Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Efektif

Kumpulan metode pembelajaran kreatif efektif dan inovatif ini kami bagikan buat para sahabat, para guru dan para aktivis di dunia pendidikan yang selalu tulus berjuang untuk ikut mencerdaskan anak bangsa.

Apasih Metode Pembelajaran itu?


Pengertian metode pembelajaran menurut saya pribadi adalah sebuah rangkaian cara cerdas yang digunakan pengajar/pendidik dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran sehingga mampu mengantarkan pemahaman materi yang cepat dan mudah serta dengan hasil yang lebih baik.

Sedangkan menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly metode brasal dri sebuah kata “meta” yang artinya melalui, dan kata “hodos” yg brarti jalan. Jadi apat disimpulkan bahwa metode adalah suatu jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan, dalam hal ini adalah tujuan pembelajaran. Dan menurut Departemen agama RI di buku “Metodologi Pendidikan Agama Islam” Metode memiliki makna suatu cara kerja yang bersistem dengan maksud memudahkan pelaksanaan kegiatan guna tercapai tujuan yang ditentukan. Pakar lain (Darsono, 2000: 24) mengatakan Metode adalah sebuah  alat  untuk  mencapai  suatu tujuan.  Dan  pembelajaran  yaitu  suatu kegiatan  yang  dilakukan  oleh  pengajar/pendidik/guru  sedemikian  rupa  sehingga  membuat tingkah  laku siswa apat berubah menuju arah yg lebih baik.

Contoh metode pembelajaran kreatif efektif dan inovatif

Jika sebelumnya telah belajar kreatif bagikan tentang model pembelajaran, dikesempatan ini sebagai lanjutannya kami bagikan tentang metode pembelajaran kreatif inovatif serta penjelasannya yang dapat sobat simak berikut;

Metode ceramah

Kaitannya dengan metode ceramah ini menjadi suatu metode yang banyak digunakan oleh guru. Namun untuk mata pelajaran tertentu seperti Penjaskes dan Seni / ketretampilan metode ini kurang cocok digunakan secara banyak.

Seperti halnya dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (TIK), ada beberapa motode yang umum digunakan guru yaitu :

a. Metode Tanya jawab


Metode pembelajaran dengan tanya jawab yaitu sebuah cara untuk mengelola kegiatan pembelajaran dg hasilkn beberapa pertanyaan yg membimbing siswa cepat memahami materi yang diajarkan. Penggunaan metoda tanya jawab akan lebih efektif jika materi yang jadi topik pembahasan itu menarik, menantang dan juga memiliki nilai aplikasi yang tinggi. Biasanya jenis pertanyaan yang diajukan bermacam vareasi bentuk dan muatannya. Ini agar kegiatan pembelajaran lebih terasa enak, menarik dan hidup.

b. Metode Diskusi dalam pembelajaran

Penjelasan tentang metode diskusi yaitu sebuah cara memanage kegiatan pembelajaran dg menyajikan materi ajar melalui teknik pemecahan masalah, atau juga dengan analisis sistem produk teknologi yg pemecahannya sangatlah terbuka. Kegiatan diskusi dinilai apat menunjang keaktifan siswa jika diskusi tersebut melibatkan semua anggota dalam kelompok diskusi dan tentu dapat mencetuskan terpecahkannya suatu masalah yang jadi topic bahasan.

Agar diskusi mendapat antusiasme siswa untuk terlibat sangat tinggi. Maka cara memanagenya dapat dengan sistim berikut: Buatlah pimpinan diskusi, topik yg jadi bahan diskusi haruslah jelas dan menarik serta siswa sudah memahami dengan baik topik tersebut, untuk peserta diskusi dapat menerima dan memberi, dan usahakan suasana diskusi bebas atau tanpa ada tekanan.

c. Metode Pemberian Tugas


Tentang metode pemberian tugas yaitu seuatu cara mengajar dengan penyajian materi dalam bentuk pemberian tugas kepada siswa dengan tujuan siswa dapat melakukan suatu pekerjaan tertentu. Pemberian tugas ini dapat secara individual atau berkelompok. Untuk jenis tugas individual atau kelompok dapat sama atau dapat juga beda.

Dan suapaya pemberian tugas tersebut dpt menunjang akan keberhasilan proses pembelajaran, maka harus seuai dengan poin berikut:
  • Tugas harus dapat dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa,
  • Hasil dari kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan dilakukannya kegiatan presentasi siswa dari kelompok A dan kemudian ditanggapi para siswa berasal dari kelompok lainya atau juga oleh guru pengajarnya. sehingga nanti di akhir diskusi dapat memperoleh sebuah kesimpulan dari topic diskusi.

d. Metode Eksperimen

Metode eksperimen adalah suatu cara memanage pembelajaran di mana siswa diajak untuk melakukan aktivitas percobaan agar siswa dapat mengalami dan membuktikannya sendiri tentang suatu yang sedang dipelajarinya. Dengan metode ini akan membuat siswa memiliki kesempatan untuk mengalami sendiri dan tentu dengan mengikuti sebuah proses, mengamati akan obyek, menganalisis obyek, membuktikannya sendiri kemudian dapat menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

e. Dengan Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dg jalan memperagakan kepada siswa akan suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yg dipelajari. Demontrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baik yang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan penjelasan lisan.

Demonstrasi akan menjadi aktif jika dilakukan dengan baik oleh guru dan kemudian juga dilakukan oleh siswa. Metodedemonstrasi ini juga bisa dilakukan untuk jenis kegiatan-kegiatan  yang alat-alatnya terbatas namun harus dilakukan terus-menerus oleh siswa.

f. Metode Tutorial atau Bimbingan

Metode tutorial merupakan suatu proses dalam mengelola pembelajaran dimana dilakukan melalui sebuah proses bimbingan yg dimotori oleh guru untuk siswanya,  baik dengan secara perorangan atau dengan siswa kelompok kecil.

Peran guru sebagi fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing sangat dibutuhkan oleh siswa untuk mendampingi mereka membahas dan menyelesaikan tugas-tugasnya.

Pelaksanaan metoda tutorial atau bimbingan bisa dilakukan seperti sample berikut:

** Misalnya sebuah kelas dalam bahan ajar Pengerjaan Kayu . 2 jam pelajaran pertama dapat digunakan kegiatan dalam bentuk klasikal yaitu menjelaskan secara umum tentang teori dan prinsip.

** Selanjutnya para siswa dibagi jadi 4 kelompok guna membahas pokok bahasan yg berbeda, lalu dilakukanlah rotasi antar kelompok itu.

** Biarkan para siswa mempelajari maupun mengerjakan tugas-tugas, sementara guru bisa berkeliling diantara siswa, mendengar dan menjelaskan teori, serta membimbing siswa untuk memecahkan permasalahannya.

** Diharapkan dengan adanya bantuan guru, para siswa apat memperoleh kebiasaan mengenai bagaimana mencari sebuah informasi yg diperlukan, dengan jalan belajar dan berfikir sendiri.


Smentara perhatian guru bisa dikonsentrasikan untuk alat-alat yang belum dapat dioperasikan oleh siswa.
Sementara untuk metode pembelajaran bagi Guru Mata pelajaran Penjaskes/Olahraga dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Metode bimbingan, siswa dituntun dg berbagai cara (senam, renang).  Metode ini efektif digunakan pada latihan dini & tugas yg berbahaya
  2. Metode praktek padat (massed practice)
  3. Metode praktek distribusi (distributed practice)
  4. Metode latihan terpusat (blocked practice), mis, pass bawah 20 x, pass atas 20 x, servis 20 x (1 tugas selesai baru pindah ke tugas lain)
  5. Metode latihan acak (random practice) mis, 1 x pass bawah, 1 x pass atas, 1 x servis, kembali lg ke 1 x pass bawah, 1x pass atas, dst.
  6. Metode keseluruhan (whole method)
  7. Metode bagian (part method)
  8. Metode campuran (whole-part method)
  9. Metode progresif
Baca juga [ Pengertian Strategi Pembelajaran Tujuan Dan Istilah-Istilah Terkait ]

Metode Pembelajaran Efektif


Metode pembelajaran menjadi suatu yang harus dibuat disusun dan dilakukan oleh seorang pendidik/guru guna mendapatkan kegiatan belajar yang kreatif dan hasil yang efektif bagi peserta disik. Perkembangan dunia IPTEK menuntut para pelaku dunia pendidikan harus lebih serius dan cerdas dalam menerapkan model pembelajaran. Untuk itu berbagai cara praktis dan inovatif harus ditemukan untuk mencapai hasil belajar yang sesuai harapan. Dan berikut ini adalah beberapa metode belajar efektif yang bisa dilakukan.

Metode Debat 

Metode debat dalam pembelajaran menjadi satu dari beragam metode yang dianggap begitu penting guna peningkatan kemampuan akademik para siswa. Materi pembelajaran dapat dipilih dan disusun menjadi sebuah paket pro dan kontra.

Bagilah siswa kedalam beberapa kelompok, kemudian buat beberapa kelompok menjadi pihak yang pro, dan kelompok lainya menjadi pihak yang kontra. Pimpin mereka untuk menyampaikan pandangannya masing-masing, biarkan para siswa saling menyangkal dan melontarkan pendapatnya baik yang pro atau yang kontra.

Dari kegiatan ini siswa akan terlatih dalam berbicara didepan forum, serta terbiasa mengutarakan pandangan dan mempertahankan pendapatnya.

Metode Role Playing

Metode Role Playing yaitu suatu cara yang menekankan banyaknya penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan seorang siswa. Pengembangan imajinasi serta penghayatan ini dilakukan oleh siswa dg cara memerankannya sebagai tokoh yang hidup atau juga benda mati. Kegiatan permainan di metode ini umumnya dilakukan lebih dari satu orang siswa, dan itu tergantung pada apa yang sedang diperankan. Kelebihan metode ini yaitu;

Dengan melibatkan seluruh siswa yang ada bisa ikut berpartisipasi, maka siswa akan memiliki kesempatan untk meningkatkan kemampuan kerjasamanya.
  1. Setiap siswa bisa bebas mengambil sebuah keputusan dan secara utuh berekspresi.
  2. Permainan seperti ini merupakan jenis yang mudah dan juga dapat lakukan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
  3. Guru dengan mudah dapat mengevaluasi akan pemahaman setiap siswa melalui sebuah pengamatan saat melakukan permainan.
  4. Permainan ini akan jadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan bagi anak didik.

Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Metode problem solving yaitu suatu metode dalam kegiatan pembelajaran yang berpusat untuk melatih siswa saat menghadapi berbagai masalah baik itu masalah yang bersifat pribadi/perorangan ataupun masalah kelompok tuk bisa dipecahkany secara sendiri atau juga bersama-sama.
Adapaun Orientasi pembelajaran model ini adalah investigasi dan penemuan yg pada dasarnya yaitu kegiatan pemecahan masalah.

Sedangkan keunggulan dari metode problem solving ini yaitu;
  1. Dapat melatih siswa untuk mendesain sebuah penemuan.
  2. Dapat melatih siswa dalam berpikir dan bertindak secara kreatif.
  3. Dapat melatih memecahkan masalah yg dihadapinya secara realistis dan logis.
  4. Dapat melatih menafsirkan serta mengevaluasi hasilpengamatan.
  5. Dapat jadi perangsang untuk perkembangan kemajuan berpikir siswa dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapinya dengan tepat dan cepat.
  6. Dapat membentuk kegiatan pendidikan di sekolah lebih relevan dg kehidupan nyata, khususnya di dunia kerja.

Itulah sementara beberapa metode pembelajaran kreatif yang dapat belajar kreatif bagikan, Masih banyak contoh metode pembelajaran lain seperti Skrip kooperatif, Picture and Picture, Numbered Heads Together, metode Group Investigation, Jigsaw, TGT, STAD, Model Examples Non Examples dan lain-lain yang  mungkin akan kami sambung dikesempatan yang akan datang.
Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif