Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Menilik Sejarah Hari Diabetes Sedunia

Sejarah hari diabetes sedunia atau World Diabetes Day dimulai sejak tahun 1991 yang diperkenalkan oleh federasi diabetes sedunia dan organisasi kesehatan dunia (WHO)sebagai respons terhadap peningkatan mengkhawatirkan diabetes di seluruh dunia .

Hari Diabetes Sedunia mengadopsi tema baru yang dipilih federal setiap tahun untuk berkonsentrasi terhadap masalah yang dihadapi penderita diabetes global . Sementara kampanye berjalan sepanjang tahun , hari ini sendiri memperingati hari lahir Frederick Banting yang , bersama dengan Charles Best , memicu ide yang menyebabkan penemuan insulin pada 1922 .

Lebih jauh tentang maksud dari peringatan Hari Diabetes Sedunia adalah suatu kampanye untuk tujuan kesadaran global dari penyakit kencing manis ( diabetes mellitus ) yang diperingati setiap tahun pada tanggal 14 November.

Setiap tahun , Hari Diabetes Sedunia berpusat pada satu tema terkait diabetes . Topik yang telah disentuh termasuk diabetes dan hak asasi manusia , diabetes dan gaya hidup , diabetes dan penanganannya , korban diabetes , diabetes pada anak dan remaja serta lainya.

Peringatan Hari Diabetes Seduia - World Diabetes Day

Saat ini diperkirakan lebih dari 340 juta orang yang hidup dengan diabetes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah orang yang meninggal karena diabetes setiap tahun akan berlipat ganda antara tahun 2005 dan 2030. Dengan begitu banyaknya penderita diabetes dunia yang semakin tahun terus meningkat membuat Badan Kesehatan Dunia terus melakukan kampanye penanganan penyakit ini.


Lebih jauh tentang diabetes, sebenarnya apasih penyakit diabetes itu? Bagi sobat yang belum tahu apa itu diabetes, ok belajar kreatif akan sedikit menjelaskannya.

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Terdapat dua  jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Jenis diabetes tipe 1
yaitu suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja.

Jenis diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Sementara mereka yang menderita diabetes sering timbul gejala sebagai berikut:

  • Berat badan menurun
  • Mata kabur
  • Luka lama sembuh
  • Haus dan banyak minum
  • Lapar dan banyak makan
  • Sering kencing
  • Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  • Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  • Badan terasa lemah
  • Mudah mengantuk

Gejala-gejala diabetes di atas sering dijumpai, tapi pada beberapa orang sering tidak dijumpai gejala sama sekali. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaaan darah di laboratorium.

Diabetes dapat terjadi kepada siapapun dan kapanpun, jadi sebaiknya lakukan pencegahan sebelum bahaya diabetes menyerang. Umunya mereka yang memiliki darah/keturunan keluarga diabetes kemungkinan terserang diabetes lebih besar disbanding mereka yang tidak ada keturunan itu. Jadi factor genetic juga berpengaruh. Selain itu diabetes juga sering menyerang mereka yang memiliki berat badan berlebih/gemuk dan usia antara 40 60 tahun.

Upaya penanganan diabetes terus dilakukan baik oleh pemerintah, organisasi kesehatan dunia dan pakar kesehatan. Namun hingga saat ini belum ditemukan cara mengobati diabetes dan penanganannya yang jelas. Usaha yang dapat dilakukan guna mencegah serangan diabetes yaitu dengan diet, menjaga pola makan yang sehat, olahraga yang teratur sehingga dapat membuat gula darah kembali normal.

Itulah sedikit tentang sejarah hari diabetes sedunia yang akan jatuh pada 14 November besok. Selamat memperingati ya!


Menilik Sejarah Hari Diabetes Sedunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif