Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Penyebab Panu, Kadas Atau Kurap Serta Cara Mengobatinya

IMG penyebab dan cara mengobati panu, kada atau kurap akibat jamur di kulit tubuh

Salah satu penyakit kulit yang sering diderita oleh mereka yang hidup di daerah tropis yaitu Panu, Kadas atau kurap. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit panu, kadas atau kurap di kulit, sebagian besar kasus penyakit ini akibat aktivasi dari malassezia furfur akibat adanya perubahan keseimbangan flora normal kulit.

Faktor yang dapat memperngaruhi keseimbangan tersebut, antara lain adalah faktor lingkungan dan suseptibilitas individual.

Penyebab Penyakit Panu 

Penyakit panu banyak dijumpai pada usia belasan atau usia remaja. Panu ditemukan terutama pada daerah yang banyak menghasilkan keringat karena jamur hidup dan berkembang biak dari hasil metabolisme sebum.

Baca Tips Menghindari Jamur Penyebab Penyakit Kulit

Biasanya penyakit panu terdapat pada bagian dada dan meluas ke lengan, leher, kaki, ketiak, pelipatan paha, muka, dan kepala. Biasanya menyerang dibagian tubuh yang tertutup pakaian lembab.

Keluhan penderita panu pada awalnya timbul bercak yang berwarna cokelat atau bercak putih yang disertai dengan rasa gatal terutama pada waktu berkeringat.

Bercak putih tersebut disebabkan oleh asam dekarboksilase yang dihasilkan oleh jamur yang bersifat kompetitif inhibitor terhadap enzim tirosinase. Enzim ini mempunyai efek sitotoksik terhadap melanosit yang menghasilkan pigmen warna pada kulit.

Penyakit ini dapat didiagnosis berdasarkan tanda-tanda atau pengamatan langsung pada penderita. Biasanya timbul bercak-bercak putih atau cokelat atau kemerahan, bergantung pada warna kulit, dan bila digaruk akan terlihat kasar.

Pencegahan Penyakit Panu


Untuk mencegah terjadinya penyakit panu, kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menjaga higienitas diri sendiri.
  2. Hindari kelembapan kulit.
  3. Hindari kontak langsung dengan penderita.


Mengobati Penyakit Kadas Atau Kurap


Ada beberapa cara mengobati kadas atau kurap. Namun, sebelum melakukan langkah pengobatan sebaiknya sobat kenali dulu jenis kada atau kurap yang menyerang.

Penyebab Kurap atau Kadas

Kadas atau kurap digolongkan berdasarkan lokasi yang diserang jamur, penyebabnya antara lain:

  • Kurap yang menyerang kulit kepala atau sekitar alis (tinea kapitalis). Waspadalah jika kulit kepala terasa gatal sehingga menimbulkan kerontokan pada rambut. Kemungkinan disitu ada penyakit yang disebabkan jamur. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan. Biasanya dokter memberikan salep atau krim anti jamur.
  • Kurap yang menyerang lipatan paha, daerah bawah perut, sekitar anus atau daerah kelamin luar (tinea kruris). Bercak yang timbul akan berbentuk seperti lingkaran yang pada tepi lingkarannya akan tampak garis merah dan bersisik. Timbul rasa gatal, terutama jika tubuh berkeringat. Untuk mengatasinya, sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Kurap yang menyerang sela-sela jari dan telapak kaki (tinea pedis). Dalam bahasa awam disebut kutu air. Sering kali kutu air ini meluas sampai ke bawah jari dan sela-sela jari lain. Oleh karena lembab, kulit menjadi terlihat putih dan rapuh. Awalnya tidak ada gejala atau keluhan yang menghawatirkan. Namun, jika muncul bau tidak sedap dari kulit kaki, berarti terjadi infeksi jamur. Kemungkinan juga muncul infeksi bakteri dengan gejala bintil merah yang perih, bahkan dapat menimbulkan demam.
  • Kurap yang menyerang kuku (tinea unguinum). Kurap yang satu ini jarang dikeluhkan karena tidak menimbulkan nyeri. Namun, kurap pada kuku paling sukar dan lama disembuhkan. Kuku lantas jadi rusak dan rapuh, bentuknya tidak normal lagi. Di bagian bawah kuku akan menumpuk sisa jaringan yang rapuh sehingga dapat menjadi sumber penularan ke kulit.


Penyebab Panu, Kadas Atau Kurap Serta Cara Mengobatinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif