Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

10 Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Efek bahaya tidur dengan keadaan lampu menyala

Sebagian dari kita lebih suka tidur dengan lampu menyala, apalagi bagi mereka yang takut dengan keadaan gelap. Tapi tahukah kalian bahwa ada beberapa efek buruk tidur dengan keadaan lampu menyala.

Tidur dengan lampu menyala memiliki efek bahaya buat kesehatan kalian. Benarkah begitu? Berikut ini penjelasannya.

1. Menyebabkan produksi hormon melatonin di otak terganggu


Hormon melatonin disebut juga dengan hormon pengontrol waktu tidur . Hormon ini akan memunculkan rasa kantuk dan bekerja optimal saat kondisi gelap. Jelas kondisi terang akibat nyala lampu akan membuat kalian susah tidur. Dengan nyala lampu yang terang, otak kita akan dibingungkan apakah siang atau malam. Jika kalian mengalami insomnia atau sulit tidur cobalah untuk mematikan lampu.

2. Gak Nyenyak Tidur

Dalam kondisi lampu tetap nyala terang saat tidur, maka hormon melatonin tidak bisa bekerja optimal. Hal itu akan membuat kalian sulit tidur. Dan membuat tidur kalian tidak nyenyak yang berefek tubuh kurang sehat.

Baca [ Efek negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan ]

3. Mengurangi kualitas tidur yang dapat membuat tubuh lemas dan lelah saat siang hari.

Alasan dalam poin ini yaitu meski mata dalam keadaan terpejam, cahaya lampu masih bisa memasuki mata kita dengan samar-samar. Inilah yang membuat tidur kalian tak nyenyak. Selain itu hormon melatonin yang nggak maksimal bisa mengacaukan waktu tidur. Kalian yang seharusnya masih butuh waktu untuk tidur, justru terjaga karena kantuk yang hilang tiba-tiba sebelum waktunya. Tidur yang kurang berkualitas ini berdampak buruk pada tubuh karena saat tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat gak dapat terpenuhi dengan baik. Hal inilah yang membuat lemas dan lelah saat siang hari.

4. Menghambat metabolisme tubuh.

Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat memperlancar proses metabolisme tubuh, begitu juga sebaliknya. Saat kita tidur, tubuh kita melakukan pemulihan diri. Sel-sel ber-regenerasi dan tubuh menyiapkan tenaga untuk esok hari melalui proses metabolism. Dengan kualitas tidur yang sempurna, proses internal tubuh juga maksimal. Tapi kalau kualitas tidur kurang, proses metabolism dalam tubuh juga kurang maksimal. Tidur nyenyak adalah salah satu indikasi kalau kamu dalam kondisi sehat dan bahagia.

5. Dapat menambah berat badan yang berakibat tidak baik buat tubuh.

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, gak ada salahnya jika kita mencegah sebelum bahaya itu benar-benar datang.

Tidur dengan lampu menyala dapat menjadikan produksi melatonin berkurang yang berisiko obesitas.
Karena proses metabolisme kita tidak berjalan dengan lancar akibat dari tidur yang kurang berkualitas, hal ini juga berdampak pada kegemukan. Karbohidrat yang masuk ke tubuh nggak bisa diolah dengan maksimal, sehingga berubah menjadi timbunan lemak yang tidak baik buat tubuh. Jadi mulailah memperbaiki kualitas tidur kalian.

6. Meningkatkan resiko terkena kanker.


Terganggunya produksi hormon melatonim akibat lampu nyala dan tidur kurang nyenyak. Inilah yang berbahaya. Padahal hormon melatonin bisa menjadi hormon yang menghambat radikal bebas dalam tubuh. Keberadaan hormon ini dapat mencegah kanker loh.

Dalam sebuah penelitian ditemukan hal yang mengejutkan, dari 2000 orang yang sering bekerja shif malam memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat pada pria. Untuk wanita, terpapar lampu pada malam hari dapat meningkatkan risiko kanker pyudara dan kanker usus besar. Penelitian lain menyebutkan bahwa perempuan tunanetra memiliki risiko kanker pyudara yang lebih rendah daripada perempuan tidak tunanetra. Hormon melatanin yang berfungsi sebagai antioksidan yang menekan radikal bebas dapat diproduksi secara maksimal dalam kondisi gelap. Maka matikanlah lampu kalian saat tidur.

Baca juga [ Cara Mengobati Kanker Prostat Dengan Bahan Alami ]

7. Menambah risiko penyakit kardiovaskular

Penjelasan kaitan dengan poin ini yaitu dengan hormon melatonin ini, selain mencegah tumbuhnya sel-sel yang berbahaya dalam tubuh, hormon ini juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan menghambat peningkatan kolesterol jahat yang dapat mengendap dalam pembuluh darah. Apabila produksi melatonin dalam tubuh terganggu, penyakit kardiovaskular bisa saja mengancam.

8. Menimbulkan suhu udara jadi panas dan gerah

Kalau lampu kamar menyala terang, hal ini akan membuat udara jadi panas dan terasa lebih gerah. Maka mematikan lampu saat tidur, selain membuat udara lebih adem tentu akan baik untuk kulit kita. Udara panas akan membuat kulit tidak sehat loh. Selain itu mematikan lampu juga akan mencegah pemanasan global. Panas yang dihasilkan oleh lampu bisa menambah suhu bumi yang sudah tua ini jadi tidak seimbang.

9. Resiko penyakit jantung

Selain resiko kanker, tidur dengan menyalakan lampu terang juga dapat memicu munculnya penyakit jantung loh. Tergangunya kerja hormon melatonim akan membuat efek buruk terhadap kerja jantung kita.

10. Boros listrik

Selain tidak baik untuk kesehatan, tidur dengan keadaan lampu menyala terus tentu menyebabkan listrik jadi boros. Akibatnya pengeluaran bulanan untuk bayar listrik jadi membengkak. Bayangkan jika saja seluruh orang Indonesia mematikan lampu saat tidur, berapa banyak energi yang dapat dihemat. Jadi mulai sekarang rubahlah kebiasaan menyalakan lampu saat tidur.

Itulah beberapa hal yang dapat memberikan efek bahaya saat tidur dengan lampu menyala yang berakibat buruk untuk kesehatan kita.
10 Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif