Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

WASPADAI BAHAYA RADIASI PONSEL

Radiasi dari penggunaan posel/HP sangat berbahaya bagi kesehatan, Benarkah begitu? Saat ini muncul beragam ponsel menarik dan bermacam-macam dengan segala kecanggihan yang ditawarkan. Sebut saja ponsel dengan sistem operasi iOS, BlackBerry, symbian^3, dan android. Konsumenpun berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Dari merk satu ke merk yang lain, dari kecanggihan satu ke kecanggihan yang lain. Namun tanpa mereka sadari, di balik segala gemerlap canggihnya tekhnologi ada hal-hal yang di korbankan. Salah satunya kesehatan misalnya.

Gambar bahaya radiasi ponsel/Handphone-HP


Dengan asyik berkomunikasi via ponsel, kadang-kadang seseorang lupa bahwa ia telah terlalu lama menggunakan ponsel di dekat telinganya. Tidak hanya itu, sering menggunakan earphone ketika mendengarkan musik juga memicu radiasi tinggi pada pendengaran. Sebut saja trigger(pemicu kerusakan telinga) akibat dari radiasi ponsel dan juga kebisingan yang di timbulkan.

Devra Lee Davis, epidemiologist sekaligus penulis buku Disconnect: The Truth about Cell Phone Radiation, mengatakan bahwa gelombang yang di pancarkan oleh ponsel melakukan penetrasi terhadap barisan pelindung otak, memicu pengurangan sel DNA secara radikal, serta meningkatkan peluang seseorang mengalami kanker. Sehingga kita tidak boleh terlalu lama mendekatkan atau terlalu sering menempelkan alat dengan gelombang kuat di dekat otak, apalagi dalam beberapa jam setiap hari. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir radiasi ponsel dan kebisingan;

Komunikasi Via SMS

Sesekali lakukan komunikasi lewat pesan pendek, karena tidak ada kontak langsung dari ponsel ke telinga sehingga bisa meminimalisir radiasi.

Memakai HansFree

Ketika sedang bertelepon, sering kali hansFree adalah merupakan pilihan utama untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti menyapu, menulis dan sebagainya. Sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan adanya aktivitas bertelepon. Karena penggunaan handsfree dapat meminimalisir radiasi. Meski begitu perlu di waspadai juga, bahwa penggunaan hansfree tetap dapat menimbulkan kebisingan yang ujung-ujungnya juga akan menganggu pendengaran.

Dokter Rani Dewi SpTHT dari RSJ Menur Surabaya mengatakan salah satu teori mengenai tingkat kebisingan. Misalnya, seseorang bekerja pada suatu wilayah dengan tingkat kebisingan lebih dari 110 desibel. Maka orang tersebut tidak boleh bekerja lebih dari 30 menit. Bila tingkat kebisingan 90 Desibel, maka orang tersebut tidak boleh berada dalam wilayah itu lebih dari delapan jam.

Jenis Ponsel

Bukan ponsel yang bermerk ternama atau yang paling mewah, tetapi pilihlah ponsel yang tingkat radiasinya telah mengikutii standar internasional yang telah di tetapkan  oleh ICNIRP (International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection). Standar radiasi ponsel atau di sebut SAR(Specific Absorpsion Rate) besarnya 2 watt perkilogram. Namun masing-masing ponsel memiliki tingkat radiasi yang berbeda-beda, tergantung materi bahan, desain, baterai, atau komponen di dalam ponsel. Untuk itu konsumen di harapkan jeli dalam memilih ponsel.

WASPADAI BAHAYA RADIASI PONSEL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif