Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan kuliah menjadi hal yang perlu dilakukan oleh setiap calon mahasiswa baru di universitas atau sekolah tinggi. Ini mungkin kelihatannya mudah, namun pada intinya pilihan jurusan akan menentukan bidang yang harus kalian tekuni nantinya setelah lulus kuliah.

Setelah lulus sekolah di tingkat SMA/MA/SMK dan sederajat, siswa yang memiliki rencana melanjutkan studynya biasanya sedikit dibingungkan dengan memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan diri.

Memilih jurusan kuliah yang salah tentu akan membuat diri kalian tidak maksimal dalam belajar. Jadi sebaiknya pikirkan dulu matang-matang sebelum menentukan pilihan jurusan yang kalian ambil.

Gambar calon mahasiswa baru saat memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi

Ada beberapa factor yang harus menjadi pertimbangan kalian saat menentukan pilihan jurusan, seperti kemampuan diri, factor biaya, kredibilitas fakultas, prospek lulusan, dan bahkan sampai pendapat para alumnus. Hal ini harus menjadi dasar pertimbangan kalian sebelum memilih suatu jurusan kuliah dan berlaku dimanapun.

1. Kemampuan diri kalian

Mengukur kemampuan diri menjadi salah satu hal yang harus kalian pertimbangkan, jika kalian memilih jurusan bukan bidang yang kalian kuasai tentu nantinya kalian sendiri yang kesusahan. Jangan jadikan karena gengsi atau hal konyol lainya sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan. Pilihlan jurusan yang sesuai dengan bidang yang kalian mampu.

2. Susuaikan bakat dan minat

Satu hal yang paling penting untuk jadi pertimbangan dalam memilih jurusan studi yaitu ketertarikan dan minat kalian. Jangan jadikan ambisi – ambisi lainya menjadi penutup hati kalian, jangan memilih karena alasan prospek kerja setelah lulus dan lainya.

Jika kalian memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat, tentu ini akan bagus nantinya. Kalian akan merasa enjoy menjalankan program pembelajaran, dan sepusing apapun kalian jika kalian menyukai program yang diajarkan tentu diri kalian akan tetap senang dan menikmatinya. Hal ini akan berimbas pada kemampuan materi yang dapat dikuasai sehingga belajar bisa optimal.

3. Faktor biaya

Biaya menjadi hal yang tidak bisa kalian lepaskan untk dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah, karena setiap perkuliahan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi jangan memilih jurusan yang tidak dapat kalian jangkau biayanya. Jika tetap dipakasakan nanti kalian sendiri yang akan kerepotan dan pasti dapat mengganggu konsentrasi belajar.

Menghitung biaya kuliah dan operasional lain memang perlu dilakukan. Namun jangan kalian menutup cita-cita gara-gara masalah ini. masih banyak cara lain yang dapat kalian mabil agar tidak terbebani masalah biaya, seperti mengambil jalur beasiswa dan lainya yang memang sekarang ini banyak sekali universitas atau perguruan tinggi yang membuka program beasiswa bagi siswa berprestasi, siswa miskin dan lainya.

Baca juga 11 Kiat Sukses Menembus SPMB

4. Saran dan Restu Orang Tua

Jangan pernah tidak meminta saran dan restu orang tua ketika hendak memilih jurusan kuliah. Bagaimanapun orang tua adalah sosok yang harus kalian hormati dan minta do’a restunya.

5. Komitmen pada plihan

Jika kalian sudah menentukan pilihan pada jurusan studi tertentu, maka berkomitemenlah pada apa yang menjadi pilihanmu. Pertimbangkan hal-hal seperti apakah kalian yakin mau mengorbankan waktu kuliah kalian demi mempelajari ilmu tersebut? Apakah kalian cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kalian pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kalian akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan. Jadi jelas pada poin ini kalian harus sudah siap sebelum dan sesudahnya.

Itulah sedikit tips cara menentukan jurusan kuliah untuk para lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat saat hendak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Semoga ini dapat membantu.
Cara memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif