Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Cara Mencegah Tertular Virus MERS Timur Tengah

gambar Cara mengatasi dan mencegah penularan virus MERS
Mengetahui cara mencegah dan menghindari tertular virus MERS ini penting untuk  sobat yang sedang berada atau ingin pergi ke Arab Saudi.

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) adalah penyakit yang sedang hangat dan menjadi pusat perhatian dunia khususnya Arab Saudi yang menjadi tempat utama munculnya penyakit MERS ini. Penyakit ini “MERS” disebabkan oleh serangan virus korona. Virus ini menyerang ke saluran pernafasan bawah (paru). Orang yang mengalami infeksi virus ini akan mengalami demam tinggi, batuk dan sesak nafas. Pada paru terjadi radang paru akut (Pneumonia) dan mudah terjadi komplikasi pada ginjal sampai gagal ginjal. Angka kematian cukup tinggi, sampai saat ini hampir 25 % kasus MERS meninggal.

Namun, penyakit ini menurut beberapa pakar kesehatan dunia masihlah tergolong ringan tidak sehebat kasus flu burung. Walau begitu Penyakit MERS menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia. Hal ini sangatlah wajar karena banyak warga Indonesia yang tinggal dan berada di Arab Saudi. Banyak TKI Indonesia dan Jamaah Umrah yang datang kesana. Tak pelak jika kekhawatiran terjadi di tanah air. Apalagi sudah ada buktinya di Medan dan Bandung terdapat pasien yang terkena penyakit MERS.

SINDROM PERNAPASAN TIMUR TENGAH (MERS)

GEJALA UTAMA

  • Sebagian besar inveksi MERS-Cov berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala demam, batuk, napas pendek, sesak napas, dan sulit bernapas.
  • MERS juga bisa menyebabkan diare dan dapat menyebabkan komplikasi radang paru dan gagal ginjal.
  • Penularan antar manusia dalam satu kelompok ditemukan, tetapi tidak ditemukan penularan antar kelompok.

PENCEGAHAN MERS

  • Tutup hidung dan julut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Hindari kontak secara dekat dengan orang yang menderita sakit.
  • Menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh.
gambar perbedaan penyakit MERS, Flu Burung dan SARS

Untuk mencegah hal berikutnya yang lebih buruk maka Kemenkes mengeluarkan tips dan cara pencegahan penularan virus MERS.

1. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), termasuk di antaranya makan makanan bergizi dan cukup istirahat. Hal ini penting karena penyakit ini kerap muncul akibat ketidakseimbangan sistem didalam tubuh.

2. Rajin dan sering-sering Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Secara ilmiah kebiasaan baik ini sudah terbukti dapat mencegah penularan penyakit.

3. Gunakan masker bila sedang di tengah keramaian atau di dalam kerumunan orang banyak.

4. Bila memiliki penyakit kronis check up dulu sebelum berangkat ke Arab Saudi, seperti diabetes melitus, penyakit jantung, paru, gangguan ginjal atau penyakit kronis lain. Jangan lupa juga selalu konsumsi obat yang diberikan secara teratur.

5. Segera konsultasi dokter bila mengalami keluhan batuk, demam dan sesak, serta memburuk pada 1-2 hari, saat berada di Arab Saudi.

6. Konsultasi lagi setelah pulang dari arab saudi, bila dalam kurun waktu 14 hari sampai di Tanah Air mengalami keluhan serupa seperti batuk, demam dan sesak, serta memburuk pada 1-2 hari, jangan lupa informasikan bahwa sobat baru pulang dari Arab Saudi.

7. Selalu amati informasi terbaru tentang virus MERS Karena info MERS ini berubah dari hari ke hari, maka tak ada salahnya sobat selalu mengikuti berita mutakhir tentang perkembangan virus baru tersebut.

Tips bagi yang mau berangkat umrah atau ke Arab Saudi agar terhindar dari Virus MERS



Bagi sobat para jamaah umrah, ada beberapa tips menghindari penyakit MERS dari Dr. Ari F Syam. Mantan petugas kesehatan haji reguler dan ONH plus. Yang termuat di laman health.kompas.com.

  1. Bagi orang usia lanjut diatas 60 tahun dengan penyakit kronis dianjurkan tidak berangkat.
  2. Bagi jemaah dengan penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) juga dianjurkan untuk tidak berangkat.
  3. Sebaiknya jemaah yang akan berangkat dalam keadaan sehat dan tidak sedang mengalami infeksi.
  4. Selama berada di Arab Saudi terutama jika sedang berada kerumunan sebaiknya selalu menggunakan masker terutama masker N95. Masker ini untuk orang sehat dan bertujuan untuk mencegah terhirup virus dan partikel halus.  
  5. Selalu mencuci tangan pakai sabun baik sebelum dan sesudah makan dan selalu kontak dengan sesuatu yang juga disentuh oleh orang lain.
  6. Tetap makan dan minum cukup.
  7. Konsumsi buah dan sayuran.
  8. Usahakan tetap tidur cukup minimal 6 jam dalam 24 jam selama berada di tanah suci.
  9. Menghindari makanan dan minuman  yang manis, gorengan dan minuman yang dingin.
  10. Jika demam dan batuk saat di Arab Saudi atau setelah pulang umrah segera datang berobat ke Rumah Sakit.

Demikian beberapa tips dan cara mencegah/menghindari tertular virus MERS bagi sobat yang berada di Arab Saudi atau merencanakan berangkat kesana. Setelah kasus meninggalnya 1 jamaah umrah asal Mesir akibat MERS, kini semakin hari semakin bertambah pasien MERS di seluruh dunia.
Cara Mencegah Tertular Virus MERS Timur Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif