Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Jenis-Jenis Media Pembelajaran Dan Fungsinya

Belajarkreatif.net; Jenis-jenis media pembelajaran secara umum terbagi menjadi empat bagian yaitu media visual, audio, audio visual, dan Multimedia. Dan keempat kategori tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Media pembelajaran biasanya digunakan sebagai alat pembelajaran, dan tentu manfaatnya sangat besar sekali. Dilihat dari pengertiannya Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan baik melalui gambar, suara, atau lainya oleh seseorang ke orang lain sehingga dapat memotivasi murid/orang untuk belajar dengan baik.

Walau masih dalam ruang lingkup yang sama, media pembelajaran berbeda dengan alat peraga pembelajaran, dimana perbedaan itu terletak pada segi fungsinya. Jadi jangan disamakan yah!

Contoh jenis-jenis media pembelajaran dan fungsinya

Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Dilihat dari jenisnya, media pembelajaran dapat dikelompokkan sebagai berikut;
  • Media visual dua dimensi tidak transparan yaitu media yang dapat dilihat tetapi tidak dapat disentuh dan bersifat semu. (example: Grafik, Peta)
  • Media visual dua dimensi yang transparan yaitu media yang dapat dilihat dan dapat disentuh. (example: Film slide / bingkai)
  • Media visual tiga dimensi yaitu media yang dapat dilihat. (example: Model, benda sesungguhnya)
  • Media audio yaitu suatu media yang dapat digunakan melalui indera pendengaran.            (example: Radio, CD player)
  • Media audio visual yaitu media yang dapat digunakan  melalui indera pendengaran dan indera penglihatan. (example: Televisi, VCD)
  • Multimedia yaitu media yang mempunyai multifungsi artinya multimedia ini merupakan suatu media yang dapat dilihat, didengar, dan dapat diotak-atik sesuai dengan keinginan penggunanya. (example:  Komputer, laptop)
Baca juga [Cara membuat media pembelajaran sederhana ]

Itulah jenis-jenis media pembelajaran yang biasa digunakan. Semoga berguna!
Jenis-Jenis Media Pembelajaran Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif