Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

TIPS CARA MENGHADAPI PIKIRAN STRESS

Belajarkreatif.net - Stress merupakan sebuah kondisi yang dimana setiap orang pasti pernah mengalaminya. Tips cara menghadapi pikiran stress ini belajar kreatif bagikan untuk sobat semua yang menjelaskan bagaimana cara menghadapi stress dan langkah yang harus diambil ketika kita dalam keadaan stress.

Stress memang bukan salah satu penyakit yang ekstrim dan mematikan, namun stress dapat memberikan efek yang tidak baik terhadap semua aktivitas sobat. Seseorang yang dalam keadaan stress kondisinya akan menjadi labil, mudah marah dan tidak terkontrol. Kurang percaya diri serta daya ingatnya pun akan turun.

Sojourner Truth, Seorang berkebangsaan Amerika mengatakan, “It is the mind that makes the body.” Yang artinya yaitu : pikiranlah yang banyak mempengaruhi kondisi tubuh kalian. Jika pikiran kalian sakit atau selalu berpikir negative, maka tubuh kalian pun bisa menjadi sakit. Sebagai contoh, saat kalian sedang dalam masalah dan banyak pikiran pasti kalian tidak nafsu makan kan?, Nah, inilah yang membuat tubuh kalian ahirnya menjadi sakit. Ada ungkapan bahwa “Pikiran yang sehat terletak pada jiwa yang sehat, jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat, badan yang sehat terletak pada tubuh yang kuat”. Hehehe. ngarang D.

Tanda-tanda stress

Tanda-tnda dan gejala stress bisa dilihat dari kondisi mental, sosial, dan fisik kalian. Biasanya gejala stress muncul saat kelelahan, mulai kehilangan nafsu makan atau justru sebaliknya, nafsu makan kalian jadi meningkat. Tnda lain yaitu sering sakit kepala, sering menangis, sulit tidur, atau bahkan suka tidur berlebihan. Perasaan was-was, frustasi, atau badan lesu dapat muncul bersamaan dengan stress.

Tips cara menghadapi stress


Untuk menghadapi stress maka sobat harus lebih dulu mengerti tentang manajemen stress. Apa itu manajemen stress? Manajemen stress adalah kemampuan kita untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada di sekitar menuntut perhatian yang berlebihan. Manajemen stress akan meningkatkan ketahanan diri seseorang ketika masalah datang. Jadi, perkuatlah mental dan selalu berfikir positif. Untuk menghindari stress kalian harus bisa memanage stress sejak dini. Nah berikut beberapa cara menghadai dan memperkuat diri ketika kita sedang stress.
  • Jika terjadi masalah, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Perhatikan lingkungan sekitar. Coba lihat lagi apa yang sebenarnya terjadi dan coba teliti seluk beluk permasalahan yang benar dan ambil kesimpulan yang objektif. Lihat, adakah sesuatu yang dapat kalian lakukan untuk mengubah ataupun mengendalikannya.
  • Jika dalam kondisi pikiran yang tidak stabil, sebaiknya menjauhlah dari situasi-situasi yang dapat menekan pikiran atau mental kalian. Berik kesempatan pada diri untuk beristirahat walau hanya sejenak. It’s time for rest, OK!
  • Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Cobalah untuk tidak panic saat kalian dihadapkan pada suatu masalah. Jangan terlalu mendramatisasi masalah yang sudah ada. Prioritaskan hal-hal lain yang benar-benar penting dan butuh perhatian lebih. Cobalah ubah cara kalian bereaksi dalam menanggapi masalah.
  • Cobalah berfikir tenang dan fokus pada satu masalah dan ambil hal yang paling mudah dulu. Berusahalah untuk tenang dan sabar serta mengendalikan diri.
  • Jangan terlalu emosional dalam menanggapi suatu masalah.
  • Istirahat dan makan yang cukup. Kurang istirahat hanya akan memperburuk stress.
  • Jangan sesekali mencoba mengobati sendiri atau menghindarinya dengan cara-cara yang negative seperti mengkonsumsi obat-obat terlarang dan minum-minuman keras seperti alcohol. Karena itu semua tidak akan menyembuhkan, bahkan sebaliknya hanya akan memperkeruh masalah yang kalian alami.
  • Lakukan meditasi, ini untuk menenangkan pikiran, ruh dan jiwa kalian. Untuk cara meditasi sudah belajar kreatif bagikan, silahkan baca di tips cara sederhana meditasi untuk tenangkan jiwa.
  • Jangan bebani diri dengan tugas dan tanggung jawab yang berlebihan. Dan jangan juga mengeluhkan tugas dan beban yang kalian rasakan, ingat masalah tidak akan selesai jika kalian hanya mengeluh. Pilah mana yang bisa kalian tangani sendiri saat ini dan mana yang harus kalian tangani nanti. Kalau perlu Jangan sungkan-sungkan minta bantuan kepada teman, saudara dan lainya untuk menyelesaikan tuga dan beban sobat.
  • Ubahlah cara pandang dalam bersikap. Coba untuk selalu berfikir positif akan segala hal. Ini akan membantu mengatasi dan mengendalikan stress.
  • Saat stress, sebaiknya kalian mencoba melakukan hal lain yang sama sekali berbeda dari biasanya. Ini bukan berarti lari dari masalah loh. Namun hanya sebagai sarana untuk melepaskan pikiran dari beban dan masalah yang ada sekaligus menjernihkan pikiran kembali.
  • Lakukan olahraga yang cukup.
  • Mintalah bimbingan dan nasehat kepada orang yang lebih tua yang kalian anggap bisa membantu atau paling tidak memberikan saran atau ide kepada diri kalian. Seperti guru spiritual dsb.
  • Banyak berdo’a dan dekatkan diri kalian kepada Tuhan YME dan rajinlah beribadah.
Nah, itulah beberapa tips dan cara menghadapi stress yang bisa sobat jadikan sebagai referensi atau solusi meringankan beban yang ada. Semoga tips ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa kasih LIKE yah!
TIPS CARA MENGHADAPI PIKIRAN STRESS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif