Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

CEGAH OSTEOPOROSIS DENGAN BEROLAHRAGA

Selama ini osteoporosis diidentikkan dengan penyakit orang tua. Tanpa olahraga teratur, penyakit ini bisa menyerang kawula muda. Kesibukan dan rutinitas sehari-hari terkadang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk berolahraga. Dan, olahraga dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan karena waktu yang sempit. Padahal, banyak penyakit bisa di cegah dengan olahraga teratur, mulai dari jantung koroner hingga osteoporosis. Namun, kegiatan olahraga ini harus di mulai dari gerakan yang paling ringan, kemudian ditingkatkan secara bertahap untuk menghindari cedera dan memungkinkan tubuh membentuk daya tahan.

Gambar Gejala osteoporosis, Mencegah osteoporosis

Bagi penderita osteoporosis, peningkatan olahraga dapat dilakukan secara perlahan di bandingkan orang yang memiliki tulang sehat. Tetapi hal yang tidak boleh di lupakan adalah gerakan pemanasan dan pendinginan dengan peregangan yang lebih lama dii bandingkan dengan mereka yang memiliki tulang sehat.  Begitupun dengan waktunya. Perbedaan waktu yang di gunakan bisa mencapai selisih waktu sepuluh menit.

Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang di sebabkan hilangnya sebagian kalsium dalam tulang, sehingga tulang menjadi rapuh. Karena itu, penyakit ini sering di sebut silent disease karena hilangnya kalsim tidak di sertai dengan gejala. Biasanya penderita menyadari terserang osteoporosis setelah mengalami patah tulang yang terjadi di paha, tulang belakang, dan pergelangan tangan.
Sebetulnya, seluruh bagian tubuh bisa terkena osteoporosis, tetapi yang paling membutuhkan perhatian  jika terjadi kerapuhan di tulang paha dan tulang belakang. Sebab, patah tulang paha selalu membutuhkan tindakan operasi. Selain itu, cedera tersebut dapat mengganggu kemampuan berjalan dan menyebabkan cacat permanen sampai kematian. Sementara itu, patah tulang belakang juga memiliki konsekuensi serius, seperti tubuh memendek, nyeri punggung dan perubahan bentuk punggung.

Olahraga bagi penderita osteoporosis sebaiknya yang ringan-ringan saja. Hindari aktifitas fisik yang terlalu memaksa seperti yang mengharuskan membungkuk kedepan. Satu hal yang penting di lakukan oleh penderita osteoporosis adalah jangan melakukan gerakan menekuk berlebihan pada sendi punggung maupun leher.

Latihan fisik yang di lakukan harus baik artinya sesuai aturan yaitu pemanasan, inti dan pendinginan. Benar artinya cocok untuk individu yang sedang menjalani olahraga. Teratur artinya frekuansi latihan harus diatur, jangan sampai terlalu memforsir. Dan terukur artinya berdasarkan intensitas yang di tentukan.  Sebelum menjalani sebuah program olahraga, seharusnya penderita osteoporosis melakukan pemeriksaan pra latihan dengan tujuan untuk mengetahui factor resiko lain pada dirinya seperti penyakit jantung, obesitas dan sebagainya. Jadi tidak asal berolahraga. Oleh sebab itu, sebelum berolahraga penderita osteoporosis sebaiknya memeriksakan diri dahulu kedokter untuk mengetahui kondisi dirinya.

Berikut beberapa olah raga yang bisa di lakukan oleh penderita osteoporosis:

  • Untuk jenis aerobik bisa mencoba dengan berjalan, berenang, bersepeda dan senam aerobik. Dengan tujuan menjaga dan meningkatkan/mempertahankan kapasitas fungsional yang dapat di lakukan dengan intensitas sedang, 3-5 hari per minggu dengan lamanya waktu 20-30 menit setiap sesinya.
  • Untuk jenis fleksibilitas bisa melakukan stretching dan latihan peregangan. Dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan fleksibilitas dengan intensitas sedang 5-7 hari per minggu.
  • Untuk jenis kekuatan bisa melakukan Dumbbells dan Calisthenics. Dengan tujuan meningkatkan kekuatann lengan, bahu, kaki, dan panggul. Dilakukan dengan intensitas sedang 2-3 set, dan di ulangi 8 kali per set-nya, selama 2-3 hari per minggu, tidak harus berurutan.
  • Yang terakhir adalah latihan koordinasi dan keseimbangan dengan tujuan meningkatkan dan mempertahankan aktivitas sehari-hari.


Itulah tips berolahraga untuk cegah osteoporosis yang dapat sobat jalankan. Salam sehat!

CEGAH OSTEOPOROSIS DENGAN BEROLAHRAGA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif