Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

CARA PERAWATAN RAMBUT AGAR TIDAK RONTOK PATAH DAN BERCABANG

Rambut adalah makhkota bagi pemiliknya. Terutama bagi kaum hawa. Rambut memiliki daya tarik tersendiri bagi kaum laki-laki. Cewek yang berambut panjang di nilai lebih anggun dari pada yang berambut pendek, -namun itu hanya sebuah anggapan dan masing-masing pribadi memiliki presepsi yang berbeda-beda-. Makanya kebanyakan cewek berusaha sebisa mungkin merawat dan memelihara rambutnya agar tetap sehat dan terawat. Salah satu prolem yang sering di keluhkan oleh cewek-cewek tentang rambutnya adalah rambut patah dan rontok. Hal itu tentu akan sangat mengganggu dan merusak penampilan, bukan? Dan tak jarang cewek dibuat illfeel gara-gara rambut yang menempel di sisir, di bantal, di jilbab -misalkan buat yang berhijab-.

Ada yang beranggapan, masalah rambut rontok dan patah adalah kerena shampoo-nya. Tapi hal itu, belum tentu benar. Walaupun ada juga yang demikian. Rambut rontok dan patah karena kurangnya nutrisi pada rambut, sehingga rambut menjadi kering, mudah patah dan bahkan rontok. Berbagai solusipun di coba, ada yang dengan mengganti shampoo-nya dari merk ini ke merk itu. Ada yang dengan melakukan perawatan creambath mahal di salon. Ada juga yang belum menemukan solusinya. Nah, buat yang belum menemukan solusinya, maupun yang sudah menemukan tapi kurang puas dengan hasilnya, cobalah dengan perawatan rambut rontok yang sederhana dengan bahan-bahan yang mudah anda dapatkan.

Gambar perawatan rambut rontok, patah dan bercabang

Salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan adalah kelapa. Tentunya anda mengenal buah yang satu ini kan? Dalam buah kelapa, terutama kelapa muda terdapat kandungan VCO(Virgin Coconut Oil) yang berfungsi menutrisi rambut, sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok.

Simak beberapa langkah berikut untuk menghasilkan minyak kelapa yang bisa anda coba.
  1. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang di butuhkan. Diantaranya satu duah kelapa, parutan kelapa, pisau, wajan penggorengan, saringan kelapa dan baskom serta air secukupnya.
  2. Langkah pertama, kupas kelapa dan pisahkan dari kulit serabutnya. Lalu blibar(bahasa jawa), atau kupas kelapa dari batok kelapa yang membungkusnya.
  3. Setelah itu, kulit luar lapisan kelapa bisa di kupas bisa juga tidak. Kemudian parut kelapa tersebut, hingga menjadi bagian-bagian kecil.
  4. Peras-peras kelapa parutan tadi dengan air sehingga mendapatkan santannya.
  5. Simpan dulu santan yang di hasilkan kedalam baskom.
  6. Nyalakan kompor, siapkan wajan. Tidak usah memberi minyak goreng maupun air, tapi tuangkan santan tadi ke dalam wajan.
  7. Masak hingga mendidih.
  8. Tunggu sambil diaduk-aduk terus, hingga santan mengental dan berubah menjadi butir-butir kecil. Orang jawa menyebutnya Blondo.
  9. Setelah itu, pisahkan blondo tadi dari minyak yang menyertai. Bisa juga di saring dengan penyaring kelapa atau menggunakan kain tipis untuk memudahkan anda mendapatkan minyak kelapanya.
  10. Usahakan minyak yang di hasilkan tadi benar-benar bening dari butiran blondo tadi. Mengapa? Tujuannya agar nanti tidak mengotori rambut anda selama perawatan.

Sekarang bahannya sudah siap, tinggal perawatannya. Untuk perawatan rambut, oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut. Usahakan merata dari luar hingga ke bagian dalamnya. Tunggu sampai mengering, atau minimal  satu jam. Apabila anda melakukan perawatannya menjelang tidur, bisa juga di diamkan sampai pagi. Lebih lama lebih baik.

Kemudian bersihkan rambut dengan shampoo, dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini, minimal seminggu sekali. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan bisa di lakukan setiap hari. Lebih sering lebih bagus.

Itulah tips perawatan rambut patah dan rontok yang bisa anda coba. Buat anda yang merasa repot untuk mendapatkan santan dengan membuat sendiri, anda bisa juga menggunakan santan siap saji yang biasa ada di supermarket ataupun carefour. Selamat mencoba. (KB/Hida Koma)
CARA PERAWATAN RAMBUT AGAR TIDAK RONTOK PATAH DAN BERCABANG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif