Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Tips Menjaga Konsentrasi Tetap Aktif Belajar Didalam Kelas

BELAJARKREATIF.NET; Agar mudah menerima dan memahami semua materi mata pelajaran yang diajarkan oleh guru di kelas setiap harinya. Memang dibutuhkan strategi khusus dalam belajar. Kondisi badan dan mental seorang pelajar terkadang tidak menentu. Usia remaja adalah kondisi dimana mereka memiliki emosi yang labil dan tidak menentu. Memang, usia muda adalah usia seseorang memiliki tingkat kecerdasan serta mudah mengingat tentang suatu hal. Namun, dalam kondisi tertentu hal ini bisa menghambat proses belajar mereka, khususnya belajar dalam kelas.

gambar anak menjaga konsentrasi tetap aktif dan kreatif belajar dalam kelasSebelumnya belajar kreatif sudah pernah memberikan uraian tentang tips menjadi juara kelas dan tips belajar efektif dan produktif, Nah, kali ini untuk melengkapi uraian yang sebelumnya kami bagikan buat kalian agar tetap memiliki konsentrasi dan selalu aktif dalam belajar di kelas setiap harinya.

Agar semua itu tercapai ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan;
  • Tentu untuk agar menjadi anak yang pitar kalian harus rajin belajar. Gunakan waktu belajar kalian sebaik-baiknya.
  • Pilihlah metode belajar yang sesuai dengan gaya pribadi kalian. Lebih jelasnya untuk memahami tentang metode belajar ini baca postingan kami sebelumnya yaitu jenis metode belajar efektif
  • Selalu kerjakan PR di rumah, Jangan sesekali mengerjakan PR di kelas di hari yang guru tentukan. Apalagi mengandalkan teman untuk menyontek kerjaanya. Mengerjakan PR dikelas akan mengganggu konsentrasi kalian dalam belajar. Kalian akan tidak focus dengan pelajaran karena konsentrasi kalian terbagi dengan tugas PR pelajara lain. Ini berbeda jika PR kalian sudah selesai dikerjakan di rumah, kalian akan tenang dan siap menghadapi semua pelajaran yang akan disampaikan di kelas.
  • Usahakan datang ke sekolahan lebih awal, minimal 10 menit sebelum bel masuk kelas di bunyikan. Jangan sampai terlambat, maka jika kalian terlambat konsentrasi kalian akan buyar karena tergesa-gesa dan belum lagi memikirkan sanksi atau peringatan bahkan omelan dari guru akibat kalian terlambat.
  • Jangan lupa selalu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah biar badan kalian fit dan tetap sehat. Dalam kondisi lapar maka konsentrasi kalian akan buyar, bikin kalian ngantuk dan lemes.
  • Jangan banyak ngelamun. Kebiasaan ngelamun akan membuat kalian malas. Isilah waktu kosong untuk sekedar membaca atau mengulang pelajaran.
  • Agar selalau aktif di dalam kelas, kami sarankan kalian mengubah sikap dan cara duduk saat belajar. Biasakan untuk belajar dengan sikap  duduk tegak tapi santai. Selain baik untuk kesehatan, posisi duduk ini juga bisa melancarkan peredaran darah, sehingga darah mampu mengalir sampai ke otak.
  • Dalam belajar di kelas, sebaiknya usahakan kamu duduk di posisi depan. Selain untuk menghindari gangguan teman yang suka bercanda ini juga akan membuat kalian tidak sulit mendegar penjelasan guru dan mencatat pelajaran di papan tulis.
  • Pilihlah lingkungan belajar yang tenang dan nyaman. Di lingkungan seperti ini proses belajar kalian akan berjalan dengan baik dan tetap fokus dengan materi pelajaran.
  • Selalu sukai dan cintai setiap mata pelajaran yang ada, cintai juga setiap guru kalian. Ini akan membuat semangat kalian tetap membara dalam belajar. Sebaliknya jangan sesekali membenci pelajaran dan guru. Ini akan membuat proses belajarmu terganggu sebab kalian tidak semangat karena benci pelajaran atau guru tertentu.
  • Jangan habiskan waktu untuk main game sepulang sekolah, Jika mungkin biasanya sepulang sekolah kalian main game sampai berjam-jam. Maka sebaiknya hilangkan kebiasaan itu, atau sedikit demi sedikit kurangi. Main game akan menguras tenaga dan konsentrasi kalian. Dan usahakan lakukan jalan-jalan keliling lingkungan rumah seiap kali habis main game, ini akan membuat pikiran kalian segar dan fress kembali.
  • Selalu persiapkan buku-buku pelajaran dan pastikan semua PR sudah dikerjakan dimalam hari sebelum tidur. Ini akan membuat pikiran kalian tenang dan siap menghadapi dan menerima semua pelajaran di kelas esok harinya.
  • Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan semua buku yang dan perlengkapan lain yang kalian butuhkan di kelas sudah kalian bawa dan tidak ada yang ketinggalan. Kondisi ini akan membuat pikiran kalian tenang dan nyaman dalam belajar dalam kelas.
Bagaimana, kalian mengerti maksudnya kan. Silahkan dicoba tips diatas dan semoga berhasil.
Tips Menjaga Konsentrasi Tetap Aktif Belajar Didalam Kelas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif