Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

6 MANFAAT SINAR MATAHARI BUAT KESEHATAN

BELAJARKREATIF.NET; Panas sinar matahari dapat membuat kulit kita kering dan gosong, namun tahukah kalian bahwa sebenarnya sinar matahari memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita?

Gambar manfaat sinar matahari_sun_sunset

Ada banyak sekali manfaat sinar matahari bagi kesehatan. Namun, kali ini belajar kreatif akan uraikan sedikit tentang fakta manfaat matahari buat sobat.

Di perkotaan, kebayakan orang berangkat ke kantor pada pagi hari saat matahari belum muncul dan pulang ketika hari telah beranjak petang atau malam. Mereka biasanya bekerja di perkantoran dengan ruang tertutup, dan ber-AC yang akhirnya membuat mereka hampir tidak pernah bertemu sinar matahari. Padahal, kita semua tahu bahwa sinar matahari adalah sumber kehidupan utama yang masuk ke bumi. Tak bias di bayangkan, apa jadinya jika kehidupan di bumi tanpa matahari, bukan? Karena itu, sinar matahari memberi  tenaga bagi semua makhluk hidup untuk tumbuh. Ada begitu banyak manfaat sinar matahari bagi makhluk di bumi terutama manusia dalam bidang kesehatan. Apa sajakah manfaat itu?

1. Sinar Matahari menghasilkan vitamin D

Sejumlah besar simpanan kolesterol terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet mengenai kulit ia akan mengubah simpanan kolesterol menjadi vitamin D. dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 5 menit telah memberikan 400 unit vitamin D. Sebab, menurut RDA USA, manusia membutuhkan 400 unit vitamin D per hari.

2. Sinar matahari mengurangi Kolesterol darah

Dengan mengubah kolesterol di bawah kulit dengan vitamin D, tubuh akan memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit, sehingga kolesterol dalam darah dapat berkurang.

3. Sinar matahari mengurangi gula darah

Cahaya matahari bagaikan insulin yang memberikan kemudahan bagi penyerapan glukosa di dalam sel tubuh. Ternyata, hal ini merangsang tubuh untukk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glycogen). Kandungan yang tersimpan di dalam hati dan otot, lalu dip roses sehingga menurunkan gula darah.

4. Sinar matahari sebagai penawar infeksi dan pembunuh bakteri

Matahari sanggup membunuh bakteri, penyakit, virus, dan jamur; serta berguna untuk perawatan tuberculosis (TBC), erysipelas, keracunan darah, peritonitis, pneumonia, mumps, dan asma saluran pernapasan. Bahkan, beberapa virus penyebab kanker bisa di binasakan dengan sinar ultraviolet. Selain itu, infeksi jamur, termasuk candida bereaksi terhadap sinar matahari. Biasanya, bakteri yang terdapat di udara akan di binasakan oleh sinar matahari dalam 10 menit.

5. Sinar matahari meningkatkan kebugaran pernapasan

Sinar matahari bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke berbagai jaringan di dalam tubuh. Ini berarti banyak oksigen yang tersedia untuk di bawa ke seluruh otot sewaktu melakukan gerak badan. Factor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernapasan adalah berjemur di bawah matahari. Sebab, glikogen akan bertambah di hati dan otot setelah terkena paparan sinar matahari.

6. Sinar matahari membentuk dan memperbaiki tulang

Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, ternyata bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Hal ini juga menolong pembentukan dan perbaikan tulang, serta mencegah berbagai penyakit, seperti rakitis dan osteomalcia (pelembutan tulang tidak normal). Sementara itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan beberapa jeni kekebalan tubuh, semisal antibodi (gamma globulins).

Itulah manfaat sinar matahari yang sesungguhnya bagi kita. Meskipun demikian, sinar matahari yang bermanfaat bagi tubuh kita hanya sinar matahri sebelum pukul 09.00 dan setelah pukul 16.00. saat itu kita tidak mendapatkan sinar gelombang pendek, seperti ultraviolet, sinar x, sinar gamma, dan sinar sosmos. Sebaliknya, kita lebih banyak memperoleh sinar gelombang panjang (infra merah).

6 MANFAAT SINAR MATAHARI BUAT KESEHATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif