Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

AGAR TETAP ENJOY SAAT MASA MENOPAUSE

Menopause merupakan satu dari rangkaian masa yang pasti di lalui oleh perempuan. Masa ketika siklus menstruasi berhenti secara fisiologis karena berkaitan dengan tingkat lanjut usia seorang perempuan. Ketika masa menopause sudah mendekat, siklus dapat terjadi pada waktu yang tidak menentu dan tak jarang menstruasi tidak datang selama beberapa bulan. Pada usia 40 tahun, perubahan hormon yang di kaitkan dengan pramenopause mulai terjadi.

Gambar masa menopause pada wanita

Tak hanya ketika akan menstruasi,  menjelang masa menopause (Pramenopause)  pun kaum wanita merasa tidak nyaman pada tubuhnya. Banyak keluhan yang muncul, meliputi keluhan jangka pendek dan jangka panjang. Keluhan jangka pendek, seperti badan terasa panas (hot flash), berkeringat, jangtung berdebar-debar, perasaan takut, gelisah, libido menurun, dan kegemukan. Sementra itu, keluhan jangka panjang meliputi pengeroposan tulang (osteoporosis), penyakit jantung koroner, kepikunan, dan stroke.

Keluhan-keluhan ini terjadi karena kadar hormon estrogen dalam tubuh seorang perempuan mengalami fluktuasi, sehingga menyebabkan keluhan jangka pendek. Lambat laun, kadar estrogen tersebut akan mengalami penurunan hingga mencapai titik terendah. Akibatnya, kardiofaskuler (jantung) dan osteoporosis juga akan meningkat.

Sekedar untuk meredakan ketidaknyamanan tubuh saat menjelang menopause, ada beberapa hal yang bisa di lakukan;

Olahraga

Dengan berolahraga, anda akan merasa lebih nyaman. Walaupun banyak pilihan olahraga yang bisa di lakukan, tapi sebaiknya anda melakukan olahraga yang dapat menaikkan denyut jantung, seperti aerobic, jalan santai, jogging, maupun renang. Lakukan olahraga ini sebanyak tiga kali seminggu dengan intensitas yang sesuai kondisi tubuh anda. Sebuah penelitian di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meredakan gejala pramenopause.

Tekhnik Relaksasi

Teknis relaksasi dapat di gunakan untuk meredakan bebarapa gejala tidak nyaman saat masa pramenopause, seperti ras panas pada tubuh maupun cemas yang berkepanjangan.


  • Pertama, pejamkan mata dan bernapaslah dengan dalam dan perlahan melalui kedua lubang hidung.
  • Kedua, lakukan pola 4-7-8-4, yaitu masukkan udara ke lubang hidung dengan empat hitungan (4), tahan selama tujuh hitungan (7), dan hembuskan udara melalui kedua lubang hidung secara perlahan dengan menggunakan delapan hitungan (8).
  • Ketiga, ulangi latihan ini sebanyak empat kali.
  • Keempat, lakukan tekhnik ini setiap pagi dan malam hari.


Konsumsi kedelai

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein kedelai secara rutin dapat menurunkan kolesterol. Dan tempe mrupakan salah satu contoh makanan yang mudah di temui sekaligus mengandung isoflavon tinggi. Namun sebaiknya tempe di olah dengan cara di rebus atau di kukus. Manfaat dari kandungannya akan berkurang jika di goreng. Sebab minyak yang di gunakan untuk menggoreng dapat menambah kadar kolesterol dalam darah. Karena itu, anda harus pintar mengolah produk kedelai ini agar khasiatnya terasa. Anda juga bisa membuat olahan sayur dari tempe, semisal baceman.

Bila anda tidak punya banyak waktu untuk mengolah tempe, anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis yaitu mengonsumsi kapsul isoflavon yang bisa di beli di apotek. Biasanya, masing-masing kapsul mengandung 50 mg isoflavon. Dari hasil uji coba, 1 cangkir kedelai bermutu yang bagus setara dengan 25 mg kapsul isoflavon.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merdakan ketidaknyamanan menjelang masa menopause. Selamat mencoba.

AGAR TETAP ENJOY SAAT MASA MENOPAUSE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif