Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

3 Kebiasaan Baik Tapi Justru Salah Kaprah (Salah Tempat)

BELAJARKREATIF.NET; Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjadi sehat, banyak cara dan kebiasaan yang di yakini bisa mewujudkannya, banyak juga yang kadang malah membahayakan. Namun, banyak orang yang kurang sadar akan bahaya yang di timbulkannya, sebab mereka telah termakan asumsi-asumsi dari kebanyakan orang. Dari kebiasaan-kebiasaan inilah, sesuatu yang di anggap dapat menyehatkan justru jadinya malah membahayakan.

Berikut beberapa keyakinan  salah kaprah yang di yakini sehat, tetapi perlu di pikir ulang untuk melakukannya;

Menyikat Gigi Setiap Habis Makan


Gambar kebiasaan menggosok gigi yang justru salah kaprah dan berbahaya

Salah besar jika menyikat gigi usai makan dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Cara ini hanya akan merusak enamel yang pada awalnya melindungi gigi.

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Enamel atau email adalah lapisan luar gigi yang bisa dilihat. Lapisan ini mengandung 5% air dan 95% zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zt organik (protein dan mukopolisakarida).  Enamel merupakan bagian paling terkuat dalam tubuh manusia.  Bagian ini bahkan lebih kuat daripada tulang.  Akan tetapi, enamel retan dengan asam dan penumpukan bakteri. Enamel bisa menjadi larut atau rusak jika terkena zat tersebut.

Enamel berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan. Ketika mengunyah gigi berisiko untuk rusak karena adanya aktivitas mengunyah makanan. Saraf-saraf di gigi sensitif terhadap suhu, makanan panas atau dingin dapat menyebabkan gigi sakit. Akan tetapi, enamel akan membuat gigi tidak akan sakit ketika seseorang makan atau minum sesuatu yang panas atau dingin.

Sebagian besar dokter gigi menyarankan agar tidak minum banyak soda.  Hal ini karena adanya kandungan gula dan asam di dalam minuman tersebut yang bisa melarutkan enamel. Hal ini juga berlaku untuk minuman diet karena mengandung asam korosif bahkan jika minuman tersebut tidak mengandung banyak gula. Selain itu soda rasa jeruk memiliki kadar asam tinggi daripada soda lainnya dan karena itu lebih berisiko untuk diminum.  Minuman olahraga dan minuman energi juga mengandung kadar asam yang tinggi asam sehingga harus dihindari.

Sebaiknya cukup berkumur agar tidak ada makanan yang tersisa dalam mulut.

Menggunakan Pembersih Tangan

Siapa sangka jika hand sanitizer yang biasanya digunakan untuk menjaga tangan tetap bersih ternyata bisa berdampak buruk. Sebuah penelitian menunjukkan jika benda ini mengandung triclosan yang dapat meningkatkan daya tahan bakteri atau virus terhadap antibiotik. Untuk itu, pastikan menggunakan pembersih tangan yang memiliki kadar alkohol setidaknya 55 persen, sehingga dapat membunuh bakteri jauh lebih efektif. Jika bisa, sebaiknya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Seperti yang ada pada salah satu dari 5 pilar STBM (Sanitasi Totl Berbasis Masyarakat).

Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh jadi mudah sakit dan berat badan melonjak. Justru dengan membiasakan makan pagi, Sobat jadi tidak mudah lapar dan jarang mengonsumsi hidangan berkalori di luar jam yang sudah ditentukan. Jika Sobat melewatkan sarapan, keinginan untuk mengonsumsi jajan atau makanan akan bertambah. Padahal Sobat telah melewatkan jam makan pagi. Selain waktunya yang sudah lewat atau kurang tepat, dalam keadaan lapar biasanya seseorang akan mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih dari pada normalnya. Untuk itu, selalu biasakan sarapan ya sob.

Itulah beberapa kebiasaan yang di nilai sehat, malah justru tidak sehat. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan kesehatan Sobat.

3 Kebiasaan Baik Tapi Justru Salah Kaprah (Salah Tempat) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif