Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Belajar Cara Menghafal Cepat Dengan Teori Yang Benar

Belajar dengan cara menghafal memang menjadi salah satu kegiatan yang dirasa berat dan tentu membutuhkan kerja otak yang tajam. Otak manusia terbagi menjadi dua yaitu belahan otak kanan dan otak kiri. Otak kanan berkaitan dengan intelegensia atau daya ingat sedangkan belahan otak kiri tugasnya berkaitan dengan estetika atau karya cipta.

Gambar belajar teori gaya cara membaca cepat


Tuhan telah menganugerahkan nikmat yang luar biasa kepada manusia berupa struktur otak yang lengkap. Karena itulah manusia dijuluki sebagai mahlluk yang paling sempurna. Perlu diketahui bahwa Otak manusia  adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atauneuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badandan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. [sumber : id.wikipedia.org/wiki/otak]

Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh manusia, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan segala pembelajaran lainnya.

Namun, tingkat kecerdasan otak manusia yang satu dengan lainya dianggap memiliki perbedaan. Perbedaan kecerdasan itu dipengaruhi oleh besar kecilnya otak pada manusia itu. Orang yang memiliki ukuran otak lebih besar dipercaya memiliki kecerdasan yang lebih tinggi disbanding mereka yang memiliki ukuran otak lebih kecil. Mungkin karena hal itulah manusia berbeda dalam hal kemampuan menghafal.

Mereka yang dikaruniai otak lebih besar akan cepat bisa menghafal materi pelajaran disbanding yang memiliki otak lebih kecil. Tetapi otak ibarat sebilah pisau yang jika terus diasah maka akan tajam dan akan tumpul jika dibiarkan tanpa diasah.

Jadi, buat kalian yang merasa daya ingatnya lemah dan sulit menghafal, jangan berkecil hati. Dengan terus berusaha dan melatih kemampuan menghafal dengan benar maka kesulitan itu akan bisa teratasi kok. Lalu, bagaimana caranya?

Kaitannya dengan cara menghafal cepat dan mudah, belajar kreatif kali ini akan memberikan sedikit tips dan solusi mudah yang bisa kalian terapkan dalam diri agar bisa cepat menghafal pelajaran maupun lainya.

Teori cara menghafal cepat

Kenali system  gaya belajar kalian

Gaya belajar menjadi salah satu hal pokok yang harus kalian kenali. Setiap manusia memiliki kecocokan sendiri dari segi gaya belajar, mungkin si A lebih cocok dengan belajar sambil mendengarkan music, tetapi berbeda dengan si B yang lebih nyaman belajar di tempat yang sepi dan hening. Jadi gaya belajar sangat penting untuk diketahui. Baca tentang Cara Belajar Efektif Dengan Rumus SQ4R.

Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar juga menjadi salah satu factor penting agar kalian mampu menghafal materi dengan baik dan cepat. Disaat kondisi badan capek atau ngantuk, maka sulit untuk bisa menghafal materi dengan benar. Jadi pilih waktu menghafal yang tepat. Baca cara Membagi Waktu Belajar.

Belajar Dengan Sistem MURDER

Apakah system MURDER itu? System murder adalah system belajar dengan mengutamakan 6 hal yaitu: Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, dan Review. Dengan system Murder ini kalian akan lebih mudah dalam belajar dan menghapal. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Untuk jawaban dan penjelasannya silahkan baca Kiat Belajar Efektif Dengan Sistem Murder.

Setelah mengetahui poin-poin diatas, maka selanjutnya adalah menjalankan tips menghafal cepat dengan cara berikut ini yang mungkin dapat juga membantu kalian.

1. Buatlah semacam singkatan
Jika kalian susah menhafal kalimat yang panjang, maka kalian bisa mengakalinya dengan membuat singkatan kalimat panjang itu menjadi satu kata saja. Bentuknya terserah bisa mengambil awalan kata atau ahiran kata dari kaimat panjang tersebut.

2. Buat materi panjang menjadi catatan kecil atau risume
Dengan membuat catatan kecil atau risume, maka kalian akan lebih mudah menhafal dan hemat energy.

3. Mengubah materi pelajaran menjadi lirik lagu kesukaan
Kalian pasti sudah menyadarinya jika menghafal lagu favorit akan lebih mudah disbanding dengan menghafal materi pelajaran. Kenapa? Karena kalian menghafal lagu didasari dengan rasa suka dan merupakan hiburan yang digemari. Namun berbeda dengan materi pelajaran yang kalian sering anggap sebagai tugas dan beban. Itulah mengapa menghafal lagu lebih cepat disbanding menghafal pelajaran. Jadi, kenapa kalian tidak menyiasati mengubah materi pelajaran menjadi sebuah lagu yang kalian suka sehingga kalianpun akan cepat menghafalnya.

4. Buatlah gambar atau bagan
Coba membuat sebuah gambar atau bagan dari materi pelajaran yang ingin kalian hafalkan dan hubungkan dengan sesuatu yang gampang kita ingat. Misalnya hukum Archimides kita dihafal dengan menggambar gelas besar berisi air, dengan telur di dalamnya dalam posisi tenggelam, mengambang atau terapung. Jadi kalian akan mudah ingat bahwa air punya daya tolak.

5. Mebaca materi pelajaran seperti membaca novel
Kalian tentu akan lebih suka membaca cerita novel disbanding membaca materi di buku pelajaran sekolah. Membaca novel akan terasa lebih asik karena disitu memuat cerita yang membuat penasaran. Dan tentu setelah membaca novel kalian akan selalu ingat jalannya cerita dalam novel tersebut bukan? Jadi kalian bisa menyiasati materi pelajaran kalian dengan membuatnya seperti sebuah novel/cerita. Dengan begitu kalian akan lebih mudah menghafal materi tersebut.

Nah, itulah beberapa tips, solusi dan cara menghafal cepat dengan metode yang baik dan benar sehingga apapun bentuk materinya kalian akan enjoy dan bisa menghafalnya. Ok. Good luck dan semoga sukses ya.

Belajar Cara Menghafal Cepat Dengan Teori Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif