Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran kreatif, cara belajar cepat, motivasi sukses, peluang usaha, tips bisnis, tips investasi, insurance, travelling, tutorial blogger, trik seo, teknik fotografi, Aneka seni kerajinan tangan, origami, resep masakan khas, tips kesehatan, obat alami, cara cantik alami.

Fakta Lain Tentang Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Fakta lain tentang manfaat minum kopi bagi kesehatan
Fakta lain tentang manfaat kopi bagi kesehatan - Minuman kopi yang terbuat dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi merupakan jenis minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Selain sebagai penghangat badan kopi juga memberikan aroma dan kenikmatan yang khas jika diminum. Namun, banyak yang mengatakan bahwa minum kopi dapatmemberikan efek tidak baik bagi tubuh. Misalnya meningkatnya risiko terkena kanker, diabetes melitus tipe 2, insomnia, penyakit jantung, dan kehilangan konsentrasi. Apa benar seperti itu?, silahkan lanjutkan membaca untuk menemukan jawabanya.

Isu-isu yang berkembang tentang efek buruk minum kopi ternyata tidak memiliki bukti yang kuat . justru menurut beberapa pakar peneliti yang melakukan riset tentang kopi mengemukanan sebaliknya. Ternyata kopi dapat mencegah dan mengobati penyakit pada manusia jika diminum secara teratur dan tidak berlebihan.

Ada banyak sekali manfaat minum kopi yang selama ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Kandungan utama dalam kopi yaitu kafein. Kopi terkenal memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein yaitu merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Berbagai efek kesehatan dari kopi pada umumnya terkait dengan aktivitas kafein di dalam tubuh.  Sedangkan peranan utama kafein di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi. Efeknya ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsinya.  Kafein tidak hanya dapat ditemukan pada tanaman kopi, tetapi juga terdapat pada daun teh dan biji cokelat. Nah, untuk lebih jelasnya  silahkan lihat table dibawah ini.

 
SUMBER
KANDUNGAN KAFEIN
Secangkir kopi
85 mg
Secangkir teh
35 mg
Minuman berkarbonasi
35 mg
Minuman berenergi
50 mg


JENIS KOPI
KADAR
Kopi instan
2,8 – 5,0 %
Kopi moka
1,00%
Kopi robusta
1,48%
Kopi arabica
1,10%



 

Dari table diatas menunjukkan bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang paling tinggi dari minuman lainya. Sedangkan batas aman konsumsi kafein yang masuk ke dalam tubuh perharinya adalah 100-150 mg.  Dengan jumlah ini, tubuh sudah mengalami peningkatan aktivitas yang cukup untuk membuatnya tetap terjaga.

Manfaat dan khasiat kopi


Ternyata kopi dapat mencegah serta mengobati berbagai penyakit pada manusia. Ini dibuktikan dari beberapa peneliti yang melakukan penelitian terhadap kopi. Nah, dibawah ini belajar kreatif berikan sedikit uraian tentang khasiat dan fakta lain tentang minum kopi buat sobat kreatif semua.

Fakta Lain Tentang Kopi

Fakta membuktikan bahwa ternyata diketahui minum kopi dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Penyakit apasajakah itu, berikut penjelsanya.
  1. Fakta bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi mampu menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap. \
  2. Kafein mampu menurunkan risiko terkena diabetes melitus tipe 2 dengan cara menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin.
  3. Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu mencegah penyakit serangan jantung.
  4. Pada beberapa kasus, konsumsi kopi juga dapat membuat tubuh tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi walau tidak signifikan.  
  5. Di bidang olahraga, kopi banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding karena senyawa aktif di dalam kopi mampu meningkatkan metabolisme energi, terutama untuk memecahkan glikogen (gula cadangan dalam tubuh).
  6. Selain itu kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi. Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.
  7. Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.
  8. Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun.
Itulah penjelasan tentang fakta lain tentang manfaat minum kopi bagi kesehatan yang selama ini belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di LIKE ya sob!
Fakta Lain Tentang Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Kreatif