Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Install Windows 7 Dan 8 Melalui Hardisk Eksternal

Cara install windows 7, 8 melalui hardisk eksternal sedikit lebih mudah daripada install windows melalui falsdisk. Namun keduanya sama-sama meninggalkan peran DVD Room yang ada pada computer/Laptop.

Install windows melalui hardisk eksternal dan flasdisk selain terasa lebih simple, ini dilakukan karena mungkin DVD room pada laptop sedang rusak atau mungkin aslinya memang Laptop tidak ada DVD Romnya.  Maka disini peran DVD Room harus kita tinggalkan dan beralih ke Hardisk eksternal atau Flashdisk.

Belajar kreatif kali ini akan sedikit berbagi pengalaman tentang cara install windows 7, 8 melalui Hardisk eksternal. Untuk install windows melalui flasdisk sobat bias cari di google search, sudah banyak kok yang berbagi tutorial tentang ini.

Cara install windows 7, 8 melalui hardisk eksternal

Install windows melalui hardisk eksternal caranya sangat mudah. Berbeda jika mengunakan falsdisk yang harus menggunakan bantuan software pembuat bootable flaskdisk ke windows 7 dulu.
Pertama yang harus sobat siapkan yaitu
  1. file /DVD installer windows 7 atau 8
  2. Hardisk eksternal
Langkah Install Windows menggunakan Hardisk Eksternal.
  1. Carannya yaitu copy semua isi DVD installer windows 7 ke dalam Hardisk Eksternal.   “INGAT” Copynya ke root yah, jangan dimasukan ke dalam folder.
  2. Setelah dicopy semua isinya, cari file “bootmgr” dan rename file “bootmgr”  yang ada di Hardisk Eksternal menjadi “ntldr”.
  3. Selanjutnya buka ctrl panel > administrative tools > computer management > disk management, dan arahkan ke partisi Hardisk Eksternal tempat menaruh file installer windows 7 tadi. Lalu klik kanan pilih “mark partition as active”
  4. Jika yang mau di install adalah computer yang sobat gunakan saat ini, maka restart komputer kemudian masuk ke bios. Namun, jika computer lain yang mau di install windows maka eject atau cabut dulu hardisk eksternal dan pasang di computer yang ingin diinstall windows. Nyalakan dan silahkan masuk ke BIOS.
  5. Setting  bios untuk first booting dari Hardisk Eksternal, setelah itu save & exit atau tekan tombol F10 di keyboard. Komputer akan boot dari Hardisk Eksternal dan instalasi windows pun dimulai.
    Sampai langkah ini tentu sobat sudah tahu langkah selanjutnya. Cara installnya sama seperti biasa sobat menginstall windows dari CD/DVD.
    “Kalau instalasi windows sudah sampai tahap restart, segera ganti setting bios untnk first boot device dari Hardisk PC sobat, jangan ke Hardisk eksternal lagi namun Hardisk Eksternalnya jangan sobat cabut dulu ya.” Karena ada langkah finalisasi yang harus sobat lakukan yang masih membutuhkan hardisk eksternal. Proses Instalasi pun akan berlanjut, sobat tunggu saja. “Kalau misalkan instalasi windows menanyakan source, browse saja ke Hardisk Eksternal”
  6. Lanjutkan instalasi sampai selesai dengan layar desktop di monitor tampil.
  7. Sampai langkah ini proses install windows 7 sudah selesai dan sobat tinggal install software office dan pendukung lainya.

Walau dipakai untuk menginstall windows, hardisk eksternal masih bisa diisi dengan data lainya. Jadi data dalam hardisk tidak perlu dihapus kecuali jika memang perlu dihapus atau hardisk sudah full. Namun, demi keamanan dan jaga-jaga jika terjadi sesuatu mungkin sobat perlu backup dulu data dalam hardisk eksternalnya.

Baca juga Cara Cepat Install Windows 10 Tanpa Ribet

Itulah cara install windows 7 dan 8 melalui hardisk eksternal. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bat sobat.
Cara Install Windows 7 Dan 8 Melalui Hardisk Eksternal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif