Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Mengetahui Pengertian CC Pada Motor

Mengetahui pengertian CC pada mesin motor - Setiap jenis motor memiliki ukuran cc yang berbeda-beda antara jenis motor satu dengan lainnya.  Ukuran CC pada motor ini akan menentukan kekuatan tenaga pada mesin motor itu sendiri. Mungkin semua sobat sudah sering dengar tentang kata CC ini pada motor. Namun, apakah sobat sudah tahu tentang pengertian CC pada motor?.

Mungkin sebagian dari sobat sudah mengetahuinya tetapi saya yakin belum semuanya. Maka, kali ini bagi sobat yang belum tahu belajar kreatif kasih sdikit penjelasan tentang CC motor ini.

cara mengetahui cc motor, pengertian cc mesin motor
Sebelumnya belajar kreatif sudah pernah share tentang perbedaan motor 4 tak dan motor 2 tak di beberapa waktu lalu, dan untuk melengkapinya berikut ini kami bahas tentang pengertian CC pada motor.

CC adalah singkatan dari Cubical Centimeter (Cm3). Yang dimaksud ialah isi/volume cylinder dalam satuan Cm3. Hingga besar cylinder = CC motor. Isi cylinder menentukan banyaknya gas yang masuk kedalam cylinder waktu motor mengadakan gerak isap. Kesimpulan setiap motor bahwa semakin besar CC yang dimilikinnya semakin besar pula tenaga yang ditimbulkan. Biasanya dalam buku petunjuk spesifikasi motor, besarnya isi cylinder ditulis dengan Displacement … CC. volume cylinder bisa dihitung apabila diameter Cyl (Bore) dan panjang gerak Zuiger (stroke) diketahui ukurannya. Hasilnya diketahui dalam ukuran CC tidak jauh dari type motor yang bersangkutan.

Contoh:
Suatu motor memiliki Bore = 50 mm,
Stroke = 45 mm.
Maka volume cylinder dapat dihitung sebagai berikut:

V = IID2.S.x1/4

= 3,14 x (5)2x4,5 Cm2
               4

= 353,25 CC  = 88,31 CC
          4

Jadi volume cylindernya = 88,31 CC dan terbukti volume ini ada pada kendaraan Honda type S90z.
Demikian juga untuk kendaraan jenis Honda Benly yang Displacementnya = 150 CC, Yamaha RX 100 = 97 CC. dari sini bisa kita ketahui bahwa perbedaan antara kedua jenis motor diatas menunjukkan Honda Benly lebih besar tenaga yang dihasilkan.

Juga untuk beberapa jenis motor yang lainnya bahkan lebih besar tenaga yang dihasilkan tetapi kecepatan motor itu tifak bisa kita ukur dari besarnya tenaga.
Mengetahui Pengertian CC Pada Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif