Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

ATURAN DIET UNTUK PENDERITA ASAM URAT

Ada beberapa aturan diet untuk penderita asam urat yang benar-benar penting untuk diketahui khusus buat para penderita asam urat. Sejak dua ribu tahun lalu, asam urat sudah di kenal dan menjadi salah satu penyakit tertua yang di kenal manusia. Dulu, penyakit ini disebut “penyakit para raja” karena di asosiasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang enak. Kini, asam urat bisa menimpa setiap orang, terutama para penggemar wisata kuliner yang terbiasa menyantap berbagai makanan enak.

Biasanya, gangguan asam urat di tandai dengan suatu serangan tiba-tiba di daerah persendian.
Misalnya, saat bangun tidur, ibu jari kaki, dan pergelangan kaki akan terasa terbakar, sakit, dan membengkak, itulah yang di sebut gejala asam urat (arthritis gout). Pada umumnya, gangguan ini di sebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam darah, sehingga menyebabkan penumpukan Kristal urat di daerah persendian. Selain rasa sakit di persendian, asam urat juga menyerang ibu jari kaki akibat pembentukan endapan antrium urat (tofi) dalam jaringan di bawah kulit. Bahkan, asam urat juga dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Aturan diet yang benar untuk penderita asam urat

Jika gangguan asam urat tidak di atasi dengan cepat maka akan sangat mengganggu aktivitas. Bagi penderita, selain mengonsumsi obat-obatan, pengaturan pola makanan dapatt di jadikan pilihan untuk mengatasi masalah asam urat. Di samping itu, menu makanan harus di atur sedemikian rupa, terutama makanan yang banyak mengandung nukleotida purin yang rendah.

Sebenarnya, penderita asam urat masih bisa menikmati hidup dengan sebagaimana layaknya orang sehat. Namun, ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar penyakit asam urat tidk bertambah parah. Berikut ini syarat-syarat yang harus di jalani bagi penderita asam urat;

Pembatasan konsumsi purin 

Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. Namun, hal ini tidak mungkin di lakukan karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nucleoprotein. Maka, hal yang harus di lakukan penderita adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin/hari. Sebab konsumsi purin yang normal hanya berkisar antara  600-1.000 mg purin/hari.

Pengaturan kalori sesuai kebutuhan penderita

Jumlah kalori harus di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, yakni berdasarkan tinggi dan berat badan penderita asam urat. Namun, asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa mengakibatkan kadar asam urat meninggi. Sebab, keton bodies yang terdapat dalam tubuh akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urine.

Konsumsi karbohidrat

Karbohidrat kompleks, seperti nasi, singkong, roti, dan ubi, sangat baik di konsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Sebaiknya, pengonsumsian karbohidrat kompleks ini tidak kurang 100 gram/hari. Namun, karbohidrat sederhana yang mengandung fruktosa, seperti gula, permen, arum manis, gulali san sirop, lebih baik di hindari karena zat tersebut akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Konsumsi protein rendah lemak

Biasanya, sumber protein yang di sarankan adalah protein nabati berasal dari susu, keju, dan telur. Sebab lemak menghambat ekskresi asam urat melalui urine. Karena itu, makanan yang di goring, bersantan, serta mengandung margarine dan mentega lebih baik di hindari. Dan anjuran pengonsumsian lemak sebaiknya hanya 15 % dari total kalori.

Konsumsi cairan 

Bagi penderita asam urat, konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urine. Karena itu, penderita di sarankan untuk menghabiskan minum minimal 2,5 liter atau atau 10 gelas per hari. Dan, konsumsi cairan ini bisa berupa air putih, teh, kopi, dann buah-buah segar yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, blewah, nanas, belimbing, dan jambu air. Meskipun demikian, ada beberapa buah-buahan yang sebaiknya di hindari oleh penderita, semisal alpukat dan durian. Sebab keduanya mengandung lemak yang tinggi.

Jadi, buat sobat yang berniat diet tapi memiliki gangguan kesehatan seperti asam urat, tidak perlu kahawatir lagi. Aturan diet untuk penderita asam urat di atas bisa di coba sebagai langkah mensukseskan program diet anda tanpa mengganggu kesehatan. Selamat mencoba.

ATURAN DIET UNTUK PENDERITA ASAM URAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif