Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

MEMBUAT KREASI HANDMADE CLAY TEPUNG

Cara membuat handmade clay tepung spesial ini belajar kreatif bagikan untuk membantu sobat yang membutuhkan hal ini. Clay tepung merupakan bahan dasar membuat seni kerajinan yang indah dan menarik. Peranannya adalah sebagai pengganti bahan baku tanah liat. Sobat tentu tahu donk apa itu tanah liat atau yang biasa di kenal dengan lempung? Yap, tanah liat adalah tanah yang sering di gunakan untuk membuat gerabah seperti gentong, kendi tanah, dan sebagainya. Juga banyak di gunakan untuk membuat karya seni rupa, dan berbagai jenis kreasi lainnya yang menarik dan unik.

Saat ini, untuk mendapatkan tanah liat di rasa cukup sulit. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Jangankan mendapatakan tanah liat, mendapati tanah saja tergolong langka. Karena permukaan tanah sudah terpaving, tak ada lagi tanah mentah, kalaupun ada, itupun hanya untuk daerah resapan air saja.

Tapi sobat kratif tak usah bingung, tak ada rotan akarpun jadi. Jika sobat kesulitan mendapatkan tanah liat, ada pilihan lain yang bisa sobat coba untuk tetap berkreasi. Clay, sobat tentunya tak asing kan dengan bahan kreasi yang satu ini. Saat ini banyak clay instan yang bisa sobat beli dari toko-toko maupun supermarket terdekat. Harganya pun terjangkau, tapi tak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri kan. Bahan yang di gunakan untuk membuatnya pun bermacam-macam. Ada clay dari roti(yang sudah mengeras), clay dari sabun mandi, dan clay dari tepung. Tergantung sobat mau coba yang mana. Bahan-bahan dan cara bikinnya hampir sama kok.

Nah, di artikel kali ini kami akan berbagi bagaimana cara membuat clay dari tepung. Caranya mudah dan sederhana sobat. Siapkan dulu alat dan bahan yang di butuhkan ya. Diantaranya;
  • Tepung(maizena, tapioka, terigu)
  • Lem putih
  • Nampan/mangkuk besar
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Minyak goreng

Gambar membuat kerajinan cantik dari clay tepung

Langkah pertama, siapkan nampan atau mangkuk besar.
Lalu tuangkan tepung kemudian lem putih.
Aduk-aduk dan campur hingga merata.
Tambahkan air secukupnya jika adonan yang di buat terlalu padat. Usahakan jangan terlalu padat maupun encer, agar nanti memudahkan anda saat membentuk dan mengkreasikannya.
Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian, lalu beri pewarna sesuai kebutuhan dan keinginan sobat.
Setelah dirasa pas(tidak terlalu padat maupun cair), waktunya sobat berkreasi sesuai bentuk dan imajinasi yang sobat kehendaki.

Gaambar contoh kreasi seni kerajinan dari clay tepung

Berikut ini kami sajikan contoh kreasi clay tepung yang sudah jadi, semoga bisa menjadi inspirasi sobat dalam berkreasi.
MEMBUAT KREASI HANDMADE CLAY TEPUNG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif