Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

RESEP CARA MEMBUAT ES TIMUN SURI

gambar minuman es timun suri
Di kesempatan yang baik ini kembali belajar kreatif bagikan resep minuman segar dan sehat buat sobat. Yang akan kami share kali ini yaitu resep cara membuat es timun suri yang menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang.

Sebelum kami bagikan cara membuat es timun sari terlebih dahuluakan kami sedikit jelaskan tentang jenis timun ini.

Timun sari/suri adalah jenis timun yang memiliki ukuran lebih besar dari timun biasa. Timun sari sering dibuat minuman buah segar untuk pelepas dahaga ketika haus. Bagi kalangan umat muslim timun sari sering digunakan untuk meinuman buka puasa.

Timun sari memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Diantara kandungan gizi dan manfaat timun sari yaitu:

Kandungan gizi dan vitamin yang ada dalam timun suri


  1. Mengandung vitamin A Ternyata timun suri juga memiliki kandungan vitamin A, manfaatnya pada tubuh yaitu baik bagi kesehatan mata. Selain itu, timun suri juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mencegah penuaan dini.
  2. Mengandung vitamin C Vitamin C ini sangat penting bagi tubuh kita, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki sel tubuh, dan jaringan kulit yang rusak. Kandungan vitamin C yang dimiliki timun suri sangat tinggi. 5. Mengandung asam linoleat Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.
  3. Mengandung senyawa saponin Senyawa saponin yang dimiliki timun suri dapat mencegah sakit kanker dan dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh kita.
  4. Mengandung glukosa dan fluktosa Kedua kandungan yang dimiliki timun suri itu adalah kandungan yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat. Dengan mengonsumsi timun suri, Anda akan mendapatkan tambahan energi.

Manfaat timun suri yang dapat kita ambil


Sebagai buah penyegar
Timun suri menjadi salah satu buah yang dapat kita buat menjadi minuman segar. Kandungan air dan rasa daging timun suri yang khas membuat siapapun orangnya akan menikmati sensasi kesegaran minuman ini.

Vitamin A Yang Melimpah
Sebagai  sumber vitamin A. Timun suri diketahui banyak mengandung vitamin yang sangat baik dalam memelihara mata ini. Vitamin A menjaga kesehatan lapisan mata dan bahkan bisa mencegah katarak. Tak hanya itu, ternyata vitamin A juga bisa menguatkan sistem imunitas tubuh, melindungi tubuh dari serangan bakteri juga virus, membantu pembentukan gigi pun tulang, melawan radikal bebas, menyehatkan kulit, mencegah kangker, menghalau alzaimer dan masih banyak lagi lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi timun suri, Anda secara tidak langsung telah membentengi diri Anda dari berbagai penyakit.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Timun suri terdiri dari 90% air. Selain itu timun suri banyak mengandung vitamin juga mineral yang mampu mengikat racun. Dengan rutin mengkonsumsi buah timun suri, Anda akan merasakan efek ureticnya yakni pembuangan racun melalui urin. Dengan demikian, tubuh Anda akan dinetralkan atau dengan kata lain didetoksifikasi dari racun yang bisa merusak tubuh.

Sumber Energi Yang Mudah Diserap Tubuh
Manfaat timun suri lainnya adalah sebagai sumber energi yang nikmat dan tentu mudah dicerna oleh tubuh. Secara klinis, buah timun suri mengandung glukosa dan juga fluktosa. Kedua zat ini dikenal baik untuk tubuh dan merupakan sumber energi yang ramah dan mudah diolah. Karenanya, tidak heran jika banyak orang yang lebih nyaman berbuka puasa dengan timun suri sebab cepat memulihkan energi setelah seharian tidak mendapat asupan gizi.

Melawan Kangker Lebih Kuat
Seperti sedikit disinggung sebelumnya bahwa salah satu manfaat timun suri adalah melawan kangker sebab kaya akan vitamin A. Khasiat melawan kangker ini ternyata juga diperkuat oleh kandungan timun suri lainnya yakni senyawa saponin. Senyawa saponin diketahui sangat ampuh menghambat pertumbuhan kangker dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Cara Membuat Minuman Es Timun Suri


Bahan-bahan dasar 

  • 1 buah timun suri (bentuknya seperti timun biasa, Cuma lebih besar dan berwarna kuning).
  • ½ gelas gula pasir atau menurut selera, 3-4 gelas air matang.
  • ES batu yang sudah dihancurkan, secukupnya.

Cara Membuat

  1. Serutlah timun memakai serutan kelapa, bentuk kecil memanjang atau dengan serutan yang dibuat sendiri dari tutup botol.
  2. Campur bahan lainya, aduk sampai gulanya larut. Hidangkan dengan diberi es batu.
  3. Minumlah ketika cuaca panas, atau sedang dahaga karena akan terasa lebih nikmat.

Dengan cara membuat minuman es timun sari ini. Kini sobat bisa mencobanya di rumah untuk hidangan keluarga atau teman.

RESEP CARA MEMBUAT ES TIMUN SURI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif