Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Jenis - jenis Teater Dan Drama Di Indonesia Maupun Mancanegara

Jenis-jenis teater banyak sekali macamnya, seni teater/drama merupakan seni yang unik karena melibatkan bidang seni yang lain. Seni drama merupakan perpaduan dari seni sastra, seni music, seni rupa, dan seni tari. Panggung drama merupakan tempat berkumpulnya seniman dari berbagai bidang seni. Mereka berkumpul, bekerja, dan bersama-sama berekspresi melalui pertunjukan drama.

Jika sebelumnya sudah belajar kreatif bagikan tentang pengertian teater maka kali ini kami jelaskan tentang jenis-jenis teater berdasarkan bentuk pementasannya yang ada di Indonesia maupun Mancanegara.

Jenis-jenis drama atau teater Indonesia

Jenis-jenis Teater/Drama

1. Drama/teater panggung
Drama atau teater yang dipentaskan di panggung proscenium, arena, ataupun panggung pendopo. Drama jenis ini dipentaskan secara langsung, sehingga penonton dapat menyaksikan pertunjukkan secara langsung.

2. Teater mini kata
Teater yg mengutamakan gerak-gerik pantomim, tari, suara, dan seminimal mungkin kata-kata, tidak berunsur cerita yg bersifat alur, tetapi memperlihatkan nuansa suasana dan kejadian yg mengarah kepada suatu gambaran samar yg dapat diberi makna oleh penonton.

3. Teater radio

Tetaer radio adalah teater yang berbentuk dialog vocal tanpa kehadiran fisik actor putar tayang melaui radio, sehingga penonton tidak dapat menyaksikan kehadiran fisik pemain, melainkan mendengarkan narasi, dialog, dan diperkuat dengan musik.

4. Teater dan sajak
Teater  dan sajak merupakan teater yang dialognya berbentuk sajak, sehingga pemain jenis teater ini harus mempunyai kemampuan membaca sajak.

5. Pantomime
Pantomim adalah pertunjukan drama tanpa kata-kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah (biasanya diiringi musik).

6. Opera
Opera adalah bentuk drama panggung yang seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dengan iringan orkes atau musik instrumental; contoh:  opera sabun serial drama radio atau televisi yang alurnya berbelit-belit, sarat dengan lakon yang sentimental, mendebarkan, dan mengharukan.

7. Sendratari
Sendratari adalah seni, drama, dan tari; drama atau cerita yg disajikan dl bentuk tarian tanpa adanya dialog, biasanya diiringi oleh musik (gamelan).

8. Tablo

Tablo adalah pertunjukan lakon tanpa gerak atau dialog, teater ini berfungsi memberikan gambaran pesan simbolis kepada penonton. Tablo biasa digunakan diawal pertunjukkan diperkuat efek musik pengiring, tata lampu yang bertujuan meyampaikan inti cerita yang dibawakan.

9. Teater Keliling
Kelompok drama yag pementasannya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan membawa semua peralatannya.

10. Lawak
Tetaer atau drama lucu fungsinya  lebih cenderung untuk hiburan, sehingga pemain-pemainnya sekaligus pelawak, misal: Srimulat.

11. Telenovela
Telenovela adalah  novel yang ditayangkan di layar televisi, biasanya dibagi menjadi beberapa episode, sehingga waktu tayang sangat panjang, contoh: telenovela Marymar.

12. Film
Film adalah  selaput tipis yg dibuat dr seluloid untuk tempat gambar negatif (yang akan dibuat potret) atau untuk tempat gambar positif (yang akan dimainkan dl bioskop):  lakon (cerita) gambar hidup. Jenis ini biasa dipentaskan digedung-gedung bioskop atau sering disebut film layar lebar.

Itulah jenis-jenis teater dan drama berdasarkan pementasannya baik di Indonesia maupun Mancanegara.
Jenis - jenis Teater Dan Drama Di Indonesia Maupun Mancanegara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif