Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Model Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Terbaru

Model model pembelajaran inovatif menjadi hal yang harus dipelajari dan diterapkan oleh guru saat mengajar. Perkembangan IPTEK yang begitu cepat dimasyarakat menuntut para guru / pengajar di sekolah untuk merevisi model pembelajaran yang digunakan selama ini. seorang guru harus mampu membuat proses belajar siswa selalu menarik dan menyenangkan, guru dituntut lebih inovatif dan efektif dalam mengajar pada murid-muridanya. Hal inilah yang membuat guru harus selalu mencari model pembelajaran yang inovatif, efektiif, dan kreatif agar hasil belajar sesuai dengan tuntutan yang selama ini ditekankan dalam kurikulum pendidikan, atau sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Pengertian Model pembelajaran sendiri menurut hemat saya adalah sebuah strategi atau motode yang digunakan oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Disini guru memiliki peran besar untuk membuat sebuah strategi agar pembelajaran bisa sukses sesuai yang diharapkkan.

Gambar model-model pembelajaran inovatid dan kreatif

Model pembelajaran sebenarnya berbeda dengan metode pembelajaran, namun tidak jarang orang mengartikannya serupa. Model pembelajaran dapat dipahami sebagai bentuk pembelajaran yang tergambar secara lengkap dari awal hingga akhir yg disajikan dengan gaya yang khas oleh guru. Atau dengan pemahaman lain tentang model pembelajaran yaitu sebuah bungkus atau bingkai dari penerapan atas pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Namun walau beda pengertian, penggunaan istilah model pembelajaran ini sering kali diidentikkan dengan istilah strategi pembelajaran.

Jika model pembelajaran menjadi sebuah rangkaian secara lengkap, Metode Pembelajaran dapat maknai sebagai sebuah cara yg digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yg sudah tersusun dlm bentuk kegiatan nyata dan praktis tuk pencapaian tujuan pembelajaran sebenarnya. Secara umum terdapat banyak metode pembelajaran yg dapat digunakan guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya: (1)metode  ceramah; (2) metode demonstrasi; (3) metode diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) penekanan pengalaman lapangan; (7) metode brainstorming; (8) debat, (9) metode simposium, dan lain-lain.

Jika tadi disebutkan bahwa metode pembelajaran itu dijabarkan kedalam sebuah teknik dan gaya pembelajaran. Maka dengan begitu, teknik pembelajaran sendiri dpt diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seseorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode pembelajaran secara spesifik. Misalnya saja, penggunaan metode ceramah di kelas dg jumlah siswa yg relatif banyak tentu membutuhkan teknik tersendiri, dan secara teknis penerapannya akan berbeda dibanding penggunaan metode ceramah di kelas yang jumlah siswanya sedikit. Sedanngkan taktik pembelajaran dapat diartikan kedalam gaya seorang guru dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yg sifatnya individual/pribadi. Contoh saja misalnya, ada dua orang guru yang sama-sama menggunakan metode ceramah, namun walau sama metodenya, mungkin kedua guru akan berbeda dalam taktik yang digunakan kedua guru tersebut. Bisa jadi dalam penyajiannya,guru  satu cenderung banyak diselingi dg humor karena memang dia memiliki sense of humor yg tinggi, sementara guru satunya lebih memilih menggunakan alat bantu seperti peralatan elektronik karena dia punya keahlian dibidang itu.

Mengenai metode dan teknik pembelajaran ini setiap guru sebenarnya dituntut membuat kreasi atau inovasi pembelajaran sendiri, sesuai dengan keahlian masing-masing. Hal ini akan lebih bagus karena secara otomatis jika metode atau teknik pembelajaran itu disusun atau dibuat sendiri oleh yang bersangkutan, maka proses belajar mengajar akan berjalan lebih enak, nyaman serta hasilnya juga maksimal.

Beda lagi dengan strategi pembelajaran, strategi lebih tampak dalam sebuah perencanaan atau yang biasa dikenal dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), penggunaannya tentu dengan maksud untuk mencapai sesuatu hasil yang lebih baik. Sedangkan metode seperti yang dijelaskan diatas tadi, yaitu suatu cara yang dapat digunakan seorang guru dalam melaksanakan sebuah strategi pembelajaran. Dengan perkataan lain, strategi yaitu a plan of operation achieving something, sedangkan metode adalah a way in echieving something.

Berbagai Macam Model Pembelajaran


Kembali lagi ke model pembelajaran, dari beberapa ahli yang fokus diibidang ini. mereka telah mengembangkan model-model pembelajaran inovatif yang dapat membantu semua guru diseluruh dunia, salah satunya yaitu Joyce dan Weil. Mereka mengklasifikasikan model pembelajaran sebagai berikut;
  • Model Interaksi Sosial (Social Interaction Models)
  • Model Pemprosesan Informasi (Information Processing Models)
  • Model Pribadi (Personal Models)
  • Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavior Modification Models)

Sementara seperti Andrianne Bank, Marlene Henerson dan Laurel Eu (1981), mengemukakan 5 model pembelajaran dalam konteks perencanaan program. Model-model pembelajaran yang dimaksud antara lain.
  • ModelAnalisis Konsep (Concept Analisis Model)
  • Model Berpikir Kreatif (Creative Thinking Model)
  • Model Kelompok Inkuiri (Group Inquiry Model)
  • Model Bermain Peran (The Role Playing Model)
  • Model Belajar Melalui Pengalaman (Experiential Learning Model)

Berbeda dari model diatas, saat ini ada beberapa model pembelajaran terbaru yang banyak digunakan di berbagai lembaga pendidikan. dan untuk selengkapnya tentang model baru ini anda bisa membacanya di 6 Model Pembalajaran Terbaru dan Populer .

Dari pembahasan tentang model pembelajaran ini, jelas menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik agar pekerjaanya lebih tersistemis dan terencana dengan baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik pula. Sekian semoga apa yang kita bahsa kali ini bermanfaat.
Model Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif