Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Profil & Visi Misi Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Pengganti Anies Baswedan

Teka-teki reshuffle kabinet kerja terjawab sudah, Dan Menteri Pendidikan adalah salah satu yang diganti. Siapa menteri pengganti Bapak Anies Baswedan? Berikut ini kami bagikan Profil & Visi Misi Menteri Pendidikan (Mendikbud) yang tergambar dalam sambutannya saat baru saja dilantik.

Rabu, 27 Juli 2016, Presiden Joko Widodo baru saja melakukan reshuffle kabinet kerja, beberapa menteri telah diganti dan sebagian digeser posisinya. Salah satu menteri yang diganti yaitu Menteri Pendidikan yaitu Bapak Anies Baswedan diganti oleh Bapak Muhadhir Effendy yang merupakan wajah baru di pemerintahan RI.

Setelah resmi dilantik dan menjabat sebagai Menteri Pendidikan RI, Muhadjir Effendy berjanji akan membawa sitem pendidikan nasional lebih maju, dia juga akan melanjutkan program-program menteri pendidikan sebelumnya yaitu Anies Baswedan.

Bagi anda yang belum mengenal sosok Muhadjir Effendy, berikut ini belajar kreatif kasih info sedikit tentang profil singkat Muhadjir Effendy yaitu Menteri Pendidikan yang baru saja dilantik pada Rabu, 27 Juli 2016 kemarin.

Profil lengkap dan visi misi Muhadjir Effendy - Menteri Pendidikan Indonesia.

Profil Mendikbud Muhadjir Effendy


Muhadjir Effendy sebelumnya juga telah menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015 sampai 2020. Lahir di Madiun, pada tanggal 29 Juli 1956. Istri beliau adalah Suryan Widati dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Muktam Roya Azidan (11), Senoshaumi Hably (10) dan Harbantyo Ken Najjar (4).

Muhadjir Effendy meraih gelar sarjana di IKIP Malang pada 1982. Kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister (S-2) jurusan Administrasi Publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan tamat pada 1996. Lalu, ayah tiga anak tersebut meraih gelar doktornya dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Muhadjir juga pernah menempuh pendidikan Short Course, Regional Security and Defence Policy, National Defence University, Washington D.C., USA, 1993. Kemudian Short Course, Management for Higher Education, Victoria University, British Columbia, Canada, 1991.

Beliau juga mmemiliki pengalaman sebagai Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS), Anggota Kelompok Kerja Dewan Research Daerah (DRD) Jawa Timur, Anggota Tim Penyusun Visi Indonesia Berkemajuan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Wakil Ketua Pengurus Pusat Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS).

Muhadjir juga aktif di Indonesian Association For The Advancement Of Social Sciences tahun 2013 sampai 2017, menjabat Ketua Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PKB-PII) Jawa Timur, Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jawa Timur.

Muhadjir Effendy juga pernah mendapatkan tanda jasa yaitu Satayalencana Karya Satya XX pada 2010. Beliau pernah juga menduduki jabatan sebagai rektor di UMM sebanyak tiga kali. Muhadjir menjabat sebagai rektor pada periode 2000 - 2004, 2004 - 2008, dan periode 2008 - Februari 2016. Selain itu, Muhadjir juga aktif menulis sejumlah buku di antaranya Bala Dewa, Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, dan juga Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia.

Menteri Pendidikan terbaru ini, semasa mudanya, juga aktif sebagai wartawan kampus hingga mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada 1986. Muhadjir yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (UMM) Perwakilan Malang Raya itu juga merupakan penulis artikel lepas di beberapa media massa nasional.

Mensekneg mengatakan bahwa “Pak Muhadjir Effendy tidak hanya berpengalaman dalam bidang pendidikan tinggi, tetapi juga dalam membawa berbagai organisasi yang dipimpinnya meningkatkan prestasi," ujar Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Dalam sambutan pertamanya, Bapak Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan beberapa pandangan yang menggambarkan visi-misinya mengenai pendidikan di Indonesia. Dimana semua membawa angin perubahan ke penerapan model pembelajaran inovatif dan juga menggunakan metode pembelajaran kreatif. Dan berikut ini petikannya.
“Guru adalah kunci kesuksesan pendidikan generasi penerus. Karena itu guru harus benar-benar cakap, kompeten dan profesional dalam melaksanakan tugas mendidiknya. Untuk itu seharusnya guru datang dari kelompok warga bangsa yang cerdas, punya idealisme, berpandangan luas, dan dedikasi yang tinggi.
Pemerintah berkewajiban mengembangkan iklim kerja pendidik yang benar-benar kondusif dan inspiratif agar guru berkembang dan maju.

Selama ini guru diperlakukan sama saja dengan pegawai yang lain seperti pegawai administrasi pada umumnya.

Lebih buruk lagi iklim kerja yang hanya mendisiplinkan guru dengan menakut-nakuti dengan sanksi-sanksi seperti pencabutan tunjangan pendidik, hambatan kenaikan pangkat dsb., tidak mendidik dan tidak mendorong guru untuk maju.

Iklim kerja seperti itu harus ditinggalkan karena hanya cocok untuk kuli tanam tebu jaman kulturstelsel dan tidak mengundang putra-putra terbaik bangsa untuk menjadi guru.”

Dengan latar belakang pendidikan yang baik dan pengalamannya berorganisasi yang mumpuni, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy dianggap mampu membawa sistim Pendidikan Nasional Indonesia menjadi lebih maju dan tentunya berkualitas. Semoga!
Profil & Visi Misi Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy Pengganti Anies Baswedan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif