Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

3 Jenis Bank Di Indonesia Berdasarkan Kepemilikannya

Setidaknya ada 3 jenis-jenis bank di Indonesia berdasarkan kepemilikannya. Hukum di Indonesia membolehkan dan memberikan kesempatan bagi siapapun orang asing untuk membangun usahannya di Negara ini. termasuk dalam dunia perbankkan. Walau begitu undang-undang Indonesia tetap mengatur hak dan kewajiban bagi setiap usaha milik asing yang ada.

Bicara mengenai bank di Indonesia, Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, dan bank milik swasta asing. Dalam postingan sebelumnya juga telah belajar kreatif bagikan tentang jenis bank menurut fungsinya dan penjelasan tentang bank dan lembaga keuangan lainya.

Pengertian bank sendiri adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.  Sementara kata bank berasal dari bahasa Italia banca berarti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut undang-undang perbankan, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.  [dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Bank].


Bank of Indonesia

Melihat definisi bank diatas jelas bahwa bank sangat besar peranannya bagi masyarakat dan Negara. Mengenai hal ini sudah kami jelaskan dalam postingan sebelumnya. Sobat yang belum baca bisa melihatnya dalam daftar artikel terkait dibawah. Atau pergi ke kolom kategori di blog ini.

Kembali ke pokok bahasan tentang jenis bank berdasarkan kepemilikannya , dalam hal ini ada tiga jenis yaitu;

1. Bank Milik Pemerintah

Bank pemerintah adalah bank di mana baik akta pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah, sehingga seluruh keuntungan bank dimiliki oleh pemerintah pula. Contohnya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri. Selain itu ada juga bank milik pemerintah daerah yang terdapat di daerah tingkat I dan tingkat II masing-masing provinsi. Contoh Bank DKI, Bank Jateng, dan sebagainya.

2. Bank Milik Swasta Nasional

Bank swasta nasional adalah bank yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional serta akta pendiriannya pun didirikan oleh swasta, begitu pula pembagian keuntungannya juga dipertunjukkan untuk swasta pula. Contohnya Bank Muamalat, Bank Danamon, Bank Central Asia, Bank Lippo, Bank Niaga, dan lain-lain.

3. Bank Milik Asing

Bank jenis ini merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri, baik milik swasta asing atau pemerintah asing. Kepemilikannya dimiliki oleh pihak luar negeri.Contohnya ABN AMRO bank, City Bank, dan lain-lain.

Demikian artikel tentang 3 jenis bank di Indonesia menurut kepemilikannya. Semoga info ini bermanfaat. Mohon maaf jika mungkin penjelasannya kurang lengkap.
3 Jenis Bank Di Indonesia Berdasarkan Kepemilikannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif