Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Manfaat Musik Dan Pengaruhnya Bagi Manusia

Manfaat musik jika di uraikan banyak sekali, kita semua tentu mengenal musik dan setiap orang memiliki selera musik yang beda-beda. Ada yang suka musik pop, rock, dangdut, blues, reggae, r&b, dan lainya. Musik sendiri memang memiliki beberapa jenis aliran yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menghibur.

Sekarang pertanyaanya adalah tahukah anda tentang manfaat musik? Pernahkah anda menyanyi? Atau kalau tidak, pernahkah anda mendengarkan lagu? Jika ya, tentu anda punya lagu favorit kan? Lalu, jenis musik apa yang anda sukai? Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk dijawab ketika anda berbicara soal musik. Siapa sih yang tak kenal musik? Siapa yang dalam seharinya tak pernah mendengar irama barang sekalipun? Saya rasa tak ada yang bisa terlepas dari alunan musik. Meskipun bukan anda sendiri yang memutar alunan lagu, tapi anda bisa mendengarnya dari rumah tetangga mungkin. Dari alunan radio,CD/ DVD, televisi, dan handphone yang paling dekat dengan kita. Tinggal pilih playlist dan musik secara otomatis akan mengalunkan nada-nada merdunya.

Gambar manfaat mendengarkan musik bagi manusia

Tapi, tahukah anda dibalik musik yang di pandang sederhana bagi orang awam, ternyata musik memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Tapi sayangnya ada yang masih memandang sebelah mata tentang musik. ada yang berpikir itu berisik, mengganggu ketenangan, bikin gaduh dan sebagainya. Itu mitos lama yang sebaiknya tak perlu anda yakini, karena sebenarnya musik lebih banyak memiliki pengaruh positif bagi kita.

Tentang manfaat musik dan ppengaruhnya bagi manusia, akan dijabarkan didalam penjelasan yang saya tulis berikut.

Menurut Aristoteles,musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, memberi terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Pendapat lain mengatakan, musik diartikan sebagai bahasa nurani yang menghubungkan pemahaman dan pengertian antar manusia pada sudut-sudut ruang dan waktu di mana pun kita berada. Oleh karena itu, Nietzsche, seorang filsuf jerman, meyakini bahwa musik tidak diragukan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kehidupan manusia. Sehubungan dengan itu, ia mengatakan, “without music, life would be an error.” Sementara dalam bahasa puitisnya, Khahlil Gibran yang terangkum pada buku Musik Dahaga Jiwa, menulis,”Musik adalah jemari halus yang mengetuk pintu kalbu untuk membangunkan kehangatan ari tidurnya yang lelap. Ketukan jemari itu membuat hamparan kenangan hadir kembali, setelah hilang di telan pekatnya malam. Ketukan itu membuat kenangan masa silam terbuka kembali, setelah dii selubungi berbagai peristiwa yang selalu datang silih berganti...Namun, ia juga mampu menghadirkan simpul senyuman yang keluar perlahan dari gerakan lembut sepasang bibir indah, sebagai isyarat rasa senang bahagia. Alunan nada musik adalah napas terakhir akalnya hati dan napasnya jiwa.”

Pandangan Aristoteles tadi, memberikan gambaran kepada kita bahwa dalam kehidupan ini, dalam menjalani hari-hari kita, tak hanya ada hal yang menggembirakan saja. Tetapi ada juga hal yang tidak menyenangkan juga. Entah itu sakit, sedih, kecewa dan sebagainya. Dengan musik ruang batin seseorang dapat di pengaruhi. Dengan bernyanyi atau sekedar mendengarkan lagu saja, kita bisa tahu suasana hati seseorang dari lagu atau musik yang ia mainkan. Yang pasti musik dapat memberi semangat pada jiwa yang resah, gundah, sedih, pilu dan sebagainya. Apalagi bagi seseorang yang sedang jatuh cinta, musik bisa jadi sahabat sejati yang mengerti dan mengungkapkan perasaan bahagianya. Perasaan yang gundah serta hati yang resah, dengan mendengarkan musik bisa segar dan semangat kembali. Itu baru sebagian kecil dari manfaat musik yang dapat mempengaruhi manusia, yaitu sebagai hiburan.

Sedangkan fungsi musik lainnya adalah sebagai terapi kesehatan. Ketika seseorang mendengarkan musik, gelombang listrik yang ada di otak dapat di percepat ataupun di perlambat sesuai dengan tempo musik yang di perdengarkan. Pada saat yang sama kinerja sistem tubuhpun dapat mengalami perubahan. Sehingga mampu mengatur hormon-hormon yang dapat mempengaruhi stres seseorang. Oleh karena itu, sejumlah rumah sakit di luar negeri mulai menerapkan terapi musik bagi pasien yang menjalani rawat inap, karena terbukti dapat menyembuhkan penyakit kronis. Ia bekerja pada sistem syaraf otonom yaitu syaraf yang bertanggung jawab mengontrol tekanan darah, denyut jantung, dan fungsi otak yang mengontrol perasaan serta emosi. Fungsi musik lainnya untuk kesehatan adalah dapat membantu kelahiran. Dengan mendengarkan musik, ibu hamil akan terbantu dalam menghadapi rasa sakit saat melahirkan. Selain itu juga dapat membantu seseorang yang akan menjalani operasi. Dengan mendengarkan musik, kegelisahan dan ketakutan  seseorang dapat di atasi.

Fungsi lain dari mendengarkan musik adalah dapat menumbuhkan kecerdasan otak. Ketika seorang ibu yang sedang hamil, duduk tenang, seakan terbuai dengan musik yang di perdengarkan di perutnya, maka kelak si bayi akan memiliki intelegensia yang tinggi di bandingkan dengan bayi yang di besarkan tanpa di perkenalkan pada musik. Dengan cara tertentu otakpun akan di stimulasi untuk belajar segala sesuatu lewat nada-nada musik.

Itulah beberapa manfaat musik dan fungsi musik dalam kehidupan manusia. So, mari bermusik dan rasakan sendiri manfaatnya. [BK/Hida Koma]

Manfaat Musik Dan Pengaruhnya Bagi Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif