Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Mengambil Makna Penting di Hari Kesehatan Nasional

Gambar makna hari kesehatan nasional Indonesia
Rabu, 12/11/2014 merupakan hari kesehatan Nasional Indonesia yang ke 50. Setiap tahun bangsa ini memperingati hari penting ini.

Seluruh Masyarakat Indonesia merayakan Hari Kesehatan Nasional ini dengan berbagai harapan serta tujuan. Tema Harkesnas kali ini yaitu Indonesia cinta sehat dengan sub tema "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku". Tema ini diambil karena memiliki makna penting untuk menjadikan hidup sehat sebagai budaya dari keseharian masyarakat Indonesia.

Pertanyaanya adalah, Apakah masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan, Apakah seluruh masyarakat Indonesia sudah menerapkan pola hidup sehat, Apakah pemerintah sudah menjamin kesehatan rakyat Indonesia dengan baik, adil dan merata?

Pertanyaan ini penting untuk segera dijawab. Harapan baru muncul setelah dilantiknya Presiden Joko Widodo sebagai Presiden RI ke-7. Kabinet Kerja pun telah dibentuk dan mengangkat menteri kesehatan baru yaitu : Nila Anfasa Moeloek.

Dengan adanya menteri kesehatan baru ini seluruh rakyat Indonesia tentu berharap adanya kepastian jaminan kesehatan oleh pemerintah. Sehingga tidak lagi ditemukan masyarakat tidak pergi berobat ke rumah sakit akibat tidak adanya biaya, tidak lagi ditemukan pasien tersia-siakan di RS.

Program-program penjamin kesehatan nasional seperti Jamkesmas dan Askes yang dijalankan pemerintahan sebelumnya ternyata masih belum bisa menjamin secara total kesehatan masyarakat tidak mampu. Masih banyak didapati masyarakat yang kesulitan berobat karena ditolak oleh pihak rumah sakit akibat tidak mampu membayar biaya. Ini sangat miris, bagaimana tidak Indonesia yang kaya akan hasil bumi, memiliki lahan yang subur, berhektar-hektar hutan yang kaya, serta lautan yang luas namun tidak mampu menjamin kehidupan rakyatnya.

Pernah suatau saat ada orang yang mengatakan ke saya tentang keadaan anknya di suatu rumah sakit. Karena kondisi ekonomi orang ini yang sangat tidak mampu ahirnya dia pergi ke rumah sakit untuk mengobatkan anaknya yang sakit DB waktu itu. Dia menggunakan program pengobatan gratis dengan menyerahkan KK dan KTP. Awalnya dilayani dan diterima dengan baik, namun setelah itu terdapat keganjilan disana. Pasien yang membutuhkan pertolongan cepat justru disia-siakan dengan alasan yang tidak jelas. Mungkinkah karena dia datang dengan menggunakan layanan pengobatan gratis? Bisa jadi.

Hal ini tentu tidak seharusnya terjadi. Semua petugas kesehatan harus bekerja professional dan mengutamakan keselamatan pasien, terlepas dia menggunakan layanan berobat gratis atau tidak. Toh semua itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang dokter dan petugas kesehatan lainya.
Jadi, diHari Kesehatan Nasional kali ini. semoga program-progam pemerintah kaitannya dengan  kesehatan mampu mengatasi masalah-masalah yang saya uraikan diatas sehingga Masyarakat Indonesia terjamin kesehatannya dan tidak lagi ditemukan ada masyarakat yang tidak bisa berobat ke rumah sakit dengan alasan tidak ada biaya.

Makna lain dari tema yang diusung di Hari kesehatan nasional ini bukan hanya tertuju pada kesehatan secara fisik, namun juga kesehatan secara mental dan spiritual. Kita banyak melihat maraknya kenakalan remaja saat ini. hal ini menunjukkan kesehatan mental remaja Indonesia masih lemah. Kita juga baru-baru ini dan mungkin sekarang masih hangat-hangatnya bagaimana para wakil rakyat di senayan saling serang, saling menjatuhkan satu sama lainya, berebut kekuasaan, adu kekuatan, hanya untuk memenuhi ego pribadi dan kepentingan golongannya. Padahal sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat untuk memberikan yang terbaik buat rakyat. Bekerja selayaknya dia adalah tangan panjangnya rakyat Indonesia. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Ini juga menunjukkan kesehatan mental dan spiritual mereka yang harus segera dibenahi.

Namun, terlepas dari permasalahan yang melilit bangsa ini. saya ucapkan Selamat hari Kesehatan Nasional. Harapan masih ada, kesempatan masih terbuka. Jadi, mari kita sama-sama berpangku tangan membuat Indonesia menjadi Negara yang sehat, sehat jasmani dan rohani, sehat mental dan spiritual.  Semoga!

Mengambil Makna Penting di Hari Kesehatan Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif