Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Detail Tentang Inpassing Program Penyetaraan Status Guru Non PNS 2014

Gambar program inpassing penyetaraan guru bukan pegawai negeri sipil/swasta tahun 2014

Belajarkreatif.net; Sejak tahun 2011 lalu program Inpassing mulai digulirkan untuk guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS). Program ini diperuntukkan bagi guru tetap, guru tidak tetap/GT/GTT  di PAUD/SD/SMP/SMA/MI/MTs/MA/ dan sederajat guna meningkatkan kesejahteraan guru swasta.

Program inpassing mendapat respon positif dari seluruh guru di lembaga pendidikan. Namun, sayang eksistensinya sempat hilang karena ketidakpastian aturan tentang program ini. Vakumnya pelaksanaan penyetaraan status guru swasta sejak Januari 2013 lalu sangat disayangkan. Dimana tidak banyak guru swasta yang berharap banyak dan menggantungkan kesejahteraannya dengan program ini. namun, karena kesalahan pemerintah yang tidak serius menanganinya ahirnya guru-guru yang penuh harap harus gigit jari dan kecewa. Padahal seharusnya pada April lalu dijalankan evaluasi berkas yang masuk, sehingga bisa diputuskan status penyetaraan guru swasta. Jika jadwal ini berjalan normal, pada 2014 ini guru yang sudah mengikuti penyetaraan dan bersertifikat akan mendapatkan tunjangan profesi seperti guru PNS. Yakni sekitar Rp 2 juta lebih per bulan.

P2TK yang selaku pengelola program ini menjelaskan bahwa, alasan vakumnya program penyetaraan status guru swasta ini bukan karena kesalahan kemdikbud, namun dikarenakan tidak adanya landasan hokum yang jelas pada saat itu. Karena landasan hukum pelaksanaan penyetaraan ini adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB). Permen PAN-RB dimana saat itu sedang diamandemen, jadi menunggu selesai proses amandemen.
Kini ada Kabar gembira dan harapan guru swasta untuk menerima gaji setara guru PNS nampaknya mulai ada titik terang. Di November 2014 ini program ini kembali dilanjutkan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil. Untuk memperlancar proses pelaksanaan Permendikbud Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat Bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dimaksud di atas, khusus jenjang Dikdas pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. [Sumber: p2tk.diknas.kemdikbud.go.id.]

Seluruh informasi tentang program penyetaraan guru non PNS ini dapat dilihat di website p2tk.diknas.kemdikbud.go.id dimana dia merupakan selaku pelaksananya. Penerima program penyetaraan guru ini harus sudah yang lulus seleksi dari kualifikasi akademik atau masa pengabdian. Bagi para guru yang ingin cek status inpassing, nama penerima, dan SK inpassing guru non PNS tahun 2014 dapat melihatnya melalui link dibawah ini.

Daftar Nama Dan SK Penerima Inpassing Penyetaraan Guru Non-PNS tahun 2014

Mulai 4 November 2014 program penyetaraan guru Non PNS tahap pertama mulai digulirkan. Namun, bagi para guru harus bersabar karena tidak semua guru langsung mendapatkannya. Ada syarat-syarat dan proses verifikasi data yang harus dipenuhi.

Ada dua hal yang menjadi angka kredit dan poin penting yang harus dipenuhi kaitannya dengan program penyetaraan guru Non PNS tahun 2014 ini yaitu:

  1. Kualifikasi akademik
  2. Masa  kerja,  dihitung mulai  dari  pengangkatan  atau penugasan sebagai Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil pada satuan pendidikan. Dan masih banyak lagi syarat-syarat lain yang mesti dilengkapi.

Jadi tidak semua guru non PNS dapat menerima Program Inpassing 2014 sebagai tunjangan penyetaraan status guru swasta.  Yang merasa tidak memenuhi syarat masih harus gigit jari dan bersabar menunggu giliran di tahap berikutnya. Walau begitu paling tidak dengan adanya program ini pemerintah telah membuktikan komitmennya kepada para guru swasta untuk menjamin kesejahteraanya layaknya guru PNS karena ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Kita berharap bahwa program ini benar-benar serius dijalankan oleh pemerintah dan pihak terkait. Jangan sampai seperti tahun sebelumnya yang hanya sebatas member harapan dan hilang lagi karena hal-hal yang tidak jelas. Dan program ini harus dialkukan secara merata ke seluruh guru Non PNS di wilayah Indonesia. Termasuk wilayah perbatasan dan paling plosok sekalipun. Kerana ini merupakan hak-haknya yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

Dengan adanya program penyetaraan ini, harapannya semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dan guru semakin sejahtera.

Detail Tentang Inpassing Program Penyetaraan Status Guru Non PNS 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif