Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Manfat Jahe Untuk Melindungi Jantung, Meredakan Mual dan Mengatasi Artritis

Manfaat jahe banyak sekali. Jahe merupakan jenis herbal dan rempah-rempah yang memiliki khasiat obat yang luar biasa. Jahe sangat bermanfaat untuk tubuh karena bisa membantu melindungi jantung, meredakan mual, mengatasi artritis, meredakan rasa sakit dan juga memiliki properti antiinflamasi.

Jenis-jenis Jahe

Setidaknya ada tiga jenis jahe yang ada saat ini. Masing-masing jenis jahe ini memiliki khasiat yang berbeda-beda.

gambar manfaat jehe dan jenis-jenis jahe

Jahe besar (Z. officinale Sp) ; 

Jenis jahe yang pertama yaitu jahe besar. Tipe klon jahe besar di Jawa Barat dikenal dengan sebutan jahe badak dan jahe gajah, sedangkan di Bengkulu dikenal dengan nama jahe kombongan.

Sesuai dengan nama jenisnya, jahe besar memang mempunyai rimpang lebih besar dibandingkan ke-dua klon lainnya. Berwarna kuning atau kuning muda, seratnya sedikit dan lembut. Aromanya kurang tajam dan rasanya kurang pedas. Jahe ini mengandung minyak atsiri 0,82-1,68 % dihitung atas dasar berat kering. Penggunaan untuk rempah-rempah, minuman dan makanan.

Jahe kecil (Z. officinale Var. Amarum) ;

Jenis jahe yang kedua yaitu Jahe kecil. Rimpang jahe kecil lebih besar daripada jahe merah, akan tetapi lebih kecil daripada jahe besar. Bentuk agak pipih, berwarna putih, seratnya lembut dan aromanya tidak tajam. Jahe ini mengandung minyak atsiri 1,5-3,3 % dari berat ringannya. Jahe kecil digunakan sebagai bahan baku minuman, rempah-rempah dan penyedap makanan. Di samping jahe kecil, namun masih tetap dalam satu klon adalah jahe kuning yang sering disebut jahe emprit.

Jahe merah (Z. officinale Var. Rubrum) ; 


gambar jenis jahe merah dan khasiat jahe merah



Jenis jahe yang ketiga ini yaitu jahe merah. Tipe klon jahe merah sering disebut jahe sunti. Rimpangnya paling kecil dibandingkan ke-dua klon lainnya, berwarna merah sampai jingga muda dan seratnya kasar, aroma tajam dan rasanya sangat pedas. Oleh karena itu, harga jahe merah ini paling mahal bila dibandingkan jahe lainnya. Kandungan minyak atsiri 2,58-2,72 % dihitung atas dasar berat kering. Penggunaannya lebih banyak untuk industri obat-obatan.  Lebih lanjut tentang jahe merah baca manfaat/khasiat jahe merah.

Jehe Untuk Melindungi Jantung

Jahe dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah terjadinya penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolestrol. Perlindungan tersebut bisa menghindarkan manusia dari serangan jantung dan stroke. Jahe juga dapat menstimulasi sirkulasi dan sangat manjur untuk meredakan batuk dan demam yang disebabkan oleh flu.

Meredakan Mual


Jahe sangat manjur untuk meredakan mual pagi hari selama kehamilan yang aman tanpa efek samping. Selain itu, Jahe juga sangat efektif sebagai obat mabuk laut, karena dapat mengurangi semua gejala yang berkaitan dengan rasa pusing dan muntah-muntah.

Mengatasi Artritis

Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada persendian akibat osteoartritis dan artritis rematik. Konsumsi jahe secara teratur akan membuat para penderita artritis dapat bergerak lebih fleksibel.

Gingerol, senyawa antioksidan, berkhasiat sebagai agen antiinflamasi mujarab yang dapat menekan aktivitas substansi pemicu inflamasi persendian.

Pda dasarnya, penggunaan jahe telah meluas lebih dari sekedar bumbu dapur pelengkap masakan. Menurut sejarahnya, jahe banyak digunakan mengingat manfaatnya untuk saluran pencernaan karena dapat menyejukkan lambung, menyingkirkan gas yang berlebihan, meredakan mual, dan meingkatkan penyerapan zat gizi.

Dilihat dari gizi jahe. Ada beberapa kandungan gizi yang ada yaitu: Vitamin B3, C, E, folat; kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng.

Itulah info seputar manfaat jahe yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti mual, pusing, jantung, dan sebagai obat alami lainya.
Manfat Jahe Untuk Melindungi Jantung, Meredakan Mual dan Mengatasi Artritis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif