Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

AWAS! ANCAMAN BAHAYA SINAR UV DI MATA

Seperti kita tahu, sinar UV (Ultra Violet)  bukan hanya bisa membakar (merusak) kulit. Namun juga berakibat buruk  pada mata jika kita tak melindunginya dari radiasi. Ketajaman sinar ultra violet yang mengenai mata bisa mengakibatkan beberapa masalah pada mata, seperti katarak, petrigium, fotokeratitis, dan perubahan degenerative pada kornea mata. Kondisi tersebut bisa menyebabkan pandangan menjadi buram, iritasi, mata merah, mata berair, kehilangan pandangan sejenak, dan pada kasus tertentu bisa mengalami kebutaan. Cara sederhana untuk melindungi mata dari sinar UV secara langsung, atau dengan memakai kacamata yang meredam kekuatan radiasi sinar UV.

Gambar bahaya sinar UV dimata dan cara melindunginya

Umumnya, anak-anak dan remaja lebih sering mengalami kerusakan mata akibat radiasi UV ini, karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sementara  lensa mata mereka sesungguhnya lebih transparan dari pada yang di miliki oleh rang dewasa, dan ini menyebabkan sinar atau cahaya panas lebih mudah untuk menembus ke retina mata mereka.

Meski demikian, tak banyak orang yang menyadari bahaya sinar UV inii bagi mata. Sebuahh survey yang di lakukan AOA (Asosiasi  Optometrik Amerika) pada 2007 menemukan, 40% penduduk Amerika tidak memikirkan proteksi UV sebagai salah faktor yang  yang di jadikan pertimbangan untuk memilih kacamata. Survey tersebut juga menemukan bahwa 61% orang Amerika membeli kacamata untuk anak-anak mereka, namun 23% diantaranya tidak mempertimbangkan apakah lensanya memiliki kemampuan untuk meredam sinar UV atau tidak.

Berikut ada beberapa tips sederhana melindungi mata dari uv:

  • Selalu pakailah pelindung mata, kapanpun anda berhadapan dengan kemungkinan radiasi Uv, sekalipun situasi dalam keadaan mendung.
  • Jika anda membeli kacamata, maka belilah kacamata yang memiliki pelindung UV. Dia harus 99% melindungi dari radiasi UV-A dan UV-B, dan kacanya harus 75% sampai 90% mampu menangkap cahaya.
  • Selain itu, pastikan lensa kacamata pas dengan warna dan bebas dari distorsi. Belilah lensa yang berwarna abu-abu. Warna tersebut bisa mengurangi intensitas cahaya tanpa mempengaruhi perubahan warna obyek. Dia juga lebih menghadirkan warna yang natural.
  • Gunakan kacamata yang memiliki lensa polarized sehingga dapat menghalau silau akibat sinar matahari. Terutama ketika anda sedang mengemudi atau berada di dekat air. Terlalu sering melihat benda sila dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan migren.


Apapun itu, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi usahakan untuk menjaga mata anda agar tetap sehat dan terlindungi.

AWAS! ANCAMAN BAHAYA SINAR UV DI MATA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif