Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Pengertian Strategi Pembelajaran Tujuan Dan Istilah-Istilah Terkait

Apakah yang dimaksud dengan strategi pembelajaran itu?
Dalam kegiatan belajar mengajar ada istilah yang disebut dengan strategi pembelajaran, berbeda dengan metode pembelajaran, strategi pembelajaran digunakan dengan maksud memperoleh hasil yang lebih baik, sementara metode pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan untuk melaksanakan sebuah strategi pembelajaran.

Pengetian strategi pembelajaran

Pengertian strategi pembelajaran adalah suatu rangkain cara yang berkaitan dengan taktik yang dilakukan seseorang dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai hasil dan tujuan yang diinginkan.

Dalam konteks umum: Yaitu strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam Konteks KBK: Yaitu dikatakan sebagai pola umum yang berisi tentang seperangkat kegiatan yang dapat dijadikan pedoman (petunjuk umum) agar kompetensi sebagai tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Pengertian dan definisi istilah strategi pembelajaran

Didalam strategii pembelajaran, ada istilah-istilah terkait yang satu sama lainya saling mengisi yaitu: Pendekatan, Model, Strategi, Metode, Teknik, dan Taktik.

Pendekatan : ada dua pendekatan yang umum dipakai yaitu pendekatan teknis dan pendekatan taktis. Pendekakatan teknis berorientasi kepada guru, sedang pendekatan taktis berorientasi kepada siswa.

Sedangkan Model Pembelajaran memiliki cakupan yang lubih luas, namun masih dalam satu lingkup dan tujuan yang sama yaitu memperoleh hasil belajar yang lebih baik. silahkan baca tentang model-model pembelajaran yang sudah kami share sebelumnya.

Sedangkan metode pembelajaran sendiri meliputi:

  • Metode bimbingan
  • Metode praktek padat (massed practice)
  • Metode praktek distribusi (distributed practice)
  • Metode latihan terpusat (blocked practice)
  • Metode latihan acak (random practice)
  • Metode keseluruhan (whole method)
  • Metode bagian (part method)
  • Metode campuran (whole-part method)
  • Metode progresif 

Sedangkan teknik dan taktik pembelajaran sifatnya lebih praktis untuk menjalankan suatu metode dan strategi, Cara yang dilakukan guru yang sifatnya lebih bertumpu pada kemampuan dan pribadi siswa itu sendiri.

Dalam penggunaan strategi pembelajaran, ada prinsip-prinsip yang menjadi dasar penerapannya. Prinsip itu harus:


  • Berorientasi pada tujuan

Segala aktivitas guru dan siswa harus diupayakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  • Aktivitas

Strategi pembelajaran harus selalu mendorong kepada aktivitas siswa

  • Individualitas

Pembelajaran difokuskan kepada usaha mengembangkan setiap individu siswa.

  • Integritas

Proses pembelajaran harus dipandang sebagai usaha mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa.
Pembelajaran bukan hanya mengembangkan kemampuan kognitif saja, akan tetapi juga meliputi pengembangan aspek afektif dan aspek psikomotor.  Oleh karena itu strategi pembelajaran harus dapat mengembangkan seluruh aspek kepribadian siswa secara integritas.

Jika pengertian strategi pembelajaran dapat diartikan seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka jelas penerapan dan penggunaanya sangat dibutuhkan dalam kegiatan KBM guna mencapai hasil tertentu sesuai yangdiharapkan.

Pengertian Strategi Pembelajaran Tujuan Dan Istilah-Istilah Terkait Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif