Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Belajar Yang Baik Dengan Sistem MURDER

Cara belajar yang baik tentu menjadi sebuah strategi belajar yang harus dilakukan oleh semua orang untuk memudahkan dalam memahami materi secara mendalam. Khusunya bagi mereka para pelajar yang masih menempuh pendidikan dan bangku sekolah atau universitas. Belajar atau menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi setiap orang, dengan belajar yang benar kita akan menjadi pintar dan banyak pengetahuan baru yang bisa didapat.

Pepatah mengatakan "Rajin pangkal pandai, Malas pangkal bodoh". Pepatah di depan memberikan pesan bahwa jika ingin pandai kita harus rajin belajar. Semua orang pintar itu pasti melalui proses belajar yang sungguh-sungguh dengan rajin dan tekun. Pintar tidak bisa didapatkan dengan malas belajar.

Kaitannya dengan sistem belajar, setiap orang memiliki gaya belajar yang mungkin berbeda dari orang lain. Ada yang suka belajar menyendiri di tempat yang sepi dan hening jauh dari kebisingan. Namun, ada pula yang lebih cocok belajar dengan mendengarkan musik atau rame-rame bersama-sama teman.
Ada banyak gaya ekali belajar itu, tetapi terkadang untuk dapatkan hasil yang maksimal kita harus mengenal dan menguasai sitem belajar yang efektif, kreatif dan efesien.

Kaitannya dengan cara belajar yang baik berikut ini ada salah satu sistem yang bisa kalian coba terapkan yaitu SISTEM MURDER. Sistem ini bisa kalian terapkan sebagai strategi pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bob Nelson menjelskan dalam bukunya The Complete Problem Solver  bahwa salah satu sistem belajar efektif dan efesien yaitu dengan sistem MURDER.

Sistem MURDER ini bukanlah sistem bagaimana cara melakukan pmbunuhn loh, tetapi merupakan kepanjangan dari Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, dan Review.

Mood diartikan sebagai suasana hati. Dalam belajar suasana hati kalian akan sangat mempengaruhi hasilnya lho. Mood berpengaruh terhadap mudah tidaknya kita memahami pelajaran yang kita terima. Agar dapat belajar dengan efektif, ciptakanlah selalu mood yang positif untuk belajar.

Untuk melakukan itu caranya adalah dengan mengatur waktu belajar, lingkungan, dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadi kalian. Lebih lengkapnya baca metode belajar cepat yang efektif.

Understand artinya adalah pemahaman, lebih mengarahkan kalian untuk mencoba menyelami kata-kata yang belum kalian mengerti. Tandai dan tulis kata-kata tersebut di tempat yang berbeda. Lalu coba diskusikan dengan kelompok belajar atau tanya kepada gurumu jika sobat belum menemukan pemahaman dengan kata-kata tersebut.

Recall atau mengulang. Jangan pernah jenuh untuk mengulang pelajaran yang pernah kalian terima. Setelah membaca secara efektif dan memahami semua materi, kalian bisa berhenti sejenak untuk mencernanya. Namun, ulang kembali materi tadi dengan kata-kata kalian sendiri.

Digest disini maksudnya yaitu telaah. Kalian harus menelaah kembali soal-soal yang tidak kalian mengerti tadi. Pelajari materi-materi tadi dan lihat kembali keterangan-ketrangan dalam buku. Cari referenasi lain yang memungkinkan sehubungan dengan persoalan tadi.

Expand artinya adalah mengembangkan. Kembangkan materi yang sedang kalian pelajari dengan menanyakan tiga persoalan ini.

  1. Pertama. Andaikan saya bertemu dengan penulis materi tersebut, kira-kira  pertanyaan atau kritik apa yang yang ingin saya ajukan?
  2. Yang kedua. Kira-kira bagaimana ya saya bisa mengaplikasikan materi tersebut kedalam hal-hal yang saya sukai?
  3. Ke tiga. Saya yakin bisa membuat materi ini jadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa yang lain. Namun, bagaimana ya caranya?
Image creative learning, cara belajar kreatif yang baik dan benar.

Review atau mempelajari kembali, dimaksudakan  agar kamu tetap mempelajari kembali materi tersebut meskipun telah dibahas di kelas.  Ingat-ingat terus strategi yang kalian gunakan saat belajar tadi. Strategi yang telah membantumu mengerti dan mengingat  semua materi yang telah dipelajari, dan terapkan metode tersebut untuk belajar berikutnya.

Itulah beberapa kiat cara belajar dengan sistem murder sehingga kita akan mudah memahami isi dan makna materi yang dipelajari. Selamat mencoba sistim ini dan semoga berhasil.
Cara Belajar Yang Baik Dengan Sistem MURDER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif