Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

CARA MEMBUAT HIASAN DINDING CANTIK

Sobat kreatif, masih ingat dengan artikel kemarin yang tentang vas bunga cantik dari kertas? Jika masih, berikut ini adalah pengembangan dari artikel sebelumnya. Kalau kemarin kertas kreasi kita jadikan vas bunga cantik yang tempatnya di meja, sekarang kreasi bunganya kita jadikan hiasan dinding. Dinding rumah tanpa hiasan akan terkesan hampa, selain itu hiasan juga akan menambah kesan tersendiri saat berada di dalamnya dan juga mampu menggambarkan karakter pemiliknya. Jika sobat merasa bosan dengan hiasan dinding yang itu-itu saja, seperti bingkai foto, lukisan dan sebagainya, sobat bisa mencoba kreasi berikut. Sobat bisa juga mengkombinasikan dengan pajangan yang ada ataupun memajangnya sendiri sebagai ganti atas pajangan lama sobat.

Pertama-tama, siapkan dulu alat dan bahan yang di butuhkan. Beberapa kreasi di bawah ini alat dan bahan yang di butuhkan hampir sama dan berkaitan. Jadi sobat tak perlu repot untuk menyiapkannya, cukup sekali saja. Beberapa alat dan bahan yang akan di gunakan untuk membuat bunga hiasan dinding adalah sebagai berikut.


  • Kertas warna-warni
  • Cutter
  • Gunting
  • Kertas karton/kardus berukuran 15cm x 15cm
  • Kardus/karton berbentuk lingkaran dengan diameter 7cm(2 buah)
  • Lidi dengan ukuran 15 cm, 12 buah
  • Lem
  • Tali rafia
  • Ranting (pohon jeruk)
  • Kawat/kabel bekas

Berikut ini beberapa kreasi yang akan kami hadirkan untuk sobat kreatif semua.

Gambar kreasi rangkaian bunga untuk hiasan dinding

KREASI 1: Gunakan kertas warna merah, putih dan hijau. Merah putih kita jadikan bunga, sedang yang hijau, kita bentuk daun. Potong kertas dengan ukuran 40cm x 3cm, merah berjumlah 15 buah, putih berjumlah 16 buah, hijau cukup 5 buah saja.

Buatlah kertas terkesan lusuh dan lecek dengan cara mengepal-ngepalkannya di gengggaman tangan kecuali yang berwarna hijau. Setelah selesai, ambil satu persatu lalu oleskan lem di salah satu bagian sisinya kemudian gulung membentuk kelopak bunga. Lakukan langkah tersebut sejumlah kertas merah putih yang akan di gunakan sebagai kelopak bunga.

Ambil kertas yang berwarna hijau, masing-masing di lipat membentuk persegi kecil, kemudian potonglah menyerupai bentuk daun.

Siapkan kertas karton persegi yang berukuran 15cm x 15cm, lalu tempelkan menggunakan lem kertas hijau berbentuk daun tadi di setiap sisinya. Lalu di susul kelopak bunga berwarna putih dengan menggunakan lem, tempelkan di setiap sisi mengikuti bentuk daun tadi, lalu terakhir yang keopak merah juga di kasih lem dan di tempel di ruang kosong bagian tengah sampai permukaan kertas karton benar-benar tertutup sempurna tak ada permukaan yang terlihat.

Terakhir, lubangi salah satu sudut kertas karton tadi, lalu kaitkan tali rapia sebagai penopang saat hiasan di pajang.

Gambar contoh hiasan dinding cantik motif bunga

KREASI II: Siapkan kertas putih yang telah di potong dengan ukuran sama seperti kreasi yang sebelumnya tadi yaitu, 40cm x 3cm, berjumlah 12 buah. Sedang yang berwarna merah cukup satu, dan kertas hijau berbentuk daun 9 buah.

Pada kertas putih, olesi dengan menggunakan lem di satu sisi panjangnya, lalu lilitkann pada ujung lidi dengan membentuk kelopak bunga. Lakukan langkah ini sejumlah kertas putih tadi. agar permukaan lidi tidak terlihat, sobat bisa melilitkan kertas yang berwarna hijau di permukaannya.
Ambil kertas karton yang berbentuk lingkaran, olesi seluruh permukaannya dengan menggunakan lem, usahakan pemberiannya agak banyak agar nantinya lebih melekat. Lalu letakkan lidi yang telah berbentuk tangkai bunga di atasnya. Kemudian letakkan karton berbentuk lingkaran yang satunya di atas susunan tangkai bunga. Tekan kuat-kuat agar lemnya melekat, atau taruh benda berat di atasnya selama beberapa waktu sampai lem benar-benar melekat.

Setelah lem melekat dan agak kering, tempelkan kertas hijau berbentuk daun, melingkar di atas permukaan kertas karton. Lalu tempelkan sekuntum bunga dari kertas berwarna merah tadi, di bagian tengahnya.

Terakhir, lubangi karton bagian belakang lalu lilitkan rapia seperti kreasi pada poin satu atau bisa juga menggunakan bekas potongan kardus yang di tempel di bagian belakang karton. Hiasan dinding siap di pajang.

KREASI III: Langkah untuk membuat kelopak bunganya sama dengan beberapa kreasi sebelumnya. Hanya saja media tangkainya yang berbeda, kali ini menggunakan ranting pohon, dan ranting yang kami gunakan adalah ranting pohon jeruk. Tapi sebelum di gunakan, buang terlebih dahulu duri-duri yang menyertainya. Agar tidak mengganggu dan melukai sobat saat dalam prosese pengerjaan. Selamat mencoba.

Gambar membuat kreasi bunga hiasan dinding


KREASI IV: Untuk kreasi yang satu ini pun tak jauh berbeda dengan kreasi yang sebelumnya, hanya saja media tangkainya menggunakan kawat/kabel bekas. Sehingga memudahkan sobat membentuk ranting sesuai keinginan dan kreasi sobat. Selamat mencoba.


Itulah beberapa cara membuat kreasi bunga hiasan dinding yang bisa sobat coba. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kreatif berikutnya. Salam kreativitas tiada batas.

CARA MEMBUAT HIASAN DINDING CANTIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif