama Edouard Lusac dan dijual sebagai permainan tahun 1885. Dalam permainan ini diminta untuk memindahkan n buah cakram yang besarnya teratur. Permainan ini dapat digunakan untuk menanamkan konsep : banyaknya, urutan, besarnya, paling sedikit, lebih banyak, dan sama. Kegunaan yang utama adalah untuk melatih berpikir logis, menemukan relasi (rumus) antara banyaknya kepingan dan banyaknya loncatan minimum secara induktif.

Itulah pengertian dan fungsi  serta macam-macam jenis alat perga pembelajaran matematika beserta penjelasan cara penggunaannya. Semoga apa yang belajar kreatif bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk pendidik dan pelajar dalam KBM Matematika.
Macam-Macam Jenis Alat Peraga Pembelajaran Matematika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif