Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Teknik Dasar SEO Yang Harus Dikuasai Blogger Pemula

Gambar teknik dasar SEO bagi pemula untuk optimasi website/blog
Teknik dasar SEO yang harus dikuasai blogger pemula - Teknik SEO sangat penting diketahui bagi seorang blogger atau pemilik website yang ingin mengoptimalkan situsnya agar memiliki indek bagus dan menempati halaman 1 di mesin pencari.

SEO merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari sebuah blog/website. Blog yang memiliki SEO bagus maka tentu akan menjadi pemenang dan banyak pengunjung.

Bagi para master  Seo yang memang memiliki skill dibidang SEO, berbicara tentang optimasi SEO merupakan makanannya sehari-hari. Jadi sudah menjadi bukan hal yang sulit dan membingungkan lagi mengenai hal ini. Kalian yang pemula tidak perlu tergiur dan terobsesi dulu dengan teknik SEO tinggi.

Search engine optimation (SEO) bagi yang masih awam memang terasa sulit dan membingungkan. Apalagi jika membaca beberapa tutorial di internet atau lainya dari para master yang berbeda-beda. Tentu akan tambah mumet lagi karena bisa jadi master Seo 1 dan master Seo 2 berbeda teknik dan caranya dalam menjelaskan tentang SEO blog/website. Jadi akan lebih bagus sebagai pemula yang ingin belajar Seo untuk memahami teknik dasar Seo terlebih dahulu sebelum masuk ke tingkatan yang lebih tinggi.

Untuk sobat yang masih pemula dalam belajar SEO sebaiknya menguasai dulu teknik dasar SEO penting bagi pemula berikut ini.

Mengenal Optimasi On Page


SEO secara umum terbagi menjadi dua bentuk yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Dalam SEO dasar kalian harus tahu tentang optimasi on page. Optimasi On Page sendiri merupakan langkah optimasi yang dilakukan di dalam website/blog itu sendiri. SEO On page optimation dimaksudkan agar search engine mengenali dan mengindex website/blog kita dengan sangat bagus. lalu, apa hal paling pokok yang harus dilakukan dalam Optimasi On Page ini. Kalian bisa baca cara membuat blog SEO dimata search engine.

a. Penggunaan Keyword di Judul log

Keyword adalah senjata utama yang akan dibaca oleh search engine, dengan memberi penekanan terhadapkeyword kita, yang diletakan di judul website, memberiakan andil tersendiri di mata spider google. Jelasnya keyword adalah kata kunci yang kita gunakan pada judul blog sebagai identitas blog sobat. Judul blog yang bagus adalah yang berkaitan dengan deskripsi dan isi konten blog yang akan di postingkan.

b. Penggunaan Tag H1 dan H2

Tag H1 dan H2 menjadi sangat penting bagi blog jika sudah berbicara dengan SEO. Biasanya Tag H1 adalah judul, dan Tag H2 adalah sub atau deskripsi. Letakan keyword utama kita di antara tag H1 dan letakan sub keyword diantara H2. Dalam banyak kasus tag H2 digunakan untuk judul artikel. Usahakan tag H1 yang telah diisi keyword tadi diletakan paling kiri atas halaman.

c. Gunakan jenis Bold, italic, atau underline di kata kunci

Sebagian ada yang menggunakan teknik ini untuk lebih mengoptimalkan index artikel mereka. Sebagai penekanan untuk keyword, gunakan bold, italic, atau underline pada beberapa keyword di artikel, masing-masing satu kali. Saya tidak menganjurkan sobat untuk menggunakan teknik ini, karena saya sendiri juga belum begitu sepaham. Namun sebagian master SEO menganjurkan teknik ini.

d. Penempatan keyword Utama yang tepat dan sesuai.

Letakanlah keyword utama pada awal halaman dan pada dekat-dekat akhir halaman. Untuk keyword pada akhir halaman letakanlah dibagian copyright. Hati-hati, jangan menumpuk keyword secara berlebihan, berdekatan dan berulang-ulang. Kondisi ini justru akan mengakibatkan penilaian buruk oleh search engine.

e. Mengatur Tata letak navigasi
salah satu yang sobat harus urus dalam optimasi SEO adalah tata letak navigasi yang ada di blog/website sobat. Tata letak juga berpengaruh dalam hasil pencarian. Spider google membaca halaman dari pojok kiri atas ke kekolom sebelah kiri kemudian ke body halaman sebelah kanan. Maka disarankan untuk penempatan link navigasi seperti menu atau kategori disebalah kiri. Sehingga google akan membaca halam konten sobat terlebih dahulu sebelum link navigasi di blog/website sobat.

f. Gunakan keyword pada Alt Image dalam setiap gambar artikel yang ada di postingan.
Alasan penggunaan Alt Image ini yaitu untuk mempertegas kata kunci kita dimata mesin pencari.

g. Permalink

Permalink digunakan untuk mempermudah pengunjung membaca link judul artikel kita di address bar. Selain nilai keindahan yang didapat, permalink juga digunakan sebagi penguat keyword. Google membaca link-link yang terdapat pada sebuah halaman kemudian mengindexnya. Jika permalink sobat berbentuk seperti ini : www.nama_blog.com/dd/mm/yyyy/54321.php?post=21, Maka akan lebih baik di mata google jika berbentuk seperti ini: www.nama_blog.com/teknik_dasar_seo.html.

h. Anchor Link

Karena google membaca link, dalam penggunaan Anchor link ada beberapa ketentuan. Untuk Situs-situs yang kita masukkan linknya di artikel kita, sebaiknya menggunakan tambahan tag rel=nofollow pada link tersebut. Namun sebagian blogger ada yang menambahkan link artikel blognya di artikel untuk memperkuat kata kuncinya.


2. Optimasi Off Page


Setelah optimasi On Page maka selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah optimasi Off Page . teknik yang nomor dua ini adalah optimasi seo yang tidak berhubungan lansung secara teknik terhadap blog/website kita. Optimasi Off page sangat penting terhadap peringkat kita di mata mesin pencari disamping optimasi On Page di atas. Lalu, bagaimana cara dan teknik optimasi Off Page ini? Akan kami jelaskan sedikit dibawah ini.

Menurut saya yang terpenting dalam optimasi Off Page adalah Backlink. Backlink adalah link blog kita yang secara aktif terpasang di blog/website lain dan yang secara langsung terhubung ke blog kita. baik di home page atau di halaman artikel. Blog yang memiliki backlink banyak, bagus dan berkualitas tentu akan menjadi pemenang di search engine dan banyak pengunjung. Selengkapnya baca cara dapatkan backlink berkualitas.

Memperkenalkan domain blog/ URL blog kepada teman, kerabat, saudara juga akan membantu membuat blog sobat dikenal dan mendapatkan pengunjung.

Nah, itulah sedikit share tentang teknik dasar SEO bagi pemula yang penting untuk diketahui bagi kalian yang masih tahap belajar. Semoga bermanfaat.
Teknik Dasar SEO Yang Harus Dikuasai Blogger Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif