Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Teknik Membaca Dengan Metode KWLH

Teknik membaca dengan metode KWLH - Tujuan utama membaca adalah untuk mendapatkan informasi dan petunjuk akan sesuatu hal dalam pokok bahasan tertentu. Membaca adalah hal utama untuk mengumpulkan data. Namun metode membaca yang salah akan menyebabkan kita tidak maksimal mendapatkan data yang dibutuhkan.

Jika sebelumnya belajarkreatif telah bagikan model cara membaca cepat di postingan awal, berikut ini kami bagikan lagi metode membaca dengan teknik KWLH yang sedikit berbeda.


gambar teknik cara membaca dengan metode KWLH


Teknik membaca dengan metode KWLH adalah solusi cara membaca yang efektif dan efesien yang sering digunakan oleh para ilmuwan dalam menggali informasi.

Metode membaca KWLH itu dapat digambarkan kedalam 5 poin berikut;
  • K (know). Apa yang telah diketahui (sebelum membaca).
  • W (want). Apa yang hendak diketahui (sebelum membaca).
  • L (learned). Apa yang telah diketahui (selepas membaca).
  • H (how). Cara mendapat data tambahan.

Penggambaran tersebut menunjukkan bahwa dalam teknik membaca kritis, pembaca harus efektif mengajukan pertanyaan seputar buku yang akan dibaca dan mencoba menjawab kembali setelah selesai membacanya. Cara berikut juga bisa kalian terapkan.

  1. Teliti dan bertanyalah seputar buku tersebut.
  2. Membaca untuk menjawab pertanyaan.
  3. Menulis jawaban dan meringkasnya.
  4. Review ataumengulang.

Jika kalian belum pernah mempraktekkan cara ini sebelumnya memang akan kelihatan sulit karena umumnya kita sudah terbiasa dengan cara lama. Yakni membaca setiap kata. Dua cara diatas dapat membuatmu lebih fokus untuk mencari data yang sedang dibutuhkan. Yang penting, agar mahir menggunakan metode yang efektif adalah selalu berani mencoba dan selalu latihan.

Memang saat awal-awal mungkin belum terasa manfaatnya, namun pada saat kita memiliki bacaan yang harus dibaca banyak tetapi dengan waktu yang terbatas, maka teknik ini akan sangat membantu.

Itulah teknik membaca dengan metode KWLH yang dapat kalian coba terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.
Teknik Membaca Dengan Metode KWLH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif