Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

6 Cara Mengatasi Obesitas Pada Remaja Dengan Aman

6 Cara mengatasi obesitas pada remaja dengan aman - Banyaknya remaja mengalami obesitas/kegemukan yang dapat berakibat tidak baik buat kesehatan mereka, menjadi perhatian serius bagi para ibu. Para ibu/orang tua tentu khawatir akan dampak buruk yang terjadi saat buah hati memiliki berat badan yang berlebih. Kelebihan berat badan atau obesitas tidak hanya dapat mengganggu kesehatan fisik anak. Namun masalah ini juga dapat merugikan mereka secara psikologis.

Ada beberapa factor penyebab obesitas atau kelebihan berat badan. Salah satunya adalah depresi atau stress yang dialami remaja. Remaja yang mengalami stress banyak yang tidak kontrol dengan menu dan porsi makannya. Tingkat emosionalnya tidak stabil dan membuat mereka selalu selalu lapar dan makan sebagai pelampiasannya. Hal inilah yang dapat membuatnya cepat gemuk.

Mengetahui efek negatif dan resiko obesitas diatas, maka, buat para orang tua khususnya para ibu beerikut ini ada 6 cara mengatasi obesitas pada remaja yang dapat dicoba.

Lakukan olahraga secara rutin
Olahraga atau aktivitas fisik yang bersama-sama Anda lakukan dengan buah hati Anda dapat memberikan banyak manfaat baik. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, aktivitas ini dapat memberikan Anda dan buah hati Anda waktu untuk saling berbagi dan bertukar pikiran.

Saat putra dan putri Anda tumbuh menjadi remaja, hal ini berarti Anda harus meluangkan waktu lebih untuk memperhatikan tumbuh dan kembang mereka. Cara ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghindarkan buah hati Anda dari obesitas.

Berkonsultasi dengan dokter
Saat Anda merasa bahwa buah hati Anda memiliki masalah pada kelebihan berat badan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Saat berkonsultasi Anda akan mendapatkan panduan tentang cara menghitung BMI atau Indeks Massa Tubuh serta beberapa penanganan untuk mengurangi berat badan anak Anda.

Terapkan pola makan sehat
Selain menjadi seorang emotional eater, remaja juga seringkali melewatkan waktu sarapan di rumah. Inilah yang menjadi faktor dari terjadinya obesitas. Oleh karenanya, Anda harus mengatur waktu dan pola makan yang tepat untuk buah hati Anda. Saat anak Anda tumbuh menjadi remaja, bukan berarti tanggung jawab Anda untuk menyediakan makanan yang sehat untuk mereka berhenti.

Jadilah contoh yang baik untuk buah hati Anda

Saat Anda melarang buah hati Anda untuk mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menimbulkan lonjakan berat badan, Anda pun harus bersikap sama. Jadilah contoh yang baik dengan bersikap konsekuen.

Jangan menyalahkan buah hati Anda
Seringkali ketika orang tua menemui bahwa buah hatinya mengalami obesitas, mereka cenderung menyalahkan putra-putri mereka. Hal ini dapat membuat buah hati Anda tersinggung dan membuatnya berkecil hati. Akibatnya mereka bisa saja kembali menjadi seorang emotional eater.

Jadilah teman curhat mereka
Obesitas biasanya diakibatkan karena putra dan putri Anda menjadi seorang emotional eater atau kecenderungan mengonsumsi banyak makanan saat merasa stres. Oleh karena itu jadilah teman curhat mereka agar mereka tidak merasa memikul beban stres tersebut sendirian.


Itulah cara sehat mengtasi obesitas pada remaja. Sekian dan semoga bermanfaat.
6 Cara Mengatasi Obesitas Pada Remaja Dengan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif