Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Semua Tentang Penggunaan Tanaman Obat

Sudah banyak rasanya belajar kreatif membagikan tentang penggunaan tanaman obat sebagai langkah kreatif dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dari gangguan berbagai penyakit yang menyerang. Mulai dari penjelasan tentang khasiat tanaman, kandungan kimia, cara meracik obat alami, dan lainya.

Umunya pengetahuan dan pemanfaatan tanaman berkhasiat obat kebanyakan berdasarkan pada pengalaman dan keterampilan yang secara turun-temurun telah diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. bahkan mayoritas masyarakat dalam pemanfaatan tanaman obat tersebut masyarakat hanya mengetahui khasiat tanaman berdasar kebiasaan, tanpa mengetahui kandungan apa yang terdapat dalam tanaman tersebut.

Cara Pemanfaatan tanaman sebagai obat atau lebih dikenal dengan obat herbal lebih banyak terdapat di negara-negara dunia ketiga, seperti Indonesia. akan tetapi, dalam perkembangannya obat herbal semakin diterima secara luas diseluruh negara di dunia. Bahkan kini semakin menjamur industri farmasi yang memanfaatkan tanaman sebagai bahan utamannya, istilah tersebut kita kenal dengan back to nature atau kembali ke alam.

Cara menggunakan tanaman obat herbal


Menurut catatan WHO tahun 2003, negara-negara yang banyak memanfaatkan tanaman obat paling banyak terdapat di Afrika mencapai hampir 80% dari populasi, menyususl adalah Amerika Latin dan Asia. Di ASIA tanaman obat yang sangat terkenal adalah pemanfaatan ginseng Cina, ginseng Korea, dan ramuan jamu-jamu dari Indonesia.


Perkembangan menunjukkan bahwa pemanfaatan tanaman obat, mulai terjadi peningkatan di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika, dan Eropa. Faktor pendorong terjadinya peningkatan penggunaan obat herbal di negara-negara maju adalah usia harapan hidup yang lebih panjang pada saat prevalensi penyakit kronik meningkat, adanya kegagalan penggunaan obat modern untuk penyakit tertentu diantaranya penyakit kanker, jantung, dan semakin luasnya akses informasi mengenai obat herbal diseluruh dunia.

Efek Samping 


Yang perlu menjadi perhatian bagi para pengguna obat herbal adalah menghindari efek samping yang mungkin timbul, walaupun kemungkinan sangat kecil tetapi ini tetap harus diperhatikan.

Penggunaan obat tradisional yang memiliki efek samping sangat kecil, tetapi bukan berarti tanpa efek samping. Obat tradisional atau obat herbal tetap memiliki efek samping. Efek samping yang mungkin terjadi dapat dihindari antara lain dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Ketepatan bahan yang digunakan sebagai obat
  2. Ketepatan dosis/ukuran
  3. Ketepatan waktu pemakaian
  4. Ketepatan cara penggunaan obat
  5. Keepatan informasi
  6. Ketepatan pemilihan bahan, dan
  7. Tanpa penyalah gunaan atas obat herbal.


Kesehatan sangat penting bagi kita, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataan menunjukkan dengan berbagai pola hidup masyarakat yang masih kurang sehat, serta penggunaan pola makan yang kurang baik, memungkinkan itmbulnya berbagai gangguan kesehatan, baik yang ringan maupun yang relatif berat. Sementara harga obat semakin mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat.

Dengan adanya kekayaan ribuan tanaman herbal yang memiliki khasiat obat, ternyata kebutuhan masyarakat akan kesehatan dapat terbantu dan bahkan lebih terjamin keamanannya. Dengan keadaan ini, maka pemerintah dan masyarakat Indonesia harus mendorong penggunaan obat tradisional atau bat herbal di masyarakat. Dimana kita tahu Indonesia adalah negara yang memiliki ribuan tanaman yang berkhasiat obat. Tanaman ini dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap berbagai penyakit, maupun sebagai pengobatan penyakit.

Semua Tentang Penggunaan Tanaman Obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif