Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Manusia

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia, karena itulah maka kulit rentan dihinggapi kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kulit. Kulit berfungsi sebagai pembungkus tubuh manusia, jadi perawatan harus selalu dilakukan agar kulit tetap sehat dan tidak muncul penyakit.

Akibat bakteri dan kuman yang ada pada kulit manusia maka itu dapat menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang kulit. Dari beberapa penyakit kulit, ada jenis-jenis penyakit kulit yang umum terjadi yaitu:

Psoriasis


Psoriasis merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan pembentukan belang-belang merah dan putih. Penderita psoriasis mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit ini terkadang muncul untuk jangka waktu yang lama, kadang muncul dan kadang hilang. Secara klinik penyakit psoriasis tidak mengancam jiwa dan tidak menular.

Ada delapan jenis psoriasis yaitu:

1. Psoriasis guttate
Yaitu salah satu bentuk dari psoriasis yang mulai timbul sejak anak-anak atau remaja. Guttate berasal dari bahasa latin yang artinya “jatuh” (drop).

2. Psoriasis Kuku
Psoriasis kuku menyerang dan merusak kuku. Pada bagian bawah kuku tumbuh banyak sisik seperti serbuk. Jenis psoriasis kuku ini merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan.

Baca Cara Merawat kesehatan kulit dan kuku

3. Psoriasis plak
Tipe psoriasis plak adalah jenis psoriasis yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Psoriasis plak disebut juga psoriasis vulgaris. Bersifat meradang dan menimbulkan bercak merah yang dilapisi kulit tumbuh berwarna keperakan.

4. Psoriasis inverse
Biasanya ditemukan pada ketiak, pangkal paha, dibawah payudara, dan dan dilipatan-lipatan kulit disekitar area sensi dan panggul.

5. Psoriasis eritrodermis
Jenis psoriasi ini adalah psoriasis yang sangat berbahaya. Seluruh kulit penderita menjadi merah matang dan bersisik. Fungsi dari perlindungan kulit hilang sehingga penderita psoriasis eritrodermis ini mudah terserang penyakit.

6. Psoriasis Artistis
Ini timbul dengan meradangnya sendi sehingga sendi terasa nyeri, membengkak, dan kaku. Gejala-gejala ini persis seperti gejala penyakit rematik. Penderita psoriasis artistis harus segera ditolong agar sendi-sendinya tidak kekeroposan.

7. Psoriasis Scalp
Biasanya muncul pada batas rambut, kepala, kening, dan juga disekitar leher di belakang telinga. Biasanya timbul berupa sisik kulit dan serbuk, sedangkan pada kulit kepala timbul seperti ketombe.

8. Psoriasis Pustular
Ini banyak ditemui pada orang dewasa. Karakteristik dari penderita psoriasis pustular ini adalah timbulnya pustules putih (blisters of noninfectiouspus) yang dikelilingi oleh kulit merah.

Psoriasis putular ini meliputi kumpulan dari sel darah putih yang bukan merupakan suatu infeksi.

Lepra/Kusta


Lepra adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang kulit. Penyakit ini terkadang juga menyerang saluran pernapasan bagian atas. Penyakit ini terdiri atas dua bentuk, yaitu bentuk lepromatisa dan tuberkuloid. Penyakit lepra disebut juga dengan penyakit Kusta.

Panu


Penyakit panu dapat menyerang semua orang dari berbagai golongan. Dalam bahasa kedokteran penyakit panu disebut juga pitiriasis versikolor atau tinea visikolor yang disebabkan oleh jamur dalam genus malassezia dan berbagai spesies tunggal disebut sebagai malassezia fultur. Spesies ini merupakan flora normal pada kulit. Panu muncul di daerah tropis yang bersuhu hangat dan lembab.

Baca Penyebab Panu, Kada atau Kurap serta cara mengobatinya.

Vitiligo


Vitiligo adalah suatu kelainan pigmentasi, dimana melanosit (sel-sel penghasil pigmen warna kulit) pada area tertentu rusak dan hilang. Vitiligo adalah penyakit yang mulai diperkenalkan sejak abad ke-2 di Romawi, penderita dari penyakit ini sangat sedikit, yaitu hanya sekitar 1-2 persen dari jumlah penduduk dunia.

Kurap atau kadas (Dermatofitosis)


Kadas atau kurap adalah salah satu dari jenis penyakit kulit. Pada umumnya ditandai dengan bercak dan berbentuk bulat atau lonjong pada kulit. Warnanya kemerahan, bersisik, dan berbintil-bintil. Kalau digaruk bisa menimbulkan lecet. Penyakit kurap atau kadar ini disebabkan oleh jamur.

Baca berbagai tips menghindari jamur yang menyebabkan penyakit kulit

Kandidosis kulit


Kandidosis kulit terjadi dilipatan paha, sela-sela jari, ketiak, kuku, dan mulut seperti sariawan. Gejalanya terasa gatal, nyeri, bahkan kadang bernanah.

Itulah jenis-jenis penyakit kulit yang umum diderita manusia. Semoga dengan membaca ini sobat dapat lebih mengenal tentang macam-macam penyakit kulit yang ada di dunia.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Menyerang Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif