Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

PENTINGNYA MENGENALKAN LAGU NASIONAL PADA ANAK

Mengenal lagu nasional - Semakin berkembangnya dunia informasi dan semakin canggihnya teknologi membawa pengaruh besar terhadap perkembangan anak. Anak-anak sekarang lebih menyukai permainan baru yang mereka kenal dan lebih akrab dengan mereka dari pada permainan tradisional yang mereka anggap kuno dan jadul. Di sekitar kita, di jalan, di pasar-pasar, dan di manapun, kita sering menjumpai anak-anak dengan gadget di tangannya, atau paling tidak hp sederhananya. Dari sini mereka bisa dengan bebas mengakses informasi dan beragam hal baru yang ingin mereka ketahui. Salah satu hal yang perlu jadi perhatian oleh para orang tua dan pendidik adalah tentang lagu-lagu yang mereka dengar dan nyanyikan dari benda ditangannya (hp). Kedengarannya sepele memang, tapi jika hal ini tidak mendapat perhatian, maka tidak menutup kemungkinan untuk menjadi masalah serius bagi orang tua dan pendidik. Jika kita perhatikan, anak-anak sekarang tidak lagi mengenal lagu-lagu yang sesuai usianya. Mereka cenderung lebih menaruh minat pada lagu-lagu yang sebenarnya belum boleh mereka rambah. Yaitu lagu-lagu dwasa bertemakan cinta, atau yang lainnya, dan hal ini telah mendewasakan anak sebelum masanya.

Gambar anak belajar musik nasional

Pernah suatu ketika, saya bertanya pada anak-anak SD mulai dari kelas empat sampai kelas enam tentang lagu-lagu nasional yang mereka ketahui dan bisa mereka nyanyikan. Dan ternyata jawabannya sungguh mengejutkan. Dari sekian banyak anak yang memberikan jawaban, hanya lagu indonesia raya yang mereka hafal dan bisa mereka nyanyikan. Lalu dari sekian banyak lagu nasional yang ada, kemana yang lainnya?Dan dari sini, saya menarik satu pengandaian, jika seandainya pada upacara bendera rutin setiap hari senin tidak ada sesi menyanyikan lagu indonesia raya, apakah mereka akan mengenal lagu nasional? Sedangkan dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam kelas, mata pelajaran kesenian kurang mendapat perhatian. Dalam SBK (Seni Budaya dan Kesenian) ataupun KTK (Kerajinan Tangan dan Keterampilan) lebih di tekankan pada hal menggambar, dan kurang menaruh perhatian pada hal menyanyi. Saya lanjutkan lagi dengan pertanyaan, apakah pak guru maupun buguru tak ada yang mengajarkan lagu-lagu itu ketika ada mapel kesenian? Dan jawaban yang di berikan pun tak jauh beda dengan pertanyaan yang pertama. Jawabannya nihil, mereka mengatakan tak pernah di ajari menyanyi ataupun sekedar mengenal lagu nasional. Jika telah demikian, siapa yang akan bertanggung jawab dalam hal ini?

Sama halnya dengan budaya dan sebagainya yang kita punya, tak dengan serta merta mereka -generasi berikutnya (penerus)- mengetahui hal itu, jika para pendahulunya tidak memperkenalkan itu. Dan bila hal ini, di biarkan terus menerus, tanpa adanya perhatian khusus dan serius, bisa jadi beberapa tahun kedepan, kita akan kehilangan jati diri sebagai yang empunya warisan budaya itu. Tak mau kan hal itu terjadi?

Tak ada kata terlambat untuk memulai suatu hal, bilapun harus terlambat, tak apa, better late than never. Dan sebelum semunya benar-benar telah terlambat, mari kita bahu membahu, bersama-sama untuk memulai. Dari lingkup kecil terdahulu yaitu keluarga, dari orang tua kepada putra-putrinya. Namun, jika hal ini tidak mungkin, mengingat kurangnya pengetahuan orang tua, maka lingkungan sekolah menjadi target utama dan pertama untuk memulai hal ini. Jika para pendidik juga kurang mempunyai pengetahuan tentang lagu-lagu nasional, maka sangat di sayangkan dan segera mulailah untuk mempelajarinya. Teknologi telah tersedia, informasi disana sini, kurang apa? Tinggal kita mau atau tidak untuk mempelajarinya.

PENTINGNYA MENGENALKAN LAGU NASIONAL PADA ANAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif