Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Ini Cara Melindungi Data Penting Di Laptop Atau PC Anda

Melindungi data-data di laptop atau PC sangatlah penting anda lakukan, apalagi data tersebut adalah data pribadi yang sangat private dan rahasia. Hal ini dilakukan agar jika terjadi error atau kerusakan pada laptop baik software maupun hadware data anda aman dan mudah untuk mengembalikannya lagi.

Ada dua kelompok data yang ada di computer, yaitu yang bersifat pribadi atau data umum yang siapapun boleh membukannya. Khusunya Data-data penting di komputer kita perlu mendapat penjagaan dan pengamanan khusus agar orang lain tidak dapat melihat nya.

Gambar cara mengunci folder data komputer

Nah berikut ini ada beberapa cara melindungi dan mengamankan data penting yang ada di laptop atau PC anda.

Backup Data Penting ke media penyimpanan lain

Backup data adalah sebuah tehnik untuk mengamankan data dengan cara memindahkan data ke media penyimpanan lain selain di komputer. Tujuanya adalah apabila data kita dirusak oleh virus, corrupt, hilang, atau tidak sengaja terhapus, kita tetap merasa aman karena telah menyimpan/membackup data tersebut ke media penyimpanan lainya.

Banyak sekali media yang dapat anda gunakan untuk menyimpan data backup, seperti ke USB Flashdisk, harddisk eksternal, pada CD dan DVD Writers/Re-Writers, memory card, email dan blog pribadi.

Untuk backup data ini anda harus benar-benar hati-hati menyimpannya. Misalnya di flashdisk pastikan hanya kalian yang memegangnya dan jangan biarkan orang lain menggunakannya.

Menyembunyikan Folder

Menyembunyikan folder merupakan salah satu cara melindungi dan mengamankan data penting di computer anda. Seperti halnya file, proses menyembunyikan folder adalah langkah yang harus diambil demi keamanan data agar data yang kita miliki tidak diketahui, dibuka, atau dihapus oleh user lain. Cara ini sangat efektif sekali.

Untuk cara melakukannya silahkan baca [ Cara Menyembunyikan Folder Di Komputer ]

Selain menyembunyikan folder, anda juga dapat memberikan scurity atau password pada folder yang berisi data penting tersebut sehingga hanya anda yang dapat membukannya.

Selain cara diatas, ada beberapa tips yang mungkin penting untuk anda ketahui kaitannya dengan keamanan data. Penjelasannya dapat and abaca dalam postingan sebelumnya di [ Cara Mudah Mengamankan Data Komputer ]

Itulah sedikit cara melindungi data penting di laptop atau PC yang mungkin sangat bermanfaat buat anda. Terimakasih atas kunjungannya dan salam kreatif.
Ini Cara Melindungi Data Penting Di Laptop Atau PC Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif